Skip to main content

Pemanasan Global Ancaman di Masa yang Akan Datang

Apakah bumi itu? 
Bumi adalah satu-satunya planet yang dikenal sebagai pelabuhan hidup, dan "rumah" manusia. Bumi adalah tempat tinggal kita. Apakah kita harus selalu bereksperimen dengan planet bumi? Isu pemanasan global sedang hangat diperbincangkan di seluruh belahan dunia. Sekarang, planet Bumi kita berada dalam bahaya.

Ancaman Pemanasan Global
 
Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Ini adalah sebuah krisis. Masalahnya adalah - bahwa planet bumi memiliki track record yang sangat buruk untuk saat ini  dan akan lebih buruk lagi untuk generasi kita yang belum lahir. Kita harus melakukan sesuatu sebelum semuanya semakin buruk. Pemanasan global merupakan ancaman serius.




Tanda-tanda pemanasan global telah terjadi dan terlihat di beberapa wilayah. Ditandai oleh iklim yang tak terduga, seperti periode musim kemarau atau musim hujan yang tidak dapat diprediksi. Kemudian, suhu panas yang ekstrim. Selain itu, yang terburuk adalah hujan es deras yang telah pernah terjadi di beberapa daerah beriklim tropis. Ini akan menjadi indikator yang cukup baik dari pemanasan global.

Peranan Manusia
Apa penyebab dari tanda-tanda pemanasan global? Salah satu jawabannya adalah "manusia" itu sendiri karena orang-orang yang telah member pengaruh terhadap atmosfer. Ada beberapa masalah yang dapat membuat pemanasan global semakin dekat. Perubahan itu dimulai ketika orang mulai menebang pohon dan membakar kayu, dan juga gas buang dari mobil dan mesin lainnya yang tentu akan meningkatkan efek gas rumah kaca ke atmosfer (polusi udara). Karbon dioksida dan metana dapat membuat bumi tumbuh lebih hangat dan bahkan memanas.

Kita harus mengambil langkah untuk mengendalikan ancaman pemanasan global. Hentikan menebang pohon-pohon secara liar, jelas bahwa semua tanaman yang tumbuh mengambil karbon dioksida dari udara dan mengubah bagian karbon menjadi oksigen. Pohon dapat membuat keseimbangan suhu. Cobalah untuk tidak menggunakan kendaraan privasi dalam rangka untuk mengurangi emisi gas, mungkin kita bisa menggunakan sepeda. Mengurangi pembakaran kayu dan batubara dapat meningkatkan efek rumah kaca yang membuat suhu kota menjadi panas. Dalam hal ini, pemanasan global adalah tergantung pada kegiatan manusia.

Pada saat ini tidak seburuk yang digambarkan kemudian, tapi tentu saja hal ini belum berakhir, orang menyadarinya tetapi mereka tidak melakukan apa-apa. Contoh sederhana, orang-orang sudah mendengar ini sepanjang waktu. Lihatlah perokok! Bahkan jika mereka membaca sepanjang waktu bahwa "merokok dapat membunuh Anda" mereka tidak berhenti untuk merokok! Apakah kamu percaya mereka akan peduli tentang kesehatan bumi jika mereka tidak peduli tentang kesehatan mereka? Sayangnya orang tidak mau berpikir logis saat sesuatu yang tidak logis mereka kemukaan benar. Mereka berpikir emosional. Jika mereka tidak memenangkan sesuatu sangat penting baginya maka ia bahkan tidak akan perduli dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga kita membuat kampanye hanya untuk omong kosong! Mereka menutup mata, tekinga, bahkan hati tentang masalah ini. Jadi, apakah kita ingin menjadi seperti itu?

Kembali lagi kepada permasalahan pemanasan global yang akan berakibat serius yang mana akan memengaruhi cuaca dan juga kesehatan manusia pada masa mendatang. Kita harus menyadari masa depan itu terbentuk dari sekarang, apa yang kita lakukan sekarang secara otomatis memengaruhi bagaimana masa depan yang akan terjadi kemudian. Tentu kita ingin melihat anak-anak kita tumbuh dan tersenyum tanpa ada ancaman yang mengancam mereka suatu hari nanti.

***


Comments

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.