Skip to main content

Berkebun dan Bercocok Tanam Padi dalam Pot


Saya ingin bercerita tentang kegiatan di sela-sela waktu senggang Vito, anak saya. Kebetulan kami tinggal di daerah yang tidak jauh dari perbukitan atau area hijau, selain itu rumah kami pun bersebelahan dengan satu sekolah negeri yang memiliki kebun serta taman yang dikelola dengan baik oleh tukang kebunnya.

Saya sering mengajak Vito untuk bersantai dan refreshing di kebun sekolah. Vito memang tidak bersekolah di sana, namun saya adalah salah satu alumninya. Saya pun masih kenal dengan sebagian besar guru, staff, dan para penjaga sekolah, sehingga rasanya sudah tidak asing berada di  lingkungan sekolah ini. Di sana terdapat berbagai macam tumbuhan yang bisa kita panen, hasilnya bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh untuk semua.

Suasana kebun sekolah sangat nyaman, asri, dan segar. Terdapat tanaman hidroponik seperti stroberi dan selada bokor, selain itu ada juga tanaman seperti sawi hijau, bawang, cabe, tomat, seledri, dan berbagai jenis rempah. Kita senang bersantai di saung / gazebo yang letaknya dikelilingi kolam ikan besar untuk ternak lele dan ada juga berbagai ikan air tawar jenis lainnya, selain itu ada juga pot-pot yang berjejer rapi diatas kolam yang mana digunakan sebagai salah satu pengembangan bidang usaha pertanian melalui cocok tanam padi dalam pot yang menggunakan saluran irigasi bersumber air kolam. 



Menanam padi di dalam pot ini sangat menarik dan kita bisa menyaksikan langsung bagaimana prosesnya. Tukang kebun dengan senang hati bercerita dan membagi ilmunya dengan saya dan Vito. Bertani di lahan terbatas juga sangat memungkinkan asalkan tahu caranya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat menanam padi dalam pot, berikut langkah-langkahnya:
  • Benih direndam dan kemudian disemai, tempat persemaian bisa berupa nampan dengan media tanah dan kompos.
  • Media tanam adalah campuran antara tanah 60% dan kompos 40% yang dimasukan ke dalam pot.
  • Tanam benih padi pada usia 5 sampai 7 hari. Tanam dengan cara tarik pangkal benih dan jangan sampai butir padi rusak, dorong pangkal benih secara horizontal di kedalaman 1 cm dan biarkan akar yang terurai di permukaan jangan dibenamkan.
  • Jaga kelembaban tanah, jangan dibiarkan sampai kering. Bisa juga membuat irigasi sederhana untuk pengairan. Setelah berbunga, genangi tanaman padi setinggi 2 cm sampai padi menguning.
Secara berkala saya dan Vito datang ke sana, dan panen pertama dari 10 pot didapati beras sebanyak 1 toples. Vito sangat senang berada di kebun sekolah, dia bisa membantu tukang kebun membersihkan area kebun dan juga ikut serta memanen. Vito dapat 1 pot pohon stroberi dan bunda dapat seikat sawi hijau. Berkebun dan bercocok tanam adalah hal yang sangat menyenangkan.  

Comments

  1. Wah ide keren menanam padi di pot, nyobain ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, keren idenya. Lumayan juga kalo punya area kebun dan pengairan yang bagus bisa dicoba menanam padi di pot atau bisa juga pake polybag, teh.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.