Skip to main content

Hunian yang Cocok untuk Keluarga

Keluarga bagi saya dan tentu bagi kebanyakan orang adalah prioritas utama. Kita tentu ingin memberikan kenyamanan dan keamanan untuk keluarga. Salah satunya adalah dengan memberikan dan memilihkan tempat atau hunian keluarga yang baik untuk tinggal. Saat ini saya masih tinggal di lingkungan pemukiman biasa, bukan perumahan atau komplek. Bagi saya tinggal di lingkungan rumah yang berdekatan tanpa gerbang tinggi menjulang menjadikan kekeluargaan atara satu sama lain lebih erat, ini jadi faktor yang menguntungkan. Selama bertahun-tahun saya dan keluarga tinggal di pemukiman seperti ini tentu karena merasa aman dan betah. Walaupun tinggal berdekatan tidak ada masalah yang berarti karena lingkungan pemukiman rumah tempat kami tinggal selalu menjunjung nilai saling menghargai dan menghormati.

Dari pengalaman banyak orang, ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga tinggal di pemukiman biasa. Rumah yang berjarak terlalu dekat bagi beberapa orang membuatnya agak tidak leluasa untuk beberapa privacy, seperti jika mengadakan acara khawatir gaduh dan mengganggu orang lain, ditambah lagi jika ada hal-hal yang menyangkut keluarga begitu mudah tentangga mengetahui saking dekatnya dan eratnya kekeluargaan menjadikan orang yang tinggal di sebelahnya bisa mengetahui keadaan lingkungan keluarga bahkan sampai ke satu lingkungan. 

Perumahan
Sebetulnya di mana pun