Skip to main content

Peluang Agribisnis di Indonesia dan Budidaya Strawberry di Iklim Tropis

Berkecimpung di dunia agrikultur menjadi tantangan terbesar bagi saya. Agrikultur mencakup pengetahuan tentang berbagai aspek yang terkait dengan produksi tanaman, peternakan, hingga manajemen sumber daya alam dalam konteks pertanian. Di Indonesia saat ini sudah banyak orang membuka peluang bisnis di bidang agrikultur, sekarang dikenal dengan istilah agribisnis. Bahkan petani millennial dan modern sudah bermunculan. Ini menjadi angin segar untuk dunia agrikultur di tanah air.

PELUANG AGRIBISNIS DI INDONESIA

Ada banyak peluang agribisnis di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa lingkup yang sedang saya pelajari dan memiliki kaitan yang sangat erat dalam bisnis agrikultur, diantaranya;

  • Pertanian dan Budidaya Tanaman

Mencakup pemahaman tentang jenis-jenis tanaman, teknik penanaman, perawatan tanaman, pengelolaan lahan, pemilihan varietas yang sesuai, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta teknologi pertanian yang inovatif.

  • Pertanian Organik

Studi tentang pertanian organik yang berfokus pada pertumbuhan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Ini mencakup pemahaman tentang kompos, pupuk organik, manajemen gulma, dan kontrol hama secara alami.

  • Sistem Pangan dan Gizi

Studi tentang rantai pasokan pangan, keamanan pangan, distribusi pangan, ketersediaan nutrisi, dan bagaimana produksi pertanian dapat memengaruhi kesehatan manusia.

  • Manajemen Sumber Daya Alam

Ini mencakup pemahaman tentang manajemen tanah yang berkelanjutan, konservasi air, pengelolaan limbah pertanian, serta praktik-praktik ramah lingkungan yang berhubungan dengan pertanian.

  • Teknologi dan Inovasi dalam Pertanian

Memahami bagaimana teknologi seperti IoT (Internet of Things), kecerdasan buatan, sensor, dan penggunaan data dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pertanian modern.

  • Perubahan Iklim dan Pertanian

Memahami dampak perubahan iklim terhadap pertanian, strategi adaptasi, dan mitigasi untuk mengurangi risiko yang terkait dengan perubahan iklim dalam konteks pertanian.

  • Ekonomi Pertanian

Studi tentang pasar pertanian, manajemen keuangan pertanian, analisis biaya-manfaat, kebijakan pertanian, serta peran ekonomi dalam mengelola usaha pertanian.

  • Pengembangan Pertanian Berkelanjutan

Fokus pada praktik-praktik yang mendukung pertanian yang ramah lingkungan, meningkatkan produktivitas tanpa merusak lingkungan, serta memperhatikan keberlanjutan jangka panjang.


BUDIDAYA STRAWBERRY  DI IKLIM TROPIS

Beberapa tahun terakhir ini saya mencoba mempelajari dan memahami seputar bisnis di bidang agrikultur, khususnya komoditas strawberry. Walaupun strawberry adalah tanaman subtropis, tapi ternyata bisa tumbuh baik di Indonesia yang beriklim tropis. Namun, memang tidak semudah itu, ada banyak yang harus diperhatikan saat kita membudiayakan strawberry di Indonesia. 

Saya belajar budidaya strawberry dari berbagai sumber informasi seperti literatur ilmiah, webinar, dan pastinya praktik langsung di lapangan. Belajar dari para pakar tentunya sangat membantu saya memahami lebih dalam tentang agribisnis strawberry. Di sini saya mendapatkan banyak ilmu; pengetahuan sumber daya alam/ manusia, teknologi, dan manajemen. 

My Berry Farm

Budidaya strawberry di negara tropis memiliki risiko tinggi karena kondisi lingkungan yang berbeda dengan tempat asalnya. Setelah mempelajari dan praktik langsung, berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin dihadapi dalam budidaya strawberry di negara tropis meliputi:
  • Suhu dan Iklim 
Strawberry biasanya tumbuh lebih baik di iklim yang sejuk hingga sedang. Di negara tropis dengan suhu yang lebih tinggi, panas berlebih dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan mengakibatkan stres termal pada tanaman strawberry. Ini bisa menyebabkan pembuahan yang tidak memuaskan atau kualitas buah yang buruk. Curah hujan yang tinggi setiap tahunnya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman strawberry.
  • Kelembaban dan Penyakit

Iklim tropis cenderung memiliki kelembaban yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jamur dan bakteri pada tanaman strawberry, seperti jamur botrytis atau penyakit layu. Tanaman strawberry dapat menjadi lebih rentan terhadap penyakit-penyakit ini dalam kondisi kelembaban yang tinggi.

