Skip to main content

Mengenal Hukum Adat dan Keberagaman Budaya Indonesia Lebih Dekat

Adat dan Keberagaman Budaya Indonesia - Berbicara tentang adat dan budaya tentu tidak akan lepas dari masyarakat, karena adat dan budaya berhubungan dengan perlakuan & pergaulan hidup dan bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Pertunjukan Drama Cerita Rakyat
Menunjukkan Hukum Adat dan Ragam Budaya Indonesia
(Anniversary celebration, Bandung Independent School)

Adat biasanya berkaitan juga dengan hukum. Maka dari itu hukum adat berlaku di masyarakat khususnya Indonesia. Coba kita telaah apa pengertian hukum adat? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Masih dari KBBI pengertian lainnya, hukum adalah undang-undang, peraturan, dan sebagainya untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat. 

Di Indonesia hukum yang berkaitan dengan adat istiadat dan budaya masih sangat kentara, ini adalah aturan turun-temurun dari nenek moyang Indonesia sehingga terciptalah hukum adat. Hukum adat ini adalah hukum yang mengatur tingkah laku manusia dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hukum adat lahir dan berkembang di masyarakat yang memiliki karakteristik khas yang diciptakan oleh masyarakat yang memiliki pengaruh. Hukum adat berbeda dengan hukum perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, karena tidak tertulis, tidak terkodifikasi, dan setiap hukum adat pasti berbeda dari satu kelompok atau komunitas dan yang lainnya.

Indonsia kaya akan adat dan budaya. Selain tentang hukum adat, mari kita mengenal keberagaman budaya di Indoneisa lebih dekat. Istilah budaya juga sangat melekat di kehidupan masyarakat sehari-hari. Kita pasti mengenal budaya khususnya keberagaman budaya yang ada di Indonesia, tapi apakah kita benar-benar mengetahuinya?

Jika kita analisis dari kata budaya itu sendiri, budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu ‘budhayah’ (merupakan sebuah bentuk jamak dari buddhi) yang miliki arti budi/ akal. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata culture, berasal dari bahasa Latin "colore" yang miliki arti mengolah/ mengerjakan. Istilah culture juga digunakan dalam bahasa Indonesia, dengan kata serapan "kultur". Maka dari itu budaya dikaitkan dengan budi dan akal manusia, yang merupakan pola atau cara hidup yang terus berkembang oleh komunitas tertentu atau sekelompok orang dan kemudian turun-menurun ke generasi berikutnya.

Hukum adat dan budaya ini jadi hal yang sangat menarik untuk dibahas. Berikut ini saya coba ulas tiga keberagaman adat dan budaya di Indonesia.


1.  Adat Istiadat

Upacara Adat Bali 
https://www.instagram.com/p/0edPzxKePO/
Adat istiadat merupakan tata kelakuan yang kekal dan diwariskan secara turun-menurun dari generasi ke generasi. Adat istiadat ini melekat kuat dan menyatu dengan pola perilaku masyarakat. Di beberapa wilayah Indonesia yang masih menjunjung nilai adat, masyarakatnya sangat kuat memegang aturan hukum adat dan budaya yang berlaku. Salah satunya adalah adat Istiadat di Bali yang terasa sangat kentara serta terlihat di kehidupan sehari-hari. 

2. Tarian Daerah

Tarian daerah Indonesia sungguh beragam. setiap daerah mempunyai macam-macam tarian tradisional adat masing-masing, contohnya tarian selamat datang untuk menyambut tamu agung, tarian menyambut panen, tarian upacara kematian, dan tari untuk upacara keagamaan, dan lain sebagainya.

4. Alat Musik Daerah

Alat musik di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas khusus dan berbeda satu sama lain. Contohnya kecapi atau angklung dari Jawa Barat, Gerdek dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan daerah lainnya.

Keragaman budaya Indonesia ini adalah potensi untuk pengembangan budaya nasional yang memiliki ciri dan keunikannya, serta menyiratkan kekhasan budaya di setiap daerah.

