Skip to main content

Cara Mudah Membersihkan Kasur di Rumah

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting, pun bagi saya pribadi. Kebersihan di setiap sudut rumah dan furniturnya selalu saya perhatikan, tidak terkecuali kamar tidur. Walaupun kamar tidur saya tidak besar, minimal harus rapi dan bersih. Nah, berbicara tentang kebersihan kamar, tempat tidur yang nyaman tentu jadi faktor utama. Kenyamanan disini berkaitan erat dengan kasur yang bersih terawat. Saat ini sepertinya sudah jarang keluarga yang memiliki kasur kapuk, kebanyakan sudah memiliki springbed sebagai alas tidurnya.

Bagi orang tua yang masih memiliki anak kecil di rumah, seringkali springbed ini jadi sasaran empuk ompol dan tumpahan minuman si kecil. Hal ini tentu jadi masalah yang sangat serius dan secepat mungkin harus segera diatasi. Banyak yang bingung bagaimana membersihkan springbed yang terkena ompol atau noda. 

Berikut ini adalah tips sederhana untuk merawat dan mengatasi noda yang menempel pada kasur atau springbed;

  • Jika springbed Anda terkena ompol atau minuman segera keringkan dengan kain microfiber atau kain yang memiliki daya serap tinggi, tepuk-tepuk perlahan dan biarkan kain menyerap cairan di bagian tersebut. Usahakan tidak menggosok dan menekannya dengan keras karena akan membuat cairan menyerap ke dalam springbed. kemudian gunakan kain yang dibasahi dengan air dingin yang diberi larutan sabun, lalu tepuk-tepuk kembali seperti cara sebelumnya, kemudian cara tersebut diulang namun dengan kain yang hanya dibasahi dengan air dingin saja. Tidak disarankan menggunakan air hangat atau panas karena ini akan membuat air yang ada di kain meresap cepat ke permukaan springbed. Setelah itu keringkan dengan cara diangin-angin.
  • Untuk kebersihan tempat tidur Anda, gunakan juga vacum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan debu hingga lipatan springbed.
  • Jika memungkinkan jemur tempat tidur Anda sesekali agar tidak lembab dan juga terhindar dari jamur atau kutu busuk.
  • Jika Anda tinggal di ibu kota dan tidak mempunyai waktu untuk membersihkan tempat tidur di rumah, sebetulnya tidak perlu bingung dan repot karena saat ini sudah ada layanan jasa cuci springbed Jakarta yang bisa memudahkan tugas Anda. 
Kebersihan tempat tidur ini masalah serius, jika dibiarkan maka akan membuat mikro-organisme seperti tungau, debu, jamur, atau bahkan kutu bisa berkembang. Hal ini dapat menimbulkan penyakit seperti asma dan bahkan penyakit kulit. Sayangi keluarga bisa dimulai dengan menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan tempat tidurnya.


Comments

  1. Oooo, ada ya jasa cuci springbed, perlu sekali itu. Biasanya kalo saya membersihkan kasur dari debu cukup dijemur dan dipukul-pukul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada layanan cuci springbed sekarang, yang pasti dengan dengan peralatan yang canggih dan hasil yang oke.

      Dulu saya juga cukup dijemur dan dipukul-pukul aja si kasur, kalo springbed agak repot ya. hihihi

      Delete
  2. Wah tutornya berguna banget kayaknya bagi ibu saya di rumah nih. kebetulan tuh ade klo tidur masih ngompol jadi ribet deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga ulasannya bermanfaat ya. :)

      Delete
  3. Aku biasanya cuma tak jemur..itu aja berat...butuh perjuangan agar springbed bisa keluar. Biasanya ttp masih berbekas bulat gitu mb ompolnya...☺ mksh infonya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Sulis, kalo hanya dijemur biasanya berbekas langsung. Baiknya setelah terkena ompol langsung serap ompolnya pakai kain yg punya daya serap banyak dan cuci di tepuk sama aga ditekan biar ompolnya nempel ke kain. setelahnya baru dikeringkan dengan diangin atau kalo memungkinkan dijemur. Memang buruh perjuangan banget ya... hehehehe

      Terima kasih juga udah mampir. :*

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama mba Tira. Makasih dah mampir kemari. :*

      Delete
  5. Jazzakillah, teh Zia.
    Ini jadi catatan penting saya.

    ReplyDelete
  6. nah terkadang salah praktek, bukannya ditepuk ini malah digosok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan terlalu keras gosok permukaan springbed nanti bisa meresap ke dalam dan melebar. hehehe

      Delete
  7. wahhh saya terkadang jugfa salah nih dalam prakteknya.... thanks untuk infonya... bermanfaat banget nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mba. Alhamdulillah kalo bermanfaat ya. :)

      Delete
  8. Aku pernah lho mba, ngeringin bekas tumpahan air di spring bed pake hair dryer. Soalnya belum beli vacum cleaner hahahhaha >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk tumpahan air putih pake hairdryer emang cara yg paling praktis banget itu mba wuri hehehe. hehehe

      Delete
  9. wah ada ya jasa cuci springbed... di bandung ada jg ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, aku taunya di Jakarta. Belum cari info seputar Bandung jasa layanan cuci semacam ini. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.