Skip to main content

Bumbu Rempah Khas Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan rempah dan masakan tradisional khasnya memiliki cita rasa yang begitu kaya, kunci kelezatannya tentu berasal dari rahasia berbagai campuran bumbu rempahnya. Mengapa dulu Indonesia sampai dijajah bangsa kolonial? Salah satunya adalah karena bangsa Eropa menginginkan rempah-rempah Indonesia yang begitu melimpah.

Berikut adalah berbagai macam bumbu rempah khas Indonesia:
  • Rempah dari umbi semu 
Jenis rempah ini antara lain kunyit, jahe, kencur, temu mangga, temu kunci, dan lengkuas.
  • Rempah dari daun
Ada banyak jenis daun-daunan yang digunakan sebagai rempah atau bumbu masakan tambahan antara lain daun jeruk purut, daun jintan, daun kunyit, daun kemangi, dan daun ketumbar.
  • Bawang-bawangan
Sebetulnya keluarga bawang ini banyak  jenisnya, namun bawang yang sering kita gunakan seperti bawang putih. bawang merah, bawang bombay, dan lokio.
  • Rempah Kering halus dan Biji-bijian
Rempah jenis ini digunakan dalam bentuk halus dan juga berupa butiran seperti; adas, ketumbar, pala, lada, jinten, klabet, kayu manis, kayu secang, cengkeh, atau pekak.

Walaupun terdapat beragam bumbu rempah pilihan yang ada, banyak juga resep makanan indonesia mudah yang tidak memerlukan banyak rempah, hanya perlu padanan beberapa rempah yang menonjol. Bumbu rempah khas Indonesia biasanya dibuat ke dalam beberapa pilihan bumbu dasar yang telah dihaluskan. Bumbu-bumbu tersebut dikenal dengan bumbu merah, putih, kuning. dan oranye.
  • Bumbu dasar merah biasanya digunakan untuk membuat sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak dan telur balado. Bumbu dasar merah terdiri dari rempah: cabai merah, kemiri, bawang merah, bawang putih, merica putih, dan ketumbar.
  • Bumbu dasar putih ini dapat digunakan pada masakan terik daging, sayur lodeh, dan opor ayam. Bumbu dasar putih terdiri dari rempah: bawang merah, bawang putih, kemiri, merica putih, dan ketumbar.
  • Bumbu dasar kuning dapat dikembangkan menjadi acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, aneka pepes, dan ayam goreng. Bumbu dasar kuning ini terdiri dari rempah: bawang merah, bawang putih, kemiri, merica putih, dan kunyit.
  • Bumbu oranye biasanya digunakan untuk bumbu membuat gulai atau kare. Bahan bumbu dasar oranye ini terdiri dari rempah: Jintan, adas, ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, dan merica.
Untuk mempermudah dan memjadikan masak lebih praktis, saya memilih membuat bumbu dasar halus yang disimpan di toples kedap udara dan disimpan di kulkas. Jadi apabila saya perlu bumbu untuk masak saya tidak perlu repot menyiapkan, mengupas, dan menghaluskan bumbu dasar masak. Ini sangat memudahkan dan mempercepat proses memasak.

Comments

  1. Bumbu kuning favorit saya, bisa buat masak ayam, ikan maupun daging hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Mut, kesukaan anak saya juga masakan yang berabahan dasar bumbu kuning. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.