  • Intensitas Cahaya Matahari

Tanaman strawberry memerlukan cahaya matahari yang cukup, tetapi terlalu banyak sinar matahari yang intens di daerah tropis bisa berdampak negatif jika tidak dikendalikan dengan baik. Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan daun dan buah terbakar.

  • Tanah dan Drainase

Kondisi tanah di daerah tropis juga dapat memengaruhi pertumbuhan strawberry. Tanah yang kurang cocok atau sistem drainase yang buruk dapat menyebabkan masalah perakaran dan kondisi lingkungan yang tidak ideal bagi pertumbuhan tanaman.

  • Air dan Irigasi

Manajemen air yang tepat sangat penting untuk budidaya strawberry. Di negara tropis, musim hujan yang kuat bisa memengaruhi irigasi tanaman, sehingga menyebabkan kelebihan air yang dapat merusak akar dan tanaman secara keseluruhan.

Saya bersama My Berry Farm saat ini bekerja sama dengan petani lokal dalam membudidayakan strawberry. Untuk mengurangi risiko-risiko ini, para petani strawberry harus melakukan berbagai tindakan pencegahan. Ini termasuk pemilihan varietas yang lebih tahan terhadap panas, perawatan, pemberian nutrisi, penggunaan sistem irigasi yang efisien, pemilihan media tanam yang cocok, dan pengawasan terhadap masalah penyakit dengan metode pengendalian yang sesuai. 

Dengan perencanaan yang matang, pemahaman yang baik tentang tantangan lingkungan yang dihadapi, serta penerapan teknik budidaya yang tepat, risiko dalam budidaya strawberry di negara tropis dapat dikurangi sehingga bisa mencapai produksi buah strawberry yang optimal.


Comments

  1. Strawberry sedang buming ya. Di perbatasan Cianjur Bandung tempat saya tinggal itu banyak lahan perkebunan teh disewa jadi lahan tanam strawberry. Sepertinya lumayan bagus tuh hasilnya

    ReplyDelete
  2. Wah..ternyata sedang trend strawberry ya kak. Sampai di kampungku, untuk tanaman2 pendukung lomba keasrian kampung ditanam strawberry yang ukuran buahnya lumayan besar. Aku sendiri sampai kagum, soalnya pernah menanam namun berbuah kecil-kecil dan lumayan asam. Mungkin karena beda varietas ya kak

    ReplyDelete
  3. Strawberry selalu jadi pemikat hati wisatawan. Makin ke sini banyak nih budidaya strawberry. Kalau di daerah saya, strawberry tumbuh di lereng Gunung Slamet yang mana cuaca dingin.

    ReplyDelete
  4. Sebagai penyuka buah Strawberry dengan meilihat gambarnya saja bawaannya mau ikutan metik ke kebun Strawberry segar2 banget lihatnya enak dimata segar juga saat dimakannya

    ReplyDelete
  5. oh gitu, ternyata budidaya strawberry di sini memiliki risiko tinggi. tapi lumayan menjanjikan sepertinya, karena hampir di toko buah selalu ada yang punya stoknya dan pembeli masih mencari buahnya untuk olahan

    ReplyDelete
  6. Kalau melihat tanah kita yang subur ini, peluang agrobisnis memang besar ya kak. Jadi istilahnya mau tanam apa gitu insyaAllah tumbuh subur. Apalagi ini yang ditanam adalah strawberry, wahh bisa panen banyak deh

    ReplyDelete
  7. Wah,. aku tertarik memetik strawberrynya di sana deh. Strawberrynya benar-benar besar yah sepertinya enak2 tu Mbak. Dan aku pernah pergi ke kebun strawberry itu lgs rasanya benar-benar beda jika dibeli di pasaran. Mungkin ada kenikmatan tersendiri jika kta yg petik langsung di sana yah. Dan ini bisa jadi peluang nih apalagi buat mereka yg tinggal di dataran tinggi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.