Skip to main content

9 Fakta Tentang Bandar Udara Silangit

Bandara Silangit [image source]
Kali ini saya ingin sharing mengenai salah satu bandar udara yang ada di Indonesia. Menurut saya informasi ini cukup penting untuk kita ketahui, siapa tahu kita berkesempatan untuk terbang dan mendarat di sana atau bisa juga bermanfaat dengan memberikan informasi ini kepada yang memerlukan. 

Nah, untuk yang pernah mengunjungi Sumatera Utara menggunakan pesawat terbang mungkin cukup familiar dengan Bandar Udara Silangit. Tapi, tahukah apa saja fakta menarik tentang Bandar Udara Silangit? 

Berikut ini merupakan 9 fakta tentang Bandar Udara Silangit:
  1. Dimanakah lokasi Bandar Udara Silangit? Bandara tersebut berlokasi di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Adapun kode dari bandara ini adalah DTB (International Air Transport Association) dan WIMN (International Civil Aviation Organization). 
  2. Jarak bandara dari pusat kota sekitar 8 kilometer. Adapun jaraknya dari Kota Medan kira-kira 152 kilometer, dan jarak menuju bandara terdekat lainnya adalah 38 kilometer (Bandara Sibisa), 79 kilometer (Bandara FL Tobing), dan 188 kilometer (Bandara Binaka).
  3. Percaya atau tidak, Bandar Udara Silangit sudah dibangun sejak masa penjajahan Jepang. Namun baru pada tahun 1995 bandara ini kembali dibangun dan diperluas. Perkembangan Bandar Udara Silangit semakin pesat setelah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2005.
  4. Setelah proses pembangunan ulang, awalnya bandara ini hanya memiliki landasan pacu sepanjang 1400 meter. Namun kemudian dilakukan proses renovasi bertahap, dan pada tahun 2011 Bandar Udara Silangit telah memiliki landasan pacu sepanjang 2400 meter x 30 meter. Rencananya landasan pacu ini akan terus diperluas sehingga bisa digunakan sebagai tempat mendarat oleh pesawat berbadan lebar secara reguler.
  5. Proses renovasi terus menerus itu membuat Bandar Udara Silangit mengalami pertumbuhan mengesankan. Pertambahan jumlah penumpang yang menggunakan bandara ini setiap tahunnya meningkat hingga lebih dari 100% (rata-rata). 
  6. Mau tahu beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di bandara ini? Bandar Udara Silangit telah dilengkapi dengan fasilitas Ruang VIP, musala dan perlengkapan salat, tempat bermain anak, Wi-Fi, ruang menyusui, charger ponsel, televisi, toilet yang direnovasi sesuai standar internasional, kursi roda, surat kabar dan majalah, serta smoking area.
  7. Di urutan ketujuh dari 9 fakta tentang Bandar Udara Silangit, ada kabar baik lainnya dari Bandar Udara Silangit. Pada akhir bulan Oktober tahun 2017, bandara ini akan segera diresmikan sebagai bandara internasional. Adapun penerbangan internasional perdana yang dilakukan pada momen peresmian tersebut adalah rute Silangit-Singapura. Rute internasional lainnya akan segera menyusul, sehingga kalian yang tinggal di Sumatera Utara kini akan semakin mudah bepergian ke berbagai tempat.
  8. Perbaikan fasilitas di Bandar Udara Silangit ini dibarengi juga dengan perbaikan infrastruktur di sekitar kawasan bandara. Semua dilakukan demi mendukung pengembangan pariwisata di sekitar Danau Toba. Kombinasi antara perubahan status Bandar Udara Silangit menjadi bandara internasional, ditambah dengan infrastruktur yang semakin baik, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan internasional ke danau terbesar di Asia Tenggara itu.
  9. Saat ini bus Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia alias DAMRI juga akan beroperasi di sekitar kawasan Bandar Udara Silangit. Pengadaan DAMRI tersebut untuk mendukung peningkatan pariwisata di sekitar Danau Toba. Adapun jadwal DAMRI dari Samosir ke Bandar Udara Silangit sebanyak dua kali per hari, dengan jadwal keberangkatan pada pukul 06.30 dan 11.00. Untuk jadwal dari Bandar Udara Silangit menuju Samosir akan disesuaikan, tergantung pada kedatangan pesawat Sriwijaya Air. Sebagai penutup, selama bulan Oktober hingga Desember 2017 ini Anda dapat menaiki DAMRI tersebut secara cuma-cuma alias gratis. Menarik, ya! 
Demikianlah 9 fakta tentang Bandar Udara Silangit. Semoga dapat membuka wawasan mengenai Bandar Udara Silangit, dan informasinya bisa bermanfaat bagi yang ingin melakukan penerbang dari dan menuju Bandar Udara Silangit dengan selamat, aman, dan nyaman. 

