Skip to main content

Resep Sayur Sop Sederhana


Masak itu selalu dihubungkan dengan pekerjaan ibu rumah tangga, memang betul seperti itu adanyaibu-ibu biasanya mau tidak mau wajib berkutat dengan dapur dan urusan masak-memasak. Bukan lagi tentang passion tapi lebih dari itu, sebagai ibu rumah tangga memasak adalah tuntutan yang harus dijalani dengan hati senang dan ikhlas. Selama saya berumah tangga, alhamdulillah suami tidak menuntut saya untuk pandai memasak, tapi tentu saja saya memberikan kemampuan maksimal untuk mengolah makanan walaupun dengan cara sederhana.

Dari berbagai jenis masakan yang sering saya buat, satu menu yang paling gampang dibuat dan murah itu adalah membuat sayur sop. Sayur sop di sini saya kadang menambahkan protein hewani seperti daging, ayam, baso, atau sosis, tapi kadang-kadang betul-betul isinya terdiri dari sayuran saja. Saya biasa beli sayur sop mentah yang sudah dikemas di tukang sayur atau di pasar, kalau di sini sering disebut sop-sopan harganya 2000 rupiah satu bungkus isinya sudah lengkap ada wortel, kol, buncis, kentang, tomat, seledri, dan daun bawang. Sekali masak saya cukup dua bungkus dan hasilnya bisa satu panci. Bumbu tambahan untuk membuat sayur sop adalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, gula putih.

Sayur sop ala saya terbilang sederhana. Saya akan bagi resep dan cara memasaknya di sini:

1. Semua sayuran dicuci bersih dan dipotong sesuai selera.
2. Siapkan air kaldu (kaldu ayam/sapi).
3. Rebus wortel terlebih dahulu sampai agak empuk, kemudian kentang, buncis, kol, dan terakhir daun bawang dan tomat. Tahapannya dari sayuran yang paling keras sampai yang mudah layu.
4. Berikan garam, merica, dan gula putih secukupnya.
5. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, setelah matang kemudian masukan kedalam sayur sop.
6. Aduk hingga semua sayuran matang pas.
7. Tuang ke dalam mangkuk saji dan berikan taburan bawang goreng diatasnya.
8. Sayur sop siap untuk disantap.



Buat saya memasak tidak harus repot, sesekali membuat masakan yang berbumbu pekat dan menggunakan teknik bisa saja untuk variasi menu, namun bagi saya untuk resep masakan rumah sehari-hari yang wajib saya memilih yang sederhana, seperti membuat sayur bening, tumis, atau yang berbumbu sederhana.


Comments

  1. Saya juga lebih senang memasak dengan bumbu sederhana, sayur dan tumis sayuran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita, teh. Simpel dan yang pasti tetep sehat. Hehehe :)

      Delete
  2. Pasti Abang Vito lahap makannya. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah selalu lahap makan sayur di rumah, bu. :*

      Delete
  3. hujan2 begini, paling enak makan yang panas2 seperti sayur sop ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba Santi, kadang digado aja enak. hehehe

      Delete
  4. Wah sayur sop.. Kesukaan iioo
    Mendadak laper jadinya ujan gini makan sayur sop enyak pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik suka sayur, io pinter. Iya enak makan sayur sop anget ujan-ujan begini. hehehe

      Delete
  5. Nih aku kalo udah masak sop udah pasti abis deh asli, hahahaha

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, saya juga kalo masak sop selalu ludes. hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.