Skip to main content

Jangan Anggap Sepele Gejala Usus Buntu

Gejala Usus Buntu - Zaman dulu, setiap makan jambu batu pasti orang tua bilangnya jangan makan dengan bijinya nanti bisa usus buntu. Sebenernya biji jambu batu ini betulan menyebabkan usus buntu atau bukan, ya? Ini tuh mitos atau fakta? 

Coba sedikit kita cari tau secara medis, yuk... 

Dilansir dari situs halodoc.com ada studi tentang hubungan antara usus buntu dan biji buah yang masuk ke dalam tubuh baik yang tertelan sengaja maupun tidak sengaja. Studi ini dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, dengan judul “Can fruit seeds and undigested plant residuals cause acute appendicitis”. Dari studi di atas sebanyak 1.969 kasus yang didiagnosis sebagai apendisitis akut yang telah menjalani operasi usus buntu antara 2002 dan 2009, didapatkan 8 kasus dengan adanya sisa tanaman/ biji buah yang tidak tercerna secara baik dengan usia rata-rata pasien 39 tahun dengan keluhan utama yang serupa dengan apendisitis akut. Saat dikonfirmasi dengan pemeriksaan histopatologi, terdapat nanah dari apendiks pada biji buah tersebut. 

Studi menjelaskan bahwa beberapa biji buah yang tertelan akan dikeluarkan dari tubuh secara alami. Namun, kemungkinan ada beberapa di antaranya yang bisa menjadi penyebab terjadinya radang usus buntu.  Namun yang perlu ditegaskan adalah, pada dasarnya biji buah yang tertelan tidak dapat dikatakan langsung akan menjadi penyebab langsung penyakit usus buntu, tetapi biji buah yang tidak hancur saat tertelan ini bisa jadi menyebabkan penyumbatan pada usus buntu dalam waktu lama. 

Para ahli juga menyebutkan dalam studi tersebut, bahwa sangat kecil risiko radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah. 

Apa sih penyakit usus buntu ini? Bagaimana Gejalanya?

Penyakit usus buntu ini adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau medisnya disebut apendiks. Penyakit usus buntu ini ngga bisa dianggap remeh. Gejala utama adalah sakit pada perut bagian bawah biasanya disebut kolik abdomen. Nyeri yang terasa di perut bawah ini awalnya dari pusar dan menjalar ke bagian bawah perut. Sebagian pasiennya merasakan posisi nyeri berbeda-beda. Dari beberapa jurnal kesehatan disebutkan bahwa hal ini tergantung usia dan juga posisi dari usus buntu itu sendiri. 

Efek yang ditimbulkan dari gejala usus buntu karena nyeri perut tersebut bisa disertai dengan gejala lain, seperti; Kehilangan nafsu makan, perut kembung, sulit untuk kentut, mual, diare, demam. 


Penyebab Penyakit Usus Buntu

Apa yang menyebabkan penyakit usus buntu? Usus buntu ini terjadi karena rongga usus buntu infeksi. Kondisi ini menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga menyebabkan radang, bengkak, bahkan bisa bernanah. 


Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami radang usus buntu, antara lain:
  • Adanya hambatan pada rongga usus buntu.
  • Terjadinya penebalan/ pembengkakan jaringan dinding usus buntu karena infeksi di saluran pencernaan.
  • Adanya pertumbuhan parasit yang menyebabkan penyumbatan pada rongga usus buntu
  • Terjadi cedera pada perut.
  • Kondisi medis tertentu.
Namun dari semua faktor ini, belum benar-benar bisa dipastikan penyebab seseorang mengalami penyakit usus buntu. 


HaloDoc

Untuk lebih lengkapnya informasi seputar usus buntu dan kesehatan lainnya bisa diakses di halodoc.com. 

Saya ulas sedikit mengenai HaloDoc. Salah satu portal langganan saya saat mencari informasi yang valid. Jadi HaloDoc ini adalah media informasi seputar kesehatan. Sekarang ini selain dapat diakses melalui situs, ada juga platform berbasis aplikasi. 