Masih ada ragam budaya di Indonesia seperti; pakaian adat, makanan tradisional Indonesia, dan masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan adat dan budaya Indonesia. 


 #IndonesiaBikinBangga #UntukmuBumiku

***

Gambar: Dokumentasi pribadi 

Comments

  1. Indonesia memang beragam isinya, ya. Menarik sekali mengamati eksistensi hukum adat di tengah masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Di Bali yang notabene pulau pariwisata dan didatangi banyak orang asing sampai skrg masih mempertahankan adat dan istiadat ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya, pdahal kalau bisa di bilang Bali itu udah banyak banget budaya asing yang masuk tapi nggak kepengaruh sama sekali :)

      Delete
  3. Aku paling suka banget sama budaya Bali. Karena walaupun banyak turis berbagai negara datang ke Bali. Tapi tetap bisa mempertahankan budaya mereka

    ReplyDelete
  4. Foto terakhir itu, aku punya foto bareng beliau. Pak Ayi, pemain kecapi di Kawah Putih. Budaya Indonesia emang bikin bangga deeh..

    ReplyDelete
  5. Indonesia sangat kaya akan budaya, adat istiadat, dan keragaman lainnya. Bangga banget jd orang Indonesia meski memang kita masih punya banyak PR utk kemajuan bangsa di masa depan. Salut utk daerah-daerah yang masih memegang hukum adat dan budaya dengan kuat.

    ReplyDelete
  6. Bagi masyarakat di kota serem kalau dapat hukuman adat. Lebih baik tidak macem-macem sama warga atau penduduk asli

    ReplyDelete
  7. Luar biasa Indonesia kita ya Mbak, kaya aneka keberagaman
    dan aku bangga. Terima kasih sudah membuka mata tentang hukum dan adat di sekitar kita

    ReplyDelete
  8. Indonesia memang keren. Punya banyak sekali suku, budaya, dan keanekaragaman kuliner. Adapula pakaian adat yang unik dari setiap daerah yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Indonesia ini negara yang super kaya dengan kebudayaan maupun keindahan alam ya. Turut bangga loh jadi warga negara Indonesia. Kita itu so so special. :)

    ReplyDelete
  10. Indonesia kaya dengan keanekaragaman dan budaya,hal ini harus dijaga dan dilestarikan agar generasi-kegenerasi harus tau dan bangga terhadap Indonesia

    ReplyDelete
  11. Adat budaya Indonesia memang beragam, itu yang bikin Indonesia kaya, makanya ak merindukan org Indonesia tuh bisa hidup berdampingan saling respek tanpa merasa paling bener hehehe kaya jaman now

    ReplyDelete
  12. HUkum Adat Indonesia itu sangat beragam dan pastinya juga penuh dinamika ya Zia. Masyarakat Hukum Adat Indonesia juga banyak dan mereka dilindungi UU semuaaa

    ReplyDelete
  13. Semoga kebudayaan daerah ini bisa terus dilestarikan yaa.. Sehingga bisa menjadi warisan untuk anak-cucu-cicit kita kelak.
    Karena ini bagian dari kekayaan yang dimiliki Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Yuhu ada banyak hal yah dari Indonesia yang ketika kita eksplor semakin menambah kecintaan kita pada negeri ini. Termasuk dalam kebudayaannya. Saya sendiri merasa bersyukur dan bangga bisa terlahir di tanah Indonesia tercinta

    ReplyDelete
  15. Indonesia itu memiliki kekayaan budaya dan adat yang sangat beragam meski memiliki kemiripin satu sama lain, dan harus dijaga jangan sampai punah tergerus jaman.

    ReplyDelete
  16. saya juga bangga dengan Indonesia mbak, karena keragaman budayanya itu. adat istiadat ini juga perlu dilestarikan ya mbak sebagai kearifan lokal bangsa kita

    ReplyDelete
  17. Jadi inget PR anakku, Shaki, taun lalu. Disuruh cari keberagaman budaya Indonesia, jadilah ak uyang bantu cariin. Dan isinya persis yang dirimu tulis ini, Mbak. Alhamdulillah, nambah ilmu lagi jadinya. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.