13 October 2018

7 Manfaat dan Keuntungan Blog


7 Manfaat dan Keuntungan Blog - Sebelum saya sharing tentang manfaat dan keuntungan blog, saya ingin menarik mundur ke belakang, tepatnya yaitu saat pertama kali saya mengenal blog. Saya mengenal blog sejak 2005, dulu hanya dikenal dengan sebutan website (*cmiiw) dan untuk yang sifatnya lebih personal disebut web-log. Saya masih sebatas pembaca saja dan ketika itu memang belum banyak orang yang memiliki website pribadi. Saya ingat beberapa nama blogger yang sudah eksis sejak lama, salah satunya adalah Enda Nasution yang saat ini dikenal sebagai "Bapak Blogger Indonesia". Web-log di Indonesia cukup meningkat pesat, sejalan dengan perkembangannya kini weblog lebih dikenal dengan sebutan blog.

Pada 2006 saya memutuskan untuk membuat blog sendiri. Dulu itu hanya ada beberapa free hosting populer yang saya ketahui sebagai platform untuk membuat blog; Multiply (pada 2012 layanan blog-nya sudah ditutup), MySpace, WordPress, dan Blogger. 

Saya memilih Blogger untuk membuat blog pertama saya. Saat itu saya menggunakan www.zia-blog.blogspot.com untuk nama blog pertama saya, isinya terbilang random seputar curhatan diary maya yang sifatnya umum, opini publik, dan karya sastra (puisi/cerpen). Ada juga beberapa artikel yang idealis khas anak mahasiswa. 

Bagi saya blog itu bukan sekadar coretan digital, tapi jurnal pribadi maya yang kebanyakan sifatnya personal. Blog saya yang random akhirnya saya ubah dengan private domain www.zeelhouette.com yang kebetulan isi kontennya menggunakan bahasa Inggris (saat itu saya kuliah di jurusan Bahasa, dimaksudkan untuk melatih kemampuan dan menjadi media belajar menulis dalam bahasa Inggris). Selama 7 tahun saya tidak serius menulis dan jarang update. Namun, mulai 2013 saya komitmen untuk lebih serius nge-blog dan melahirkan blog ke-dua khusus berbahasa Indonesia www.ruangbacadantulis.com di tahun 2014.

Selama 12 tahun malang melintang di dunia blog, saya coba ringkas 7 manfaat dan keuntungan Blog versi www.ruangbacadantulis.com;

1. Menyalurkan Passion

Passion ini berhubungan dengan apa yang kita senangi dan bisa memberi kebahagiaan saat kita melakukannya. Menulis adalah salah satu passion saya, maka melalui blog saya bisa menyalurkan ide melalui tulisan. Bukan hanya sekadar passion, tapi menulis juga bisa menjadi terapi, misalnya saat kita sedih atau saat memendam rasa, bisa dituangkan baik dalam bentuk artikel utuh untuk penyemangat, puisi, atau bisa juga kata-kata mutiara.

2. Mengasah skill Menulis

Saya pernah membaca sebuah memoar yang ditulis Stephen King yang berjudul "On Writing", di sini ia menyampaikan bagaimana caranya agar menjadi penulis yang baik. Menurut saya ini adalah salah satu modal penting untuk menjadi seorang blogger. Saya akan mengambil beberapa poin dari ke-21 poin yang Stephen King sampaikan, menurut saya ini bisa mengasah skill menulis kita;
  • Membaca sebanyak mungkin.
  • Mempersiapkan diri untuk sebuah kegagalan atau kritik dengan berpikir bahwa kita dapat menanganinya.
  • Jangan buang waktu dengan mencoba atau berusaha menyenangkan orang lain.
  • Menulis utamanya untuk diri sendiri, untuk kebahagiaan kita, untuk berbagi, bukan untuk memuaskan orang lain.
  • Mengatasi kesulitan menulis dengan menggali cerita sebanyak mungkin karena kita pasti akan menemukannya. 
  • Memahami bahwa menulis adalah suatu bentuk telepati dengan mentransfer ide-ide dalam kepala kita ke dalam kepala pembaca.
  • Menulis dengan serius.
  • Menulis setiap hari. 
  • Revisi ini adalah salah satu bagian yang paling sulit dari menulis. Berhenti sejenak kemudia baca kembali, kita perlu meninggalkan bagian-bagian yang membosankan pada tulisan kita. 
Poin-poin diatas adalah modal dasar kita untuk menjadi seorang penulis yang memiliki skill yang baik dan tentu dapat menunjang seorang blogger. Saya pun sebenarnya masih  belajar bagaimana menjadi penulis blog yang memiliki totalitas.