HaloDoc memberikan kemudahan dengan perkembangan teknologi digital. Di sini kita bisa mengakses informasi kesehatan dengan mudah. Saya salah satu pengguna aplikasi HaloDoc, di sini ada banyak fitur yang berguna mulai dari pembeliaan obat, artikel kesehatan dan edukasi, bahkan kita bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Kalau ada yang mengalami gejala usus buntu atau gejala kesehatan lainnya, HaloDoc bisa sangat membantu. 

Comments

  1. Kalau udh kena usus buntu melilit2 perut sakitnya minta ampun. Duug jangan sampe deh. Aku liat tetangga kesakitam gara2 usus buntu aku yang ngilu

    ReplyDelete
  2. Yap, kita ngga boleh ngeremehin gejala penyakit apapun
    kudu alert ya Kak.
    Asik nih, ada HALODOC yg bisa kita andalkan

    ReplyDelete
  3. Kalau dioperasi, orang bilangnya operasi kecil ya tapi usus buntu ini bahaya juga kalau terlambat ditangani.

    ReplyDelete
  4. Usus buntu ini memang tidak bisa disepelekan ya teh, teman saya ada yang kena usus buntu dan sudah di operasi pemulihannya itu lama banget. Semoga kita mah dijauhkan ya

    ReplyDelete
  5. Catet deh gejala-gejalanya. Semoga jauh-jauh dari sakit usus buntu. Soalnya ada beberapa kenalan yang kena dan bahkan sampai operasi

    ReplyDelete
  6. Malah akibatnya bisa fatal ya kalau dianggap remeh. Jangan sampai disepelekan, deh. Lagian rasanya kan sakit banget

    ReplyDelete
  7. aku juga pernah liat suami menderita gara - gara usus buntu dan untungnya langsung dioperasi mbaa

    ReplyDelete
  8. Usus buntu terdengar biasa, padahal kalau kena juga serem banget, kebanyakan orang tau setelah infeksi dan harus segera di operasi.

    Btw saya selalu pake Halodoc dong, membantu banget di masa pandemi ini :)

    ReplyDelete
  9. jadi inget adik yang makan pedes berlebihan terus jadi nambah intensitas nyeri pada usus buntu. Semoga kita ga terlalu kecapean yaa biar gak sakit. Tetap beraktivitas dan istirahat yang cukup. ^_^

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ada halodoc yang bisa dijadikan tempat konsultasi pun pembelian obat ya Mba. Beberapa kali nonton cerita yang tokohnya ada usus buntu nya kudu dioperasi. Emang gak boleh sembarangan. Jaga kesehatan

    ReplyDelete
  11. Pas SMP aku pernah mba operasi usus buntu. Dan ini nggak nyaman :( Smoga kita selalu sehat ya

    ReplyDelete
  12. Wah sering dengar nih kata2 usus buntu baru tahu tapinya nih gejala dan penyebabnya. Semoga dijauhkan dari berbagai macam penyakit ah...sehat semuanya. Aamiin Allohumma Aamiin...

    ReplyDelete
  13. Nah bener banget mbak, anakku pernah operasi usus buntu dia gak suka loh makan buah-buahan berbiji jadi bukan karena itu penyebabnya ya

    ReplyDelete
  14. ternyata memang benar ya usus buntu salah satunya karena biji buah buahan, aku kira dulu hanya mitos lo.... thanks sharingnya ya mbaaa

    ReplyDelete
  15. amit-amit deh dapat penyakit ini, krn org2 terdekatku ud pernah operasi usus buntut. Jd krn pengalaman itu aku mengurangi makan biji2an

    ReplyDelete
  16. Suamiku pernah operasi usus buntu pas sedang dinas di sebuah pulau. Untung ada RS n dokter bedah yang memadai. Huhuhu

    ReplyDelete
  17. bener banget mbak...usus buntu memang tidak boleh dianggap remeh. Pernah melihat sepupu yang mengerang kesakitan karena usus buntu, dan harus dibedah agar rasa sakitnya berkurang...itupun butuh waktu lama untuk proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  18. Jadi semua orang mungkin yaa, teh...terkena sakit usus buntu ini...
    Aku pikir hanya dengan bawaan tertentu.
    Sungguh penting mengetahui hal-hal ini di Halodoc untuk tetap menjaha kesehatan.

    ReplyDelete
  19. Sepupuku dulu pernah operasi usus buntu. Sedih banget lihat dia nahan sakit. Emang ga boleh dibiarin sih kalau liat tanda-tandanya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.