Skip to main content

Detoks Alami dengan Nastbee Honey Lemon #AsikTanpaToxic


Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan satu orang anak dan juga freelancer (pekerja paruh waktu di bidang digital marketing), aktivitas sehari-hari saya sangatlah padat dan tentu semuanya menguras energi serta pikiran. Setiap hari dimulai dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang tak pernah ada habisnya, mengantar-jemput anak sekolah dan les, selama anak sekolah dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan "kantor" dari rumah, dan sesekali melakukan liputan atau datang ke  berbagai event. Alhamdulillah, so far saya sangat menikmati dan selalu dibawa happy

Lima hari dalam seminggu tugas utama saya adalah "ngojek" alias antar jemput anak sekolah dan les menggunakan motor kesayangan, jarak tempuh dari rumah sekitar sekitar 3 KM. Selain itu, jika ada undangan event atau liputan acara, saya juga selalu menggunakan sepeda motor bila jaraknya masih di sekitar Bandung. Ya, mau tidak mau selama perjalanan saya bertemu debu dan polusi udara setiap hari. 

Bukan hanya debu dan polusi udara, saya juga tiada hari tanpa gadget dan komputer. Tuntutan pekerjaan memaksa saya harus berkompromi dengan gadget dan komputer yang intensitasnya lumayan tinggi. Dalam 24 jam, hampir setiap hari saya berada di depan layar komputer atau gadget selama berjam-jam lamanya, belum lagi sesekali mengecek ponsel kalau ada notifikasi. Jika tidak diperhatikan, hal ini tentu akan berisiko pada metabolisme tubuh saya.

Ungkapan "emak-emak harus strong" itu memang benar adanya, saya harus tahan banting di segala medan, cuaca, dan lini masa. Hehehe. Luar biasa Tuhan menciptakan organ manusia beserta alarmnya dengan sempurna. Nah, alarm tubuh ini biasanya akan menunjukkan jika ada sesuatu yang salah pada tubuh kita. Kalau badan terasa berat, lelah, atau ada keluhan kesehatan berarti kita harus memberikan perhatian ekstra terhadap tubuh.

Saya sadar betul bahwa terlalu sering terpapar polusi dan radiasi dapat mengancam kesehatan jiwa saya sendiri, karena semakin lama toksin atau racun bisa menumpuk di tubuh saya. Tentu ini dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit, ketidakseimbangan hormon, bahkan gangguan metabolisme tubuh. Untuk menjaga kesehatan serta metabolisme tubuh saya harus berupaya meningkatkan pola makan dan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan cara melakukan detoksifikasi tubuh.


Apa Itu Detoksifikasi?

Dalam sebuah jurnal kesehatan DR. dr. Saptawati Bardosono, MSc. menjelaskan mengenai detoksifikasi, "Detoksifikasi merupakan proses alamiah tubuh untuk menetralkan atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh". Beliau memaparkan bahwa proses detoksifikasi secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan berserat dan minum air, ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menarik racun yang dapat dikeluarkan melalui urin atau feces. Toksin atau racun dalam tubuh dikeluarkan melalui empat organ utama yaitu, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan juga kulit melalui keringat.

Dua hal yang menjadi tantangan saya saat ini adalah polusi udara dan radiasi gadget. Setiap hari saya berkendara menggunakan sepeda motor, untuk meminimalisasi paparan polusi udara saya selalu menggunakan masker. 


Sedangkan untuk mengurangi paparan radiasi gadget, saya harus mengefektifkan jam bekerja di depan layar komputer. 


Saya pernah membaca sebuah buku Best Seller kesehatan "The Miracle of Enzyme" karya Dr. Hiromi Shinya yang merupakan penemu teknik Kolonoskopi Modern dan digadang sebagai pemimpin dalam bidang Gastro-Enterologist dunia. Pola makan sehat dan pola hidup sehat adalah kunci kesehatan. Detoksifikasi menjadi bagian dari kunci kesehatan yang dijelaskan oleh Dr. Hiromi Shinya. Berikut ini adalah beberapa kunci utama kesehatan yang disarankan oleh Dr. Hiromi Shinya, yaitu:
  • Pola makan sehat
  • Minum air
  • Buang air secara teratur
  • Rajin olahraga
  • Istirahat yang cukup
  • Meditasi
  • Selalu bahagia



Detoks Alami dengan Lemon dan Madu

Dalam berbagai jurnal kesehatan saya mendapatkan berbagai informasi mengenai detoks alami. Detoks yang banyak dilakukan dan sudah terbukti adalah detoks menggunakan lemon dan madu. Lemon ini memang jadi salah satu buah citrus favorit saya. Madu menjadi pemanis alami andalan yang saya sukai. Menyesap secangkir air hangat dengan perasan lemon dan madu di pagi hari itu bagi saya adalah kenikmatan sekaligus kebahagiaan.