3. Menumbuhkan Minat Baca


Pelatihan Buku Bicara
Jika kita ingin bisa menulis, tentu harus banyak membaca. Ini sudah seperti kelekatan yang tidak  dapat dipisahkan. Tidak ada penulis yang tidak suka membaca. Membaca ini bukan melulu tentang buku, bisa juga media cetak lainnya, jurnal, atau bahkan artikel di internet.

Seorang blogger harus menyampaikan tulisannya dengan baik, berbagi pengalaman bukan hanya curhat dan menulis seloroh. Biasanya dibarengi dengan tulisan pendukung agar sharing yang kita tulis bisa bermanfaat atau diambil pelajarannya oleh pembaca.

Maka membaca adalah salah satu syarat mutlak. Dengan kita sering menulis blog, otomatis bahan bacaan kita semakin bertambah guna sebagai referensi dan memperkuat tulisan kita.

4. Menambah Pengetahuan

Karena blog kita jadi lebih semangat membaca, maka bertambah pula pengetahuan kita. Selain itu, beberapa acara blog baik berupa liputan atau undangan, ada upgrade ilmu yang kita dapatkan. Bukan hanya itu, hal sederhana antar sesama bligger dengan saling sharing artikel ini akan menambah ilmu pengetahuan kita.

5. Memperluas Jaringan Pertemanan


Foto pertama saat begabung dengan komunitas blogger KEB ⓒ2013
Saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger sejak 2013. Saya merasa jaringan perteman saya semakin luas. Betapa networking di dunia blog ini memberikan banyak keuntungan. Mulai dari menambah teman dari berbagai profesi, kalangan, dan usia, menambah keluarga, dan juga bisa saling berbagi pekerjaan. 

6. Media Berbagi Ilmu dan Informasi

Konferensi Pers
Melalui blog kita bisa berbagi informasi, sharing pengalaman, dan berkarya kapan dan dimana pun kita mau. Pengalaman yang kita tulis bisa jadi pelajaran untuk orang lain, informasi yang kita bagi bisa jadi pencerahan, bahkan karya yang kita buat bisa jadi hiburan bagi mereka yang menyukainya. Blog bisa menjadi media untuk berbagi banyak kebaikan.

Blogger juga saat ini sudah menjadi partner bagi media, saat ini blogger banyak diundang untuk berbagai konferensi pers, menjadi bagian penyedia berita ala citizen journalist.

7. Hobby Jadi Profesi

"Memangnya blog bisa menghasilkan?" Banyak orang yang bertanya demikian. Saat ini blogger itu bisa menjadi profesi. Ini fakta. Bersumber dari blog monetizing lah seorang blogger bisa mendapat penghasilan, antara lain seperti; content placement, product review, advertising, dan masih banyak lagi bentuk kerja sama lainnya. 

Blog yang seperti apa yang bisa menambah penghasilan?

Kebanyakan blog yang dipilih adalah blog dengan private domain. Kalau saya boleh sarankan pilih layanan penyedia Web Hosting unlimited yang terpercaya dan profesional. Pengalaman saya pribadi, baiknya kita memilih penyedia hosting blog yang fast respond dan bersedia membantu kapan saja kita perlu, salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Niagahoster

Selama saya berjibaku di dunia blog, banyak pengalaman yang dapat dijakdikan pelajaran. Memang menjadi blogger itu bukan hal yang mudah dan instan. Ada proses yang harus dilewati. Saya pun masih jauh dari pencapaian teman-teman blogger profesional yang sudah lama berkecimpung di dunia blog secara serius. Jika kita sudah bisa konsisten menulis, sudah paham ilmunya, mengerti "aturan mainnya", pastinya akan ada banyak manfaat dan keuntungan blog yang bisa didapatkan.


46 comments:

  1. Menulis blog buatku, sebagai tempat curhat (kadang2 pamer hehehee), ketemu banyak teman2 dan komunitas baru, dan ladang rezeki juga :)

    ReplyDelete
  2. Ngeblog emang asyik banget, banyak keuntungannya selain bonus dapet penghasilan dan bisa hidup tanpa merepotkan lagi heheheh

    ReplyDelete
  3. wiih udah dari tahun 2005? kereeen. Kalau aku baru akhir 2013 mengenal blog. Memang sih sejak ngeblog, banyak sekali manfaat yang aku rasakan, hampir sama lah dengan tulisan mbak Zia, oleh karena itu aku masih tersu ngeblog sampai sekarang..

    ReplyDelete
  4. awal aku ngeblog tahun 2007 juga buat mengisi waktu dan memperluas jaringan pertemanan

    ReplyDelete
  5. Menulis di blog, ehm, lebih dari soal job dan fee. Aku tipe orang yang gak bisa basa basi, Mbak. Tapi dengan menulis kok ya ternyata aku bisa basa basi walau dalam bentuk tulisan.

