Skip to main content

Memberikan Kenyamanan Kepada Anak yang Aktif


Anak yang aktif terkadang sering membuat orang tua kewalahan. Saya juga begitu, karena anak lelaki saya termasuk anak yang aktif dan senang bergerak. Anak terus beraktivitas seakan tidak pernah kehabisan energi. Namun, bukan berarti hal ini tidak dapat ditangani dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar anak kita bisa lebih senang dan nyaman.

Menemani anak bermain dan berolahraga
Anak-anak aktif membutuhkan sarana penyaluran energi yang tepat. Oleh sebab itu, kita sebaiknya menemani anak beraktivitas misalnya dengan berolahraga bersama. Aktivitas olahraga di luar ruangan akan membuat anak lebih bersemangat dan mampu menyalurkan energi secara maksimal. Tak hanya bermanfaat bagi anak, kita pun akan ikut sehat bila rajin menemani anak berolahraga. Saya sering bersepeda, berenang, badminton, dan bahkan menemani anak saya bermain inline skate. Ini adalah salah satu cara untuk menyalurkan energi secara positif dan sehat.

Mandi air hangat
Ternyata mandi air hangat sangat baik untuk memberikan efek relaksasi pada anak. Siapkan saja air hangat, selain itu kita juga bisa menambahkan aroma terapi agar anak merasa nyaman dan rileks. Kenyamanan akan membuat anak yang aktif ini menjadi lebih tenang dan berhenti beraktivitas untuk sejenak. Anak saya biasanya berendam air hangat untuk beberapa saat di dalam jolang besar dengan bantalan untuk menyanggah kepalanya. Berendam air hangat ini sangat membantu untuk membuat tubuhnya lebih rileks.

Menyiapkan pakaian yang nyaman
Ada jenis pakaian yang bisa membuat anak kita menjadi tidak nyaman. Kita perlu memperhatikan jenis bahannya. Karena anak aktif banyak bergerak dan ketika tidur ada kemungkinan anak akan sering berkeringat, maka pakaikanlah baju yang berbahan lembut, enak dipakai, dan bisa menyerap keringat dengan baik, khususnya untuk pakaian tidur. Terkadang saya bingung mencari baju anak yang nyaman dan murah. Tapi saat ini banyak kemudahan apalagi untuk masalah keperluan anak. Karena saya lebih senang belanja online, maka saya mencari apa yang saya perlukan di toko online. akhirnya saya mendapatkan pakaian tidur anak dari MatahariMall. Saya langsung akses link https://www.mataharimall.com/p-1465/pakaian-tidur dan mendapatkan beberapa pasang pakaian tidur yang nyaman untuk anak saya yang aktif. 

Kurangi konsumsi gula secara berlebihan
Konsumsi gula berlebihan tentu tidak baik bagi anak. Sebab anak akan cenderung semakin aktif jika terus mengonsumsi makanan atau minuman dengan gula. Batasi konsumsi camilan, minuman, dan makanan cepat saji untuk anak-anak. Saya membiasakan anak saya mengurangi gula, camilan pun saya memilih menyiapkan buah potong atau umbi / kacang rebus. Terlalu banyak mengkonsumi gula tentu tidak baik bagi kesehatan, efeknya mungkin tidak terasa saat ini namun kelak ketika anak sudah beranjak dewasa. 

Beberapa cara diatas cukup ampuh untuk menenangkan dan memberikan kenyamanan untuk anak saya yang super aktif, mudah-mudahan ulasannya bermanfaat.

Comments

  1. Woww mandi air hangat? Anakku baru mau ditraining mandi air dingin. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ratu kalo udah aktivitas seharian cape dia disuruh berendem biar badannya seger.

      Kalo mandi biasa pake air dingin. Hehehehe

      Delete
  2. Anakku juga hobiiii mandi air hangat.. selesainya memang badan relax bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sekeluarga juga pada hobi mandi air anget khususnya kalo cuaca lagi dingin. hehehe Emang nyaman dan betah berendem klo udah pake air anget, badan langsung enakan. :)

      Delete
  3. kalau kecapekan emang enak mandi aer anget ya
    tapi aku lebih sneeng air dingin males jeh masak2 --" wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba Echa nyaman mandi pake air anget, tapi kata orang tua biar kuat badannya mandi pake air dingin subuh. hihihi

      Delete
  4. Waaah, tips yang oke banget, Fathan dan Fakhira pun termasuk anak-anak yang aktif, sering sukses bikin emaknya senewen wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak sekarang luarbiasa ya, teh. Gpp aktif berarti mereka sehat dan bahagia. Pastinya emaknya harus super duper cekatan walaupun agak keder yah. hehehehe

      Delete
  5. anak pertama saya, aktif banget. Iya bener katanya kurangi yg manis2 seperti cokelat dan yg pedas2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Santi. Itu gula-gula nambah energi mereka buat bergerak tapi ga baik buat kesehatan ya. :*

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.