Skip to main content

Pengalaman Kehamilan Trimester Pertama


Pada saat mengetahui bahwa saya hamil, saya langsung menjaga kondisi dan pola makan sebaik mungkin. Pada trimester awal kehamilan perjuangannya terbilang lumayan menguras tenaga dan keringat. Pada masa itu saya sempat dilanda mual-mual dan sensitif dengan bebauan terutama bau parfum suami, hihihi kadang mikir kok bisa gitu, ya? Ini terjadi selama 3 bulan pertama kehamilan.

Pada dasarnya semua tahap perkembangan janin adalah masa yang penting, namun pada trimester awal ini memang harus kita jaga semaksimal mungkin karena tahap ini adalah proses awal mula terbentuknya embrio dan pembentukan awal dari mulai sel-sel organ, syaraf, dan tulang punggung pada lapisan atas.

Kondisi saya pada saat trimester awal ini memang tidak terlalu merepotkan juga sebenarnya, mual hanya terjadi pada waktu tertentu, morning sickness, dan ketika membaui sesuatu yang menyengat maka entah kenapa asam lambung saya naik langsung merasa mual dan ingin muntah. Alhamdulillah, untuk perihal makanan saya tidak terlalu pilih-pilih dan berbagai asupan makanan bisa saya konsumsi, tapi tentu tidak lantas saya bisa makan semua jenis makanan seenaknya.

Pada masa kehamilan saya banyak mengkonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan waktu itu saya lengkapi dengan minum susu hamil lactamil atau terkadang minum susu UHT. Setiap pagi untuk mengurangi morning sickness saya memilih mengkonsumsi smoothie atau sarapan buah potong, ini cukup menyegarkan tubuh dan mengurangi rasa mual. Camilan favotit saya itu kacang-kacangan, ini memiliki nilai gizi yang baik. Untuk asupan nasi saya lebih memilih dikombinasikan dengan protein nabati dan sayur mayur. Selama hamil trimester pertama saya lebih memang lebih senang mengkonsumsi buah, sayur, dan susu. Untuk ikan dan daging juga tetap saya konsumsi namun tidak terlalu sering.

Nutrisi penting untuk ibu hamil
Makanan yang saya hindari selama kehamilan adalah sejenis makanan mentah. Saya pecinta sushi namun saat hamil saya sama sekali tidak pernah mengkonsumsi sashimi, selain itu apabila ingin makan steak harus dimasak well-done. Sayuran mentah pun harus benar-benar dicuci sampai bersih jangan sampai ada pestisida yang tertinggal karena bisa sangat beresiko terhadap janin.

Saya nikmati kehamilan di trimester pertama ini dengan rasa syukur, janin tumbuh sehat, dan saya masih bisa beraktivitas seperti biasa karena mual-mual hanya datang sesekali saja, selain itu saya bersyukur tidak mengalami ngidam yang aneh-aneh. Hehe. Selama trimester awal ini semua berjalan baik. Alhamdulillah.

Comments

  1. Semoga diriku segera merasakan pengalamanmu ya dear..
    Masalah bau bauan..gimana lagi aku ya...nggak hamil aja aku sensi banget hidungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana Tuhan itu terbaik kaka sayang. Pasti aku doakan. Nah, yang hamil itu beda-beda kak adatnya. Ada yang sebaliknya. Hehehe Punya cerita unik masing-masing.

      Semangat selalu, kak Dewi. :*

      Delete
  2. Hamil memang selalu sarat dengan pengalaman aneka rupa ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Indah, setiap bumil pasti punya cerita unik dan berbeda. hehehe :*

      Delete
  3. wah selamat ya mba zia hamil..semoga sehat terus ya...moga makin membawa rezeki si jabang bayinya..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pengalaman hamil yang pertama mba. hehehehe. Anaknya udah 7 tahun :*

      Delete
  4. Pengalaman kehamilan yang luar biasa dan layak di praktekkan bagi ibu-ibu yang sedang hamil.
    Memang trimester pertama kehamilan adalah masa-masa yang paling rentan bagi ibu hamil muda. Sebaiknya bunda rajin-rajin mempraktekan pola hidup sehat diantaranya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda supaya bunda mudah menjalani masa kehamilannya dan tentunya anak dapat lahir dengan sehat dan cerdas.
    terimakasih informasinya bund. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk informasi tambahannya, ya. Salam kenal juga. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.