Tenyata, lemon adalah salah satu buah yang mengandung zat untuk detoksifikasi tinggi dengan kandungan vitamin C yang diperlukan tubuh. Selain itu madu memiliki kandungan yang bisa menjadi sumber  vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita.
  • Manfaat Lemon
Lemon termasuk salah satu jenis buah citrus yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sebagai antioksidan, dan juga baik bagi sistem pencernaan. lemon berkhasiat sebagai ekspektoran (dapat mengeluarkan dahak), antiseptik (mengeluarkan racun), dan astringen (memiliki sifat mengeringkan).
  • Kandungan Madu
Madu memiliki kandungan yang sangat kaya dari mulai mineral seperti natrium, magnesium, kalsium, alumunium, besi, fosfor, dan kalium, vitamin  C, asam askorbat, thiamin (B1),  piridoksin (B6), niasin, riboflavin (B2), asam pantotenat, asam folat, biotin, dan vitamin K), dan juga enzim (glukosa oksidase, peroksidase, diastase, invertase, dan lipase). Enzim ini sangat bermanfaat; diastase merupakan enzim yang mengubah karbohidrat komplek/polisakarida menjadi karbohidrat sederhana/monosakarida, enzim invertase merupakan enzim yang memecah molekul sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa, enzim oksidase merupakan enzim yang membantu mengoksidasi glukosa menjadi peroksida dalam proses oksidasi metabolisme. Semua zat yang terkadung dalam madu berguna untuk memulihkan ketahanan tubuh, stamina, dan metabolisme tubuh.
  • Pentingnya Vitamin C untuk tubuh
Asam askorbat atau sering kita kenal dengan sebutan vitamin C adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen ini berguna untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, dan juga kulit. 



Natsbee Honey Lemon

"Pucuk dicinta ulam pun tiba", peribahasa ini seperti mewakili perasaan saya. Perpaduan lemon dan madu kini ada dalam botol. Sebagai pecinta lemon dan madu, Natsbee Honey Lemon ini sekarang jadi minuman andalan saya saat beraktivitas, kegiatan yang padat juga rasanya bukan jadi masalah. 

Kebaikan alami lemon dan madu ada dalam minuman Natsbee Honey Lemon. Ini bisa jadi alternatif saya untuk detoks alami. Untuk rasanya saya sangat suka, manisnya asamnya pas, dan diperkaya dengan vitamin C yang diperlukan tubuh.

Natsbee Honey Lemon ini mudah didapatkan, ada di minimarket dan supermarket yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebelumnya yang saya ketahui Natsbee Honey Lemon ini adalah minuman favorit di negara tetangga. Senangnya sekarang sudah ada di kita. 




Buat saya Natsbee Honey Lemon ini detoks alami yang enak dan menyegarkan. Mau #AsikTanpaToxic? Cobain deh kesegaran Natsbee Honey Lemon. Pasti bikin ketagihan. Detoks Alami dengan Nastbee Honey Lemon #AsikTanpaToxic.






Referensi:
Shinya, Hiroma, MD. 2006. The Miracle of Enzyme. Bandung Mizan Publishing.
Susilawati, Dessy. 2010. Detoksifikasi dengan Sayuran dan Buah. Medika Republika, 28 September 2010.
Pixabay.com

Comments

  1. klo emak2 sakit ga seterong semuanya berantakan ya teh duh smg kita sehat sll aamiin ku jd pengen cobain natsbee ni penasaran

    ReplyDelete
  2. Detoksifikasi itu penting bangeeet! Dan aku udah nyobain ini... enaaaak mbaaa

    ReplyDelete
  3. Hihihi..toss dong tukang antar jemput anak, ternyata capekjuga ya, perlu natsbee nih untuk mengusir toxin

    ReplyDelete
  4. Zia, semoga menang, ya. Bunda gak jd ikutan krn blom sempet2 juga beli productnya.

    ReplyDelete
  5. Detoksnya praktis sekarang ya teh karena ada Natsbee, gampang ditemuin dan rasanya seger banget. Aku juga suka hehe..

    ReplyDelete
  6. Ternyata manfaat lemon dan madu banyak ya, teh.
    Tapi karena ada Nastbee jadi lebih praktis ya, teh.

    ReplyDelete
  7. Kesukaanku dan suami, nih, soalnya manisnya pas.

    ReplyDelete
  8. enak nih apalagi kalau diminum dingin, suegeeer

    ReplyDelete
  9. lemon + madu emang punya segudang manfaat yang baik buat kesehatan yaa

    ReplyDelete
  10. jadi natsbee ini bisa untuk detox ya teh, makin gampang aja ya jaman sekarang

    ReplyDelete
  11. Enak banget Natsbee, saya juga suka. Good luck tetehkuuu

    ReplyDelete
  12. Duh segernyaaa, cocok buat Bandung yg akhir-akhir ini panas bgt

    ReplyDelete
  13. hmmm pokka natsbee juga favorit saya lho, karena selain segar manfaat madu dan lemon memang baik banget untuk tubuh

    ReplyDelete
  14. Sebagai sesama tukang ojek anter jemput anak juga, aku jadi tergoda banget pengen nyobain nih Teeeh! Pengen nge-detoks jugak :))

    ReplyDelete
  15. Asyiknya diminum siang2 saat panas ya...

    ReplyDelete
  16. Sepertinya seger banget yaaa... sudah enak banyak manfaatnya juga :D

    ReplyDelete
  17. Lemon dan madu seperti mantra sehat. Tetep sehat dan kuat ya,Teh ��

    ReplyDelete
  18. polusi dan radiasi juga lumayan sering merecokiku, nih. Kayaknya butuh Natsbee juga

    ReplyDelete
  19. Ini cara bersihin toxic yang enak, praktis, dan seger. Maulah, Teh. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.