    ReplyDelete
  6. Aku masih yang termasuk "moody" an untuk menulis.

    Kadang ada kalanya begitu menggebu-gebu, di lain waktu melempem ngalahin kerupuk kualitas nomor satu.

    Kalau membaca yang beginian, seperti "dilecut", "ayo menulis!"

    ReplyDelete
  7. yang no 5 itu paling berasa buat aku pribadi mbak.

    ReplyDelete
  8. Bener banget Mba. Saya juga ngerasain banget manfaat ngeblog ini, seperti penguasaan menulis yang main berkembang dan juga jaringan pertemanan :)

    ReplyDelete
  9. Iya mbak..aku ngerasain banget kalo nulis awalnya hobi dan akhirnya jadi profesi yang menghasilkan pundi-pundi.

    ReplyDelete
  10. Aku gak pernah menyesal punya blog buat jd tempatku menulis dan membaca.
    Krn manfaatnya lebih dari 7 nih mba. hahha
    Banyaaaak bgt manfaatnya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah dengan menulis aku merasakan banyaaak sekali manfaatnya. Terutama semakin mengasah bakat menulis aku mba

    ReplyDelete
  12. Aku pun merasakan banyak sekali manfaat menulis dan ngeblog. Alhamdulillah deh pokoknya.

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali mba... Dari yg awalnya ngeblog sekedar menyalurkan hobi menulis akhirnya makin banyak manfaat yg telah kurasakan dalam 7 tahun ini.. Alhamdulillah...

    ReplyDelete
  14. Jadi terinspirsi dan semangat nge blog. Nih

    ReplyDelete
  15. SETUJU!! Saya ngeblog sejak 2011 awal. Saat itu saya pilih WP. Platform mana itu soal selera, yang penting konsisten diisi blognya. Hehe. Dan menjaga konsistensi itu ibarat megang bara api. Susah. Butuh kegigihan banget. Semoga bisa istiqomah ya :) hidup ngeblog!

    ReplyDelete
  16. Salah satu keuntungan ngeblog adalah banyak temen teh..salah satunya ya teh Zia. Silahturahmi sama dengan membuka pintu rejeki kan?

    ReplyDelete
  17. Can’t agree more Zia! Ngeblog tuh banyaaaak banget berkahnya. Bukan hanya keuntungan finansial tapi juga pertemanan dan ilmu

    ReplyDelete
  18. Banyak banget ya manfaat ngeblog, alhamdulillah bisa berkenalan dan menyelam di dunia blogging walaupun belum jago tapi lumayanlah, banyak hal positif yang didapat

    ReplyDelete
  19. Aku dulu juga sempat jadi pengguna Multiply. Karena agak berat jadi iseng2 ke Blogspot dan sampai sekarang. Dulu cuma curhat, tp sekarang dapat banyak hal

    ReplyDelete
  20. Setuju Zia..aku suka ngeblog dan ngeblog itu banyak banget manfaatnya buat aku

    ReplyDelete
  21. Awalnya dulu punya blog untuk simpan resep-resep masakan, eh sekarang keenakan bahkan menjadi ada tambahan sedikit utk jajan

    ReplyDelete
  22. Zia, berkat ngeblog bunda sejak th 2014 sdh bisa mengais rezeki bankan mengenutkan karena dikontrak utk 3 bulan dgn 24 artikel, fulusnya? Bikin bunda sujud syukur karena baru 'ngeh' dengan ngeblog bisa menghasilkan. Setelah ke sininya ya berupa paid job review or content placement. Berharap suatu saat ada lagi yg mengontrak bunda utk 3 bulan, hehe..#ngarep.com Pokoknya ngeblog is something.

    ReplyDelete
  23. Harus saya akui, ngeblog memang banyak banget manfaatnya. Salah dua yang paling terasa adalah mendapat banyak teman baru dan tentunya dapat penghasilan tambahan juga ����

    ReplyDelete
  24. Awalnya aku ngeblog emang cuma untuk sharing aja, juga sebagai teman di saat aku sendiri waktu tinggal di negeri orang. Nyatanya, semua yg dirimu tulis di atas benar adanya. Aku jadi punya banyak wawasan, kenal banyak orang2 baru, nambah penghasilan dari menulis, sekaligus hobi jadi profesi. Beruntungnya aku memutuskan untuk ngeblog beberapa tahun yg lalu. :)

    ReplyDelete
  25. Setuju bangeeettt... ngeblog bisa jadi salah satu media self healing ya tatkala batin kita sudah terlalu penuh dengan beban keseharian. Ada keasyikan sendiri ketika menuangkan pemikiran ke dalam bentuk tulisan di blog pribadi.

