19 December 2017

Ketahui Kandungan Susu dan Uniknya Susu UHT


Saya pernah membaca sebuah jurnal kesehatan dan juga buku yang mengupas masalah nutrisi dan gizi yang umum terjadi pada setiap periode lifecycle. Salah satunya ditulis oleh Bonnie Worthington-Roberts yang berjudul “Nutrition throughout the Lifecycle”, dalam bukunya ia menjelaskan secara detail mengenai dampak nutrisi pada kualitas hidup pada setiap tahap perkembangan dan menampilkan pemikiran tentang isu penelitian kontemporer seputar nutrisi.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin mengulas mengenai salah satu nutrisi berdasarkan sumber referensi yang sudah saya sebutkan di atas. Jika dijelaskan secara keseluruhan tentu saja masalah nutrisi ini memiliki penjabaran yang luas. Kebetulan dari sumber yang saya dapatkan terdapat juga pembahasan mengenai nutrisi susu secara lengkap.

Yuk, Ketahui Kandungan Susu! 


Sebagian besar susu terdiri dari 80 - 90 % air dan sisanya 10 % terdiri dari kelimpahan nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan yang baik, seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Susu sapi biasanya mengandung sekitar 3,5 - 5 % lemak. Selain memberikan rasa dan tekstur khas susu, pasokan lemak vitamin A, D, E, dan K, serta asam lemak tertentu yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.


Laktosa sejenis gula yang hanya ditemukan dalam susu, ini yang memberi rasa manisnya susu. Laktosa ini merupakan karbohidrat yang dipecah oleh tubuh untuk memasok energi. Protein yang paling penting dalam susu adalah kasein, terhitung 80 % protein susu. Kasein adalah protein lengkap, yang berarti mengandung semua asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Susu mengandung banyak mineral, seperti kalsium dan fosfor, serta sejumlah kecil potassium, sodium, sulfur, aluminium, tembaga, yodium, mangan, dan seng. Susu merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium. Satu liter susu setara dengan 21 butir telur. Susu adalah sumber vitamin A dan B2 yang sangat baik. Semua vitamin lain juga hadir, namun dalam dosis rendah.

Susu segar UHT 

Sebagian besar susu sapi segar dihomogenisasi untuk mencegah pemisahan lapisan krim. Homogenisasi dilakukan dengan membiarkan susu di bawah tekanan tinggi melalui nosel kecil. Gelembung lemak menjadi sangat kecil sehingga mereka tetap merata di seluruh susu. Untuk memastikan keamanannya untuk penggunaan manusia, hampir semua susu menjalani pasteurisasi, dimana susu dipanaskan sampai suhu tinggi selama jangka waktu tertentu untuk menghancurkan bakteri patogen. Susu pasteurisasi bisa disimpan di kulkas selama 3 – 7 hari, sedangkan susu ultrapasteurized, yang umum di Eropa dan Kanada, dipanaskan sampai suhu yang lebih tinggi dan dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.

Di Indonesia biasanya disebut susu UHT. Susu UHT diperoleh dari susu sapi segar yang dikemas khusus, bisa tahan lama, dan praktis diminum. Biasanya susu UHT tersedia dalam kemasan kecil untuk sekali minum atau ada juga kemasan per/liter.

Uniknya Susu UHT Indomilk

Di awal saya sudah jelaskan mengenai kandungan susu. Boleh yah sedikit cerita, bahwa sudah sekitar setahun ini saya menjadi konsumen setia susu UHT Indomilk. Kenapa pilih Indomilk? Ini karena susu UHT Indomilk itu beda. Yuk, boleh dicek di nutritional fact yang ada di kemasannya, susu UHT Indomilk memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Saya dan keluarga memang terbiasa mengkonsumsi susu segar UHT Indomilk khususnya yang plain. Sebelumnya saya pernah mengulas  susu UHT tanpa garam di blog saya. Dari sekian banyak merk susu yang saya cermati satu-per-satu, susu UHT Indomilk Full Cream plain ukuran 1 liter termasuk salah satu merk susu tanpa tambahan garam. Dari kandungannya saja menurut saya Indomilk itu jelas kesegarannya dan gurih susunya juga beda dari yang lain, karena gurihnya Indomilk itu alami.

Uniknya Indomilk juga ada pada kemasannya. Sekarang Indomilk hadir dengan kemasan yang lebih ramping, mudah disimpan, lebih nyaman dipegang. Selain itu nutri keep teknologinya membuat semua kebaikan susu di dalam packaging tetap terjaga. Kemasannya didesain ramah anak, tidak mudah tumpah saat menuang, dan lebih mudah dituang sampai tetes terakhir. Satu hal yang paling penting tentu saja susu UHT Indomilk adalah susu tanpa garam, ini yang menjadi poin utama dalam pemilihan susu, saya menghindari susu dengan tambahan garam karena kandungan garam dapat mengurangi rasa alami susu.

18 comments:

  1. Susu mengandung banyak manfaat untuk anak-anak yah, tinggal memilih susu yang sehat dan berkualitas seperti Indomilk UHT ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Teh. Cari susu yang kandungannya alami. hehehe

      Delete
  2. Duh jadi pengin minum yg coklat, bareng anak2 pas ujan2 gini. Sluruph

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu yang coklat juga enak banget ya, Teh. Hmmm segerrr mantep deh.

      Delete
  3. Susu favoritenya neng Marwah ini, heehe enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! samaan kita. Sehat terus Neng Marwah. :*

      Delete
  4. Aku suka susu UHT buat bikin puding, kesukaan kaka Olive.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo bikin pudding atau pancake, aku juga pake susu UHT Indomilk yang plain, Teh. Pinterrr kaka Olive suka susu biar sehat yaaa.

      Delete
  5. Baru tau susu UHT yang bagus itu tanpa garam 😀
    Btw, aku kalo susu Indomilk suka yang rasa pisang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu banyak asupan garam kan memang kurang baik, Nes. Wahhh... sama nih sama Vito kalo bekel sekolah beli UHT Indomilk yang pisang. Hehehe

      Delete
  6. Keluarga saya juga konsumen Susu UHT Indomilk. Rasanya emang beda,lebih enak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya beda dengan susu UHT yang lain, seger dan gurihnya alami. Hehe

      Delete
  7. Bukan anak - anak aja yang suka, aku yg udh segede ini juga suka banget susu UHT indomilk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Indomilk plain disukai keluarga yaaa. Sama aku juga suka banget. Hehehe

      Delete
  8. Aku milklover-holic. Saya suka saya suka susu ini

    ReplyDelete
  9. Akuuu suka banget sama susu 😍😍😍

    ReplyDelete