Skip to main content

Susu UHT 1L Tanpa Tambahan Garam

Baru-baru ini saya melihat sebuah video social experiment tentang isu mengenai tambahan garam pada susu UHT. Ini jelas jadi perhatian yang menarik bagi saya. Isu ini membuat saya jadi penasaran. Mengingat keluarga saya termasuk peminum susu terutama anak saya, tentunya saya harus lebih lebih cermat lagi dalam memilih susu UHT 1L. Saya baru sadar ternyata susu UHT  1L yang sebelumnya biasa saya dan keluarga itu minum mengandung garam. Ternyata menurut kabar berita, memang beberapa produsen merk susu UHT sengaja menambahkan garam agar gurih susunya lebih terasa.


Bicara tentang merk susu UHT 1L, saat ini saya mulai concern dengan pemilihan susu UHT 1L untuk keluarga. Jadi, kebetulan pada 31 Maret 2016, saya menjadi salah satu tamu undangan di acara sosialisasi peluncuran papan permainan "Indomilk Jagoan BoBoiBoy” yang diselenggarakan oleh PT Indolakto.

Pada saat itu saya diberikan beberapa sample susu UHT 1L plain, tapi saya tidak diberi tahu merk-nya. Kemudian setelah saya coba, saya ditanya perihal rasa susu yang saya minum. Jujur ya, saya langsung bilang bahwa rasanya lebih ringan, segar, dan gurihnya pas. Malahan saya lebih suka, jadi tidak membuat eneg. Oh, ternyata susu yang saya minum itu susu UHT Indomilk Full Cream plain kemasan 1 liter, yang jelas info yang saya dapat bahwa susu ini memiliki kandungan susu segar lebih dari 99%. Mengapa tidak terlalu gurih? Ya, karena Indomilk adalah susu UHT tanpa tambahan garam pada susunya.

 Pada saat demo memasak,
susu UHT Indomilk Full Cream plain
menjadi salah satu bahan pilihan
untuk membuat white sauce
dan strawberry smoothies
Saat itu saya dikenalkan dengan susu Indomilk UHT 1L Full Cream kemasan terbaru. Tampilannya berbeda dari yang sebelumnya; kemasan ramping mudah disimpan, lebih mudah dan nyaman dipegang, teknologi Nutri Keep yang membuat semua kebaikan susu di dalam packaging tetap terjaga, kemasan yang ramah anak-anak, tidak mudah tumpah saat menuang dan lebih mudah dituang sampai tetes terakhir, yang lebih penting tidak ada tambahan garam karena sebetulnya garam mengurangi rasa alami susu.

Saya pun jadi cek dan ricek lagi perihal kandungan susu UHT  yang saya dan keluarga biasa minum.  Semuanya saya periksa satu per satu nutrition facts yang ada di setiap merk susu. Kalau boleh jujur, dulu itu saya selalu tergoda untuk membeli susu UHT kemasan satu liter khususnya jika ada diskon, tidak terlalu mementingkan merk susu apa yang saya beli, selama itu rasanya plain dan lebih murah saya pasti langsung borong. Saya selalu sedia susu UHT plain, karena susu ini terbilang serba guna, bisa untuk sarapan dengan sereal, membuat pancake, pudding, atau bahkan omelette.

Balik lagi ke masalah isu kandungan garam pada susu yang saya bahas di awal tadi. Membuat saya harus lebih teliti lagi memilih susu untuk konsumsi keluarga.  Saya pastinya lebih memilih susu tanpa garam. Setelah bereksperimen dengan semua merk susu UHT, saya pilih Indomilk deh. Gurihnya Indomilk itu beda, gurihnya susu murni alami tanpa tambahan garam.

Saya selalu siap sedia susu UHT Indomilk 1L plain di kulkas. Biasanya diburu saat sarapan. Buka kebaikan pagi dengan menyediakan pilihan sarapan yang keluarga saya suka itu seperti susu dan buah / susu dan sereal / susu dan roti. Variasi menu tersebut wajib ada di pagi hari. Suami dan anak saya bebas memilih sarapan apa yang diinginkan setiap pagi. Segelas susu di pagi hari itu memang membuat segar badan. Katanya minum susu suka bikin haus? Hmmm... Ya itu tadi karena beberapa merk susu ada yang menambahkan kandungan garam untuk mendapatkan gurihnya susu, itu yang bikin ada rasa haus. Tapi, susu yang saya pilih itu Indomilk 1L Full Cream plain dengan rasa gurih susu asli yang sudah jadi favorit keluarga saya sejak setahun terakhir ini.




Comments

  1. Kalau dikonsumsi anak-anak apakah aman ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, susu UHT tidak dianjurkan kepada anak dibawah 1 tahun, jadi untuk anak-anak pastinya aman. :)

      Delete
  2. wah kalau sudah tau gini jadi musti pilih pilih juga waktu beli UHT. Thank you infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, saya juga jadi lebih cermat lagi pilih susu UHT untuk keluarga. :)

      Delete
  3. Baru tahu ada susu dikasih garam. Di keluargaku juga penggemar susu. Indomilk gurihnya pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, aku juga belum lama ini baru tahunya. Yup, gurihnya Indomilk alami. Hehe

      Delete
  4. Dulu, aku sering kehausan kalo abis minum susu. Aku kira emang biasa dan bawaannya kayak gitu. Baru sekarang aku tahu kalo sebenernya susu asli gak begitu. Tapi karena ditambah garam. Heran, kenapa ya harus ditambah garam segala. Susu asli kan udah gurih. Tapi untungnya, ada pilihan susu yang ternyata gak ditambah garam. Segar, dengan rasa gurih asli susu sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener deh, aku pun kayak ada rasa haus abis minum susu. eh ternyata susu yang diminum ada tambahan garamnya. Syukurlah sekarang kita ketemu susu tanpa tambahan garam ya. :)

      Delete
  5. Anak-anak juga minum susu ini Teh. Tidak tiap hari sih. Tapi kalau lagi ada rezeki, ya beli susu. Seringnya beli yang UHT karena lebih praktis dan tinggal cur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling praktis memang susu UHT ya, Teh Mita.:)

      Delete
  6. wuihh enak nih susunya. Lowfat ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu UHT biasa. Kalau yang low fat ada kemasan yang kecilnya. Seger jugaaa.

      Delete
  7. Marwah suka banget sama susu ini, enak katanya

    ReplyDelete
  8. loh kok susu pake garam ya, makin aneh2 aja skg hehe
    setuju Teh mening minum susu yang udah jelas kandunagnnya kaya susu UHT Indomilk ini hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mending milih yang alami aja ya mba Firda. Hehe

      Delete
  9. aku jadi kepengen beli UHT rasa full cream lagi selama ini klo beli UHT indomilk coklat sih teh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang coklat juga enak, iya tapi kebetulan di rumah langganan minum susu yang plain. Boronggg teh Herva. :*

      Delete
  10. Oh pantasan susu indolmik itu easanya macam susu karena emang gak ada tambahan garam..
    Hem meati hati2 juga yah pilih susu

    ReplyDelete
  11. Bener, garam memperberat kerja ginjal soalnya ;)

    ReplyDelete
  12. Halah meuni lieur persusuan ini. Yg itu mengandung gula, yg di sana mengandung garam heuheuheu. Nabil ga konsumsi susu tiap hari, Zi. Sesekali aja sbg minuman rekreasi. Biasanya emang susu UHT.

    ReplyDelete
  13. Kalo abis minum uht nggak lama sakit perut gitu pake garam ga ya Teh? Aku sering gitu dong 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, coba dulu yang tanpa tambahan garam, ngaruh ngga Nes. Moca cocok dan ga sakit perut lagi yaa. xixixi

      Delete
  14. Fathan suka banget tuh Indomilk UHT 1L karena raanya gurih, kalau ke minimarket pasti pengen beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sama banget sama abang Vito, begitu juga kalo ke minimarket pasti ingetnya susu. :)

      Delete
  15. Berhubung saya suka malas bepergian bekal susu formula, jadinya suka bekel Indomilk UHT, anak-anak suka

    ReplyDelete
  16. Sejak jav 1 thn dan minum uht, saya jd merhatiin komposisi mcm2 merk... Betul loh, ada yg pakai tambahan garam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget, dulu aku pun ngga tau. Eh pas acara launching papan permainan Indomilk ada susu UHT 1 L yang aku coba dan ternyata lebih seger karna ga pake tambahan garam.

      Delete
  17. uhhh aku lagi ga boleh minum susu karena lagi diet.. trs jadi kabita.. pasti seger..

    ReplyDelete
  18. aku baru ngeh soal garam menggaram ini...dan anak-anak memang suka banget susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun sama baru paham belum lama ini. hehe. Sama mbaaa peminum susu nih keluarga di rumah juga.:)

      Delete
  19. Baru tahu loh kalau susu suka dicampur garam 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga baru tahu setelah liat video social experiment ini.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.