    ReplyDelete
  26. Serunya jadi blogger itu sungguh menjadi tantangan tersendiri yaa, Zia...
    Dari mulai melatih management waktu lagi sampai banyak belajar dari sahabat-sahabat blogger yang lain bahwa ilmu itu Maha Luas.

    Semoga makin menebar manfaat yaa, Zia shayang...

    ((ada aku di hatimu, eh...foto muu...**laaff))

    ReplyDelete
  27. Inspiratif banget mbak catatannya. Aku juga seneng ngeblog nih. Rasanya kayak panci ketemu tutup, klop hahahahaha

    ReplyDelete
  28. Saya baru mulai nge-blog tahun 2013 Mbak.. padahal suami saya udah bikinin blog ini sejak 2010. tapi dulu tuh saya nggak pede dengan tulisan saya. Alhamdulillah, 2013 itu saya nekat aja. Kalau nggak nekat, saya nggak bisa membuktikan bahwa practice makes perfect. Hehe..

    Dan iya, manfaatnya banyaaak banget. Setuju dengan Mbak Zia.

    ReplyDelete
  29. Cucok semua sama manfaat ngeblog. Buat saya banyak manfaat positifnya termasuk bisa kenal blognya Mba Zia ^_^

    ReplyDelete
  30. Serunya ngeblog jadi nambah pengetahuan dan pengalaman, terus seneng bisa berbagi pengalaman juga. Makin cinta nih sama blog, banyak manfaatnya ya teh ��

    ReplyDelete
  31. Bener banget teh, explore segalanya lewat blog intinya mah. setujuuuu pokonya :)

    ReplyDelete
  32. wiiihh 12 tahun teh ? keren banget. Nulis blog emang bikin bahagia ya Teh, apalagi kalo tulisan kita bisa bermanfaat buat orang lain, makin nambah bahagianya.

    ReplyDelete
  33. wah ternyata dulu tahun 2013 kita ketemuan di Taman Lalu Lintas yah hihih ga ngeh

    ReplyDelete
  34. Setuju dengan semua poin teteeh apalagi makim kesini ternyata komunitas blogging makin berkembang dan kece kece. Udah nambah wawasan, nambah temen pula

    ReplyDelete
  35. wah ... ternyata pernah mengalami masa multiply juga :p

    ReplyDelete
  36. Waahh masteeer.. Aku isin jadinya cuma newbie disini hihihi. *sungkem*

    Btw aku juga beli domain di niagahoster. Harganya terjangkau, service nya juga bagus banget..

    ReplyDelete
  37. Setuju teh... Makin semangat ngeblog karna banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  38. Dulu sempet mikir, apa sih blog? Kayak gak penting gitu. Pertama bikin blog disuruh dosen buat tugas kuliah. Makin sini kok ya makin seru. Sampai akhirnya serius bikin blog 2 tahun lalu dan baru aktif sekarang-sekarang. Bener ya teh. Ternyata banyak banget manfaatnya dari ngeblog..

    ReplyDelete
  39. Setuju banget sama tulisannya. Dulu aku aktif di tumbrl dari 2012-2014, entah kenapa kurang signifikan manfaat yang didapat. Tahun ini baru bikin blogspot dan gabung di komunitas, negbuka wawasan banget, nambah teman dan rezeki. Seneng banget bisa menjalani passion menulis, plus dapet banyak benefit lain. Blog tuh kaya bikin jejak perjalanan hidup, yang bakal selalu ada, selalu bisa diliat lagi :) Semangat terus ngeblog !

    ReplyDelete
  40. Dulu aku seneng nulis buat terapi mengatur emosi. Tp sekarang malah jd ketagihan hhe.

    ReplyDelete
  41. ngeblog bikin nambah pengetahuan dan pertemanan, menemukan teman sefrekuensi, Alhamdulillah senang

    ReplyDelete
  42. Setujuu banget deh! Dengan nge-blog kita bisa menuangkan apa kata hati dan pikiran kita hehe

    ReplyDelete
  43. Hohoho dulu juga Lae sempet punya multiply, terus blogspot dan akhirnya sekarang k wordpress. Pasca resign pengen banget nge-blog jadi hobi dan profesi juga. Cuma bingung mulai dari mana...

    ReplyDelete
  44. wihhhhh.. betul banget teh
    smoga sukses selalu ya teh

    ReplyDelete
  45. Menulis bagiku sebagai healing, ketika nyesek dan nyeseknya dapat berupa output yang melegakan. Thanks for sharing teteh😄

    ReplyDelete
  46. Bener teh aku pun begitu merasakan semua keuntungan nge blog..
    Apalagi ume orgnya suka bersosialisasi jd makin makin makin banyaaaaakk tmn seneng

    ReplyDelete