Comments

  1. Wah sudah ada sejak zaman penjajahan? Masih ada bagian dari bangunan aslinya tdk ya? Bandara bersejarah soalnya :D
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul udah ada dari dulu banget. Salah satu saksi sejarah. :)

      Delete
  2. Waaaah keren ya! Sejak zaman penjajahan Jepang. Saya berdoa semoga secepatnya bisa berkunjung ke bandara ini.....demi juga menikmati banyaak destinasi menawan di Tapanuli :( amin ya Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Saya juga pengen banget wisata ke Sumatera Utara. :D

      Delete
  3. Wah keren, semoga next bisa menyambangi bandara Silangit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, sekarang lebih bagus bandaranya. Aamiin

      Delete
  4. aku pernah ke danau toba jaman esempe, tapi bandaranya belum bagus begini.... alhamdulillah diperbaharuin karena turis banyak banget yg ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Teh banyak turis dan sekarang bagus bandaranya udah ada perbaikan.

      Delete
  5. Keren ya bandaranya. Semoga fasilitas dan service-nya bisa mendongkrak pariwisata di daerah sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bisa semakin memajukan pariwisatanya ya.

      Delete
  6. Kubelum pernah kesana, infonya berguna juga kalo main kesana. Thanks btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan senang hati. Makasih juga udah mampir. Hehe

      Delete
  7. wahhh pernah ke Medan yang juga sudah keren bandaranya tapi ke Tapanuli belum pernah. semoga suatu hari ... amin

    ReplyDelete
  8. Mudah2an bisa menjejakkan kaki di bandara silangit...

    ReplyDelete
  9. Info yang menarik, semoga bisa main kesana juga, tfs yaa

    ReplyDelete
  10. Wuih ada Bandara Internasional diSumatera Utara, kereen

    ReplyDelete
  11. Semoga semakin banyak ya bandara internasional di Indonesia

    ReplyDelete
  12. jauh ya dari medan.
    moga2 dikasih kesempatan buat nyicip bandara silangit ini... :D

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen ke sana.Ternyata sudah ada sejak jaman Jepang, ya. Noted.

    ReplyDelete
  14. Aku teh setengah keturunan batak. Udah lama nggak ke Medan. Terakhir kesana masih bandara Polonia. Kualanamu aja belum ngerasain, apalagi Silangit. Duh.. Kudet 😂

    ReplyDelete
  15. Kereeen ya Bandar Udara nya, fasilitasnya juga lengkap, semoga menular ke Bandara lain dan fasilitasnya terjaga juga ya

    ReplyDelete
  16. Walau jauh dari ibu kota provinsi, Sumatera Utara punya Bandar Udara yang keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang Tapanuli utara punya bandara yang keren.

      Delete
  17. Baru tau bandara ini dan kereeen ya mba..waktunya main ke sana nih :)

    ReplyDelete
  18. Ini rute alternatif ke Danau Toba dari Kuala Namu.

    Lebih cepat sampai ketimbang lewat darat yang kira-kira 4-5 jam.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM. 

Bolu Susu Lembang: Oleh-oleh Khas Bandung Juara

Pendatang Baru di Dunia Kuliner Bandung: Bolu Susu Lembang Pada saat Press Conference , Bapak Muhammad Faisal selaku Pimpinan Bolu Susu lembang (BSL) mengutarakan rasa syukur akan antusiame warga Bandung pada event launching produk BSL. Ya, Bandung memang dikenal sebagai pusat kuliner, bahkan disebut sebagai surga kuliner. Di Bandung semua ada, mulai dari kuliner klasik sampai yang unik bisa ditemukan di sini.  Perlu diketahui bahwa sebelumnya BSL sudah bekerja sama dengan pelaku UKM baik di kota maupun di Kabupaten Bandung. Ternyata latar belakangnya bukan sekadar bisnis kuliner saja, namun ingin memajukan pelaku UKM dan concern terhadap kearifan lokal. Diharapkan BSL ini bisa menarik perhatian warga Bandung, pendatang baik turis lokal maupun mancanegara. Mengapa dinamakan Bolu Susu?