Skip to main content

Bagi Pemilik Kucing, Pahami Tanda-tanda Ketika Kucing Peliharaan Hamil

Kali ini saya mau bahas sedikit informasi seputar kucing. Dulu saya sempat beberapa kali memelihara kucing. Awal punya kucing ras Anggora, namanya Buci, si kucing berbulu putih abu yang menggemskan. Setelah anak saya sudah agak besar sempat pelihara kucing blasteran, kucing ini datang dalam keadaan sakit dan kita merawatnya sampai sehat dan cantik kembali (cerita tentang Jacky). Satu lagi ada Goldie, kucing yang punya bulu keemasan. Sekarang semuanya udah ngga ada, tapi kita masih punya peliharaan stray cats yang bebas berkeliaran di luar hanya pulang saat makan dan main aja.

Nah, di kesempatan ini saya mau sharing tentang tanda-tanda kucing hamil, sebagian dari kita mungkin tidak mengetahuinnya. Kebanyakan tau-tau kucing melahirkan begitu saja. Hal ini kadang tidak disadari pemilik hewan peliharaan sehingga tidak bisa siapkan kelahiran kucing.

Jacko

Kucing ketika hamil memiliki tanda-tanda yang sebenarnya bisa diketahui. Dengan mengetahui tanda-tanda ini pemilik bisa tahu bagaimana kucing berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan saat hamil. 

Selain itu, kalian dapat mempersiapkan perawatan anak kucing secara tepat dan benar.

Melalui artikel kali ini mari kita bahas dengan lengkap untuk menambah pengetahuan seputar kucing.

Apa Saja Tanda–Tanda Kehamilan Pada Kucing?

Sebagai pemilik hewan harus pandai memahami tanda apa saja yang bisa dilihat saat kucing hamil. Ada beberapa tanda yang bisa dipahami dan tindakan apa yang harus dilakukan berikut ini. 

Goldie

  1. Kucing betina memiliki masa birahi sejak usia 6 bulan secara umum. Di usia ini gejala birahi sudah nampak dan bisa mengalami kawin. Namun disarankan untuk mengawinkan kucing pada usia 1 tahun.

  2. Kucing secara umum hamil  selama 58 s/d 63 hari atau 9 minggu. Jadi di periode ini ada beberapa tanda berbeda - beda

  3. Tanda awal ialah puting kucing yang semakin merah dan besar. Tanda ini menandakan usia kehamilan masuk hari ke 15 sampai 18. Meski begitu tidak semua puting merah dan besar adalah tanda kehamilan namun bisa saja tanda terkena penyakit tertentu.

  4. Tanda umum adalah perut yang membesar dan lebih tegang. Besar kecilnya perut ini tergantung jumlah anak yang ada di dalam kandungan.

  5. Kucing akan mengalami tanda morning sickness alias mual muntah pada saat kehamilan. Hampir mirip dengan manusia, kucing juga bisa mengalami hal ini.

  6. Kehamilan kucing juga ditandai dengan kebiasaannya banyak makan dan tidur

  7. Ketika kehamilan sudah mendekati persalinan biasanya kucing akan mencari tempat melahirkan sendiri. 

Tanda–tanda diatas merupakan yang umum terjadi dan bisa saja salah karena beberapa faktor. Untuk memastikannya anda bisa kunjungi dokter hewan dan melakukan USG pada kucing. 

Pemeriksaan ke dokter hewan juga memungkinkan pemilik mengetahui denyut jantung janin kucing setelah 20 hari kehamilannya. Selain itu bisa juga menggunakan X-ray agar tahu berapa jumlah anak kucing namun harus menunggu hingga 45 hari.

Snowy the stray cat

Selain Tanda, Pahami Juga Periode Kehamilan Kucing

Pemilik hewan juga harus memahami periode hari kehamilan pada kucing. Karena tanda – tanda saja kadang belum bisa memastikannya. Selama 9 minggu ada beberapa periode yang bisa dipahami antara lain :

  1. Minggu ke satu dan kedua, tanda – tanda belum belum nampak

  2. Puting kucing baru memerah dan jelas dilihat ketika minggu ketiga

  3. Periode minggu keempat mulai terlihat puting dan perut membesar dan kebiasaan makan tidur kucing meningkat

  4. Periode minggu kelima dan keenam terlihat kucing lebih manja dan malas untuk bergerak. Janin dapat diraba di periode ini

  5. Pada periode minggu ketujuh kucing akan mudah kencing karena janin kucing yang memberi tekanan pada kandung kemih, mirip dengan manusia

  6. Pada periode minggu kedelapan kucing mulai mencari tempat persalinan sendiri. Pemilik bisa membantunya mencarikan tempat terbaik dan nyaman

  7. Pada periode terakhir atau minggu kesembilan: tanda persalinan nampak dan kucing biasanya akan melahirkan. Pemilik harus memahami tanda kelahiran bila diperlukan atau langsung pergi ke dokter hewan

Sebagai pemilik perlu mengerti apa saja tanda kucing hamil dan periodenya, sehingga menjadi pemilik yang cerdas dan tidak khawatir terhadap kondisi kucingnya. 

Siapkan makanan kucing khusus untuk induk kucing, sehingga induk kucing terus mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu kita perlu ke dokter hewan apabila kondisi kucing tidak baik selama periode kehamilan apalagi saat akan melahirkan muncul gejala yang tidak baik. Semoga bermanfaat, ya.





Comments

  1. Mba, ini ilmu baru bagiku. Walaupun tak punya peliharaan kucing. Tapi kita juga harus cermat ama kondisi kucing sekitar yang lagi hamil

    ReplyDelete
  2. Wah, informasi yang detail terlebih mengenai periode kehamilan yg ternyata butuh waktu 9 Minggu
    Aku ga punya peliharaan kucing, tapi ada kucing yg suka berkeliaran sekitar rumah dan belum lama lahiran dah hamil ga lama kemudian. Sampe heran dibuatnya

    ReplyDelete
  3. aku juga suka perhatikan nih Zia.. tanda - tanda kucing kesayangan sedang hamil. Tapi sepertinya setelah ini akann kita sterilkan aja. Anak kucing banyak ngga ada yang urus yaaa

    ReplyDelete
  4. sama halnya dengan manusia, soal kehamilan kucing ini ternyata juga complicated ya. Kukira tuh ya udah hamil-hamil aja. Soale kulihat kadang kucing ya anaknya masih kecil2 dah hamil lagi aja, hahaha.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau kucing hamil juga bisa mual dan muntah, seperti manusia saja ya.

    Cukup cepat juga ya masa kehamilan kucing, cuma 9 Minggu saja, tahu-tahu anaknya nongol ada empat atau lima.😅

    ReplyDelete
  6. 9 Minggu kayaknya cepet banget ya keingat manusia soalnya sampai 9 bulan hihi

    ReplyDelete
  7. kucing ternyata bisa kena morning sickness juga yaa. jadi ingat beberapa waktu yang lalu ada kucing yang melahirkan di lemari pakaianku. karena memang bukan kucing piaraan jadi nggak ngeh kalau kucingnya hamil. sayangnya anaknya umurnya cuma 1 hari karena tiba-tiba meninggal. huhu

    ReplyDelete
  8. Wah aku baru tahu ternyata kucing hamil mengalami morning sickness jg. Dari sekian tanda2 itu, aku cuma tahunya perutnya membesar..hehe.. Terima kasih sharing infonya ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.