Skip to main content

Gangguan pada Perut

Kali ini saya ingin mengulas seputar kesehatan. Banyak jurnal kesehatan yang saya baca baik dari buku atau sumber lainnya yang saya dapat dari internet. Pengetahuan tentang kesehatan ini perlu diketahui orang banyak. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang gangguan pada perut.

Gejala gangguan perut

Banyak gejala penyakit yang kita ketahui berasal dari lambung. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi psikosomatik, penyakit sistemik umum, atau kompikasi karena penyakit lain pada organ tubuh, seperti jantung, hati, atau ginjal. Kondisi perut tidak normal termasuk ulkus dan kanker, dispepsia, gangguan pencernaan lambung, radang selaput lendir, dan yang disebabkan oleh bekas luka ulkus. 

Dari banyak gangguan pada perut kita lebih sering melihat kasus penyakit disepsia atau yang kita kenal dengan sebutan sakit maag (indigestion). Penyakit ini menimbulkan nyeri pada lambung, usus halus, bahkan kerongkongan diakibatkan beberapa kondisi. Gangguan pencernaan ini terjadi ketika proses normal pencernaan terganggu. Gejala-gejala gangguan pencernaan ini termasuk kram perut, bersendawa, mual, muntah, kembung, gas, dan mulas, terkadang pasiennya mendapati seperti terbakar di kerongkongan.

Penyebab gangguan perut

Dalam kebanyakan kasus, gangguan pencernaan biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Bisa juga akibat makan terlalu banyak dan terlalu cepat, menelan udara pada saat makan, atau tidak mengunyah makanan dengan baik. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan oleh penyakit lambung dan kantong empedu, atau  infeksi bakteri. Namun, bisa juga dapat disebabkan oleh gangguan emosional dan faktor lainnya seperti stress.

Ternyata sakit maag termasuk penyakit yang sangat umum terjadi di Indonesia. Mengutip situs Alodokter "Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 % dari jumlah tersebut adalah dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional ini adalah kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya." Ada satu artikel blog yang saya rasa sangat bermanfaat untuk disimak, ulasan ini ditulis oleh Shona Vitrilia tentang penyebab lain penyakit maag 

Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat. 

Comments

  1. Penyakit maag jika dibiarkan akan jadi kronis dan membahayakan. Telat makan jadi salah satu penyebab utamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Ga bisa dianggap sepele. Kalo kita ga cepat tangani bis berakibat fatal. Harus makan sehat dan teratur. :)

      Delete
  2. penyakit gastritis (sejenis maag) dulu sering bangeet kambuh mbak, sampai di endoskopi jugaa. . tp sekarang alhamdulilah sudah jarang kambuh lagi. :D harus bener" jaga makanan dan pola makan mbaak biar terhindar dr gangguan lambung. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jangan sampe kambuh lagi ya mba. Alhamdulillah semoga selalu sehat, yang pasti wajib jaga pola makan. :)

      Delete
  3. Saya dulu anggap sepele penyakit maag, tp sekarang udah enggak haha karena kalau udh kambuh sengsara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kalo dibiarkan bisa fatal ya teh. Jangan sampe kambuh lagi. Selalu sehat ya teh Tian.

      Delete
  4. Duluu aku ada masalah perut..tapi setelah makan teratur dan banyakin sayur ama buah, nggak lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asupan gizi sama makan teratur memang berpengaruh banget sama kesehatan perut. Biasanya dari perut bisa menyebar dan komplikasi ke semuanya.

      Sehat terus ka Dewi. :*

      Delete
  5. zaman2 saya sekolah dulu, saya sering terkena maag karena memang makannya tdk teratur. tapi skrg, karena pola mkn sdh teratur, maag gak pernah kambuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pas sekolah sempet gitu teh sering sakit perut kayaknya karna jajanan sekolah. Sekarang udah ga pernah begitu lagi. Kayaknya kalo makannya masih ga sehat dan ga teratur bisa-bisa kena maag yah.

      Sehat terus mba Santi. :*

      Delete
  6. Tertarik banget dengan backlink san kaget ternyata beberapa hal berikut bisa menjadi pemicu maag, mual, muntah dan perih di perut.

    1. Suka membantah.ngeyel
    2. Sering marah dan menolak bila dinasehati pasangan
    3. Gampang jengkel dalam keluarga
    4. Tidak suma menerima nasehat orang lain terutama dari dalam keluarga.

    Mari muhasabah diri, akui dan rendahkan hati.

    Tiada hari tanpa muhasabah diri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka Anna aku juga tertarik dengan ulasannya mba Shona. Kadang kita memikirkan jauh tentang medis, padahal masalah perut ini bisa karna psikologis. Kalo tegang aja kadang larinya suka ke perut. Hehehe

      Poin tambahannya mantap banget, ka Anna.

      Makasih ya ka... :*

      Delete
  7. Maag itu beneran ganggu si, sakitnya bukan main :3

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  8. Gangguan pada perut; bikin aktivitas tersendat :(

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.