Skip to main content

TUBERKULOSIS TENTU DAPAT DISEMBUHKAN

Pada tahun 1993 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan TB masuk dalam kedaan darurat global. TB dapat menjangkit satu orang setiap detiknya, bahkan setiap tahun lebih dari 8 juta orang tertular penyakit ini. Tuberkulosis menyebabkan 2 juta kematian per tahun. WHO memprediksi bahwa apabila hal ini dibiarkan, TB akan dapat membunuh 35 juta orang di dunia selama 20 tahun ke depan. Mengerikan bukan? Ini yang menjadi dasar pemerintah Indonesia menyediakan Obat TB Gratis (seperti yang pernah saya ulas sebelumnya) yang juga merupakan salah satu upaya untuk mempersempit penyebaran TB serta untuk pengobatan total pasien yang telah terjangkit.

Benarkah TB dapat disembuhkan?

YA! Tentu penyakit ini dapat disembuhkan. Jangan khawatir, pengobatan secara teratur selama enam bulan adalah kunci keberhasilan penyembuhan pasien TB. Pasien suspek TB harus betul-betul menjalani rangkaian pengobatan dengan kedisiplinan dan keseriusan apabila ingin sembuh total. TB adalah masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. INGAT! Pasien TB bisa menjadi sumber penularan kepada orang lain disekelilingnya yang mana dapat menimbulkan kematian. Pasien TB aktif harus melakukan pengobatan. Setelah enam bulan tuntas berobat, pasien diharapkan memeriksakan kembali kesehatannya.
gambar 1.a

Mengapa penyakit TB harus disembuhkan?
Tujuan dari pengobatan adalah, sebagai berikut;
1.Menyembuhkan penderita suspek Tuberkulosis
2.Mencegah penyakit mematikan yang dalam jangka waktu tertentu tanpa adanya pengobatan akan menimbulkan kematian
3.Mencegah pasien yang sudah dinyatakan sembuh terjangkit / kambuh kembali
4.Menurunkan angka penderita dan risiko penularan penyakit
5.Mencegah kebal obat yang mana level penyakit akan semakin meningkat dan sulit untuk disembuhkan
gambar 1.b

TB dapat disembuhkan, jangan lupa mengontrol! 
Berobatlah secara teratur dan jangan lupa untuk mengambil obat pada tanggal yang ditentukan dan lakukanlah pemeriksaan dahak ulang sangat diperlukan yaitu, pada: Akhir bulan ke‐2, ke-5, dan ke-6 pengobatan. Ketika semua rangkaian dan pemeriksaan lab selesai dan dinyatakan sudah tidak ada bakteri tuberkulosis, maka Anda dinyatakan sembuh dari penyakit TB. Dalam proses penyembuhan TB, bantuan PMO sangat disarankan agar kesehatan dapat dirasakan secara maksimal dengan pengobatan yang tuntas.
gambar 1.c

 "Kesehatan merupakan aset yang tidak ternilai harganya. Maka ketika sehat, jagalah sebaik-baiknya. Apabila sakit, obatilah secara tuntas."
Sumber gambar:
(gambar 1.a / 1.b /1.c) http://www.allbookez.com/pdf/j7g49f/
(gambar 2) http://www.allbookez.com/pdf/63ixxd/

Sumber referensi:
Buku Saku Kader Program Penanggulangan TB. 2009. Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Burhan, Erlina dr. 2010. Seminar TB Day: Tuberkulosis Dapat Disembuhkan. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.
Padilla, Maria Luisa. 2006. "Tuberculosis." Microsoft® Student 2007 [DVD]. Redmond, WA: Microsoft Corporation.

Comments

  1. masih semangat ikutan lomba nih mak? hehe.. sampai periode 8 yuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dong, mak. hehehe Semangat sampe periode 8. Ini juga sekalian nambah ilmu tentang TB, dulu cuma tau gejalanya sama tindakan preventif. Besryukur gegara lomba ini saya jadi tau lebih banyak :)

      Delete
  2. Hasil detik-detik DL....berngos-ngos ria ya mak....semoga dengan sosialisasi ke masyarakat luas ttg Tb ini....Indonesia bisa terbebas dari Tb ya Mak....salam hangat dari Sidoarjo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hihihi... tapi alhamdulillah keburu ya, mak. Aamiin semoga masyarakat luas lebih paham mengenai TB ini.

      salam hangat selalu :)

      Delete
  3. Salam silaturahim, mak ...
    Betul dengan pengobatan rutin dan disiplin disertai pola hidup sehat, TB pasti sembuh.
    Sukses ya, mak, trims lho sudah berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Sambil menyelam minum air" Sambil ikut lomba kita bisa bersosialisasi. Semoga pasien TB semangat untuk sembuh total.

      Sukses ya, mak. Makasih juga sudah berkunjung kemari. :)

      Delete
  4. Ya mak..masih ada sebagian orang yang mgkn gak tau kalo TB bisa disembuhkan..butuh kemauan dan pengobatan yg rutin serta pola hidup sehat.. Apalagi sekarang obatnya bisa didapat jg di puskesmas terdekat ya..
    suksess mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak. malah sebagian tetangga saya bilangnya klo TB itu sakit keturunan. Alhamdulillah karna ikut lomba ini sedikitnya saya bisa jelasin apa itu TB :)

      Makasih ya mak. Sukses juga :*

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.