Skip to main content

Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh Anak


Salah satu cara menjaga kesehatan anak adalah dengan mengajaknya berolahraga. Olah raga apa yang menarik buat anak-anak? Nah, karena anak-anak selalu betah dan tertarik dengan air, berenang bisa jadi alternatif yang paling pas untuk rutinitas olahraga mereka. Anak-anak biasanya jika sedang bermain air pasti bisa berlama-lama, begitu juga dengan Vito anak saya, jangan ditanya deh kalau sudah main yang berhubungan dengan air, mau itu di kolam ikan, main hujan-hujan, sampai main air di genangan saja pasti semangat kalau ngga dilarang.

Saya menjadwalkan Vito untuk berenang satu minggu sekali. Awalnya Vito sangat takut berenang, bahkan selalu panik apabila diminta membasahi kepala dengan menenggelamkannya. Namun, proses pengenalan dasar berenang bertahap, pelatihnya pun dengan sabar mengajarkan secara perlahan tapi pasti, dan sekarang Vito sudah jauh lebih baik dan berani masuk ke kolam besar dengan bantuan pelampung. 

Balik lagi tentang berenang, ternyata berenang ini aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan. Kenapa? Karena dengan berenang seluruh tubuh bergerak dan organ tubuh pun bekerja. 

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh anak, antara lain:
  1. Melatih jantung dan paru-paru
  2. Membangun daya tahan tubuh
  3. Melatih kekuatan otot dan kebugaran kardiovaskular
  4. Mebuat tubuh rileks dengan mengambang di air
  5. Mengurangi stress
  6. Meningkatkan koordinasi, keseimbangan, dan postur tubuh
  7. Meningkatkan fleksibilitas
  8. Bisa dijadikan terapi untuk beberapa cedera dan kondisi
  9. Untuk beberapa kasus anak berkebutuhan khusus, renang bisa menjadi terapi untuk motorik anak
Berenang bisa menjadi salah satu kegiatan untuk menjaga tubuh tetap fit, namun perlu diingat bahwa setelah berenang kita wajib  menjaga kebersihan badan dengan mandi menggunakan sabun dan keramas menggunaan shampo serta dibilas sampai bersih. Ini tidak bisa dianggap sepele, karena kolam renang umum digunakan oleh banyak orang, mengantisipasi ada virus atau kuman yang mengancam, setelah berenang sangat diharuskan mandi dan keramas yang bersih. Tubuh menjadi segar dan badan pun sehat. Yuk, ajak anak-anak berolahraga dengan berenang, pasti menyenangkan.


Comments

  1. Iya anak2 kadang ada yg takut air juga ya. Shampoo-an yg bersih memang harus biar kepala nggak bau air kolam renang, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nita, awalnya Vito takut berenang malah, tapi dengan pembiasaan dan latihan sekarang jadi suka.

      Penting banget shampoan biar terbebas dari kotoran atau kuman yang nempel di rambut. hehehe

      Delete
  2. Sekolah disini wajib bisa berenang Mak. Masuk musim panas olahraganya tuker dari atletik ke renang. Standar sekolah negeri punya kolam renang sendiri. Akhir semester dites ngambang 30menit, persiapan menghadapi tsunami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren banget Teh yah kalo sistem pendidikan di sekolah negeri kita bisa sama. Iya setuju, untuk di negara yang memang rawan bajir atau bahkan tsunami para warganya wajib bisa renang untuk penyelamatan tahap awal. :)

      Delete
  3. saya pun lagi pengin banget belajar berenang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mba Widhie, ga ada kata terlambat buat belajar. Semangattttt... :)

      Delete
  4. Berenang juga bisa ngilangin asma, salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus buat melatih sistem pernapasan dan bisa jadi terapi untuk penderita asma. :)

      Delete
  5. saya di point no. 5 itu, kalau streess renang sama temen2, dan akhirnya udah engga strees lagi

    ReplyDelete
  6. Mulai usia berapa mbak mulai rutin renang?dan berapa lama waktu berenangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vito baru mulai renang pas umur 4 tahun tapi mulai latihan rutin waktu umur 6 tahun pas kelas 1 SD.

      Waktu berenangnya seminggu sekali, per pertemuan sekitar 1-2jam. :)

      Delete
  7. Ayoo kaka Vito berenang bareng yuk bareng io
    Elvio juga seneng berenang teeh Zia, yuk janjian bareng.
    Paling kerasa mah setelah berenang io tidurnya makin nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk, mamiIo, Vito renangnya seminggu sekali setiap Sabtu. Kita janjian di tempat Vito biasa renang, deket kok tempatnya dari rumah Ioooo.... :*

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.