15 September 2016

Mengobati Radang Tenggorokan secara Alami


Penyakit bisa datang kapan saja tanpa diduga, ini berkaitan dengan kekebalan tubuh kita. Baik anak-anak atau dewasa sebetulnya bisa sangat rentan terhadap penyakit apabila imunitas tubuh sedang lemah. Cuaca saat ini memang sering tidak bersahabat, baru-baru ini Vito mengeluhkan sakit menelan, gejala yang terjadi pada Vito saya observasi dulu. Saya tidak selalu mengandalkan dokter untuk beberapa penyakit ringan yang menyerang seperti demam biasa, batuk, pilek, atau flu.

Sakit tenggorokan yang dialami Vito dikhawatirkan awal peradangan, namun saya langsung memberikan pertolongan pertama dengan memberikan minuman berupa larutan madu dan jeruk nipis. Ini biasanya jadi ramuan kalau saya dan keluarga terkena batuk. Alhamdulillah selalu cocok dan cukup meredakan. Mengapa jeruk nipis dan madu berkhasiat? Saya pernah ulas di sini (tentang mengobati batuk secara alami dan apa saja khasiat madu serta jeruk nipis). 

Sakit menelan biasanya dialami ketika kita akan flu atau batuk pilek, dibarengi dengan demam. Saya memperhatikan gejala yang terjadi pada Vito pada saat mengeluhkan sakit menelan, alhamdulillah tidak disertai dengan demam, tidak enak badan, sakit kepala, bau mulut, tidak ada nafsu makan, karena jika ada indikasi tersebut bisa jadi ini adalah radang tenggorokan. 

Hal-hal yang bisa menyebabkan sakit dan radang tenggorokan antara lain; makan goreng-gorengan, terlalu sering mengkonsumsi minuman yang dingin, makan makanan pedas, kurang minum air putih, kurang vitamin C. Bisa jadi Vito karena setelah beraktivitas di panas terik minum air dingin dan makan es, ditambah lagi kondisi yang kurang fit jadi sakit menelan. Saya langsung istirahatkan badannya, tidak makan yang makanan yang digoreng, minum air putih, larutan madu dan jeruk nipis, konsumsi sayur dan buah, biasanya keesokan harinya langsung sehat.

Bagaimana dengan radang tenggorokan akut? Radang tenggorokan yang parah bisa menyebabkan hilang nafsu makan, penurunan berat badan, demam, nyeri sendi, pusing, dan nafas tidak sedap. Tentu ini bukan hal sepele. Jika sudah terjadi peradangan sampai akut memang sebaiknya dibawa langsung ke dokter, bisa jadi penyebabnya bukan karena yang saya sebutkan di atas tadi tapi bisa saja karena virus atau bakteri. Tentu hal ini perlu penanganan khusus. Mengobati radang tenggorokan memang tidak sembarangan, namun jika masih tergolong ringan dan keluhannya hanya di sakit menelan dan tidak terlalu mengganggu  pengobatan alami boleh dilakukan. 

Selain madu dan jeruk nipis, banyak juga yang menyarankan minum teh jahe, berkumur larutan garam, makan pisang, dan belimbing. Memang tenyata kandungan masing-masing didalamnya memiliki khasiat yang baik untuk meredakan infeksi atau peradangan seperti pada tenggorokan.

18 comments:

  1. saya jg pernah share resep teh herbal (antibiotik alami) di blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya blogwalking ke blognya Mama Jav ah mau cari resep teh herbal. :)

      Delete
  2. Bila sudah radang tenggorokan, biasanya yang segera mengikuti adalah badan agak demam. Maka, vitamin C di antara yg segera dikonsumsi. Bagus juga dibarengi dengan habbatusauda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asupan Vit. C penting banget. Oya Saya juga dikasih tau temen kalo habbatusauda bagus pas recovery atau untuk jaga stamina. :)

      Delete
    2. Betul sekali, Mbak.

      Ohya, Mbak, mohon izin baru saja saya follow blog ini ya. Makasih...

      Delete
    3. Siap, mangga. Terima kasih mas Akhmad.

      Delete
  3. Replies
    1. Iyaaa terima kasih juga udah berkunjung ya mba Sandra. :*

      Delete
  4. Kl udah radang tenggorokan bawaannya suka pengen minum terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, aku juga gitu kalo ngga enak tenggorokan pengen minum aja. hehe :)

      Delete
  5. yang herbal alami memang sehat untuk jangka panjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nova, alami tanpa efek samping. :)

      Delete
  6. Ini radang tenggorokan juga sering banget kejadian sama aku.
    Mirip mirip amandel gak sih ?
    Aku pernah di marahin dokter karna bilang "aku sakit amandel"
    hahaa.. kata dokternya yang bener itu hanya radang tenggorokan biasa. Kadang orang kalau udah susah nelen memang ada beberapa yang Terlalu parno. Seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari beberapa jurnal yg saya baca dan konsul dengan dokter biasanya radang amandel itu terjadi pada anak-anak, usia dewasa amandelnya udah menyusut. fungsi amandel pada anak untuk mencegah infeksi, sejalan dengan perkembangan usia dan imunitas yg semakin kuat jadi amandel orang dewasa sudah menyusut.

      Kalo kita sakit pada tenggorokan ga bisa dibilang radang amandel. Hehehe Iya radang tenggorokan itu, kalo masih ringan bisa pake alami tapi untuk yg akut sebaiknya ke dokter. :)

      Delete
  7. Kalau saya malemnya udah ngerasa tenggorokan mau sakit biasanya kumur larutan garam Ama minum larutan penyegar mbak, biasanya ngga jadi batuk atau radang. Nyoain saran mbak pake madu ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba prima larutan garam juga cukup bagus kalo kita mulai sakit nelen langsung kumur-kumur. Silahkan dicoba, semoga cocok ya mba. :)

      Delete
  8. Paling sebel memang kalau udah kena radang yang satu ini.. Aku biasanya selalu minum alkaline water 😇😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jadi serba ngga nyaman kalo kena radang, ya mba. Iya bagus juga pake alkaline water. :*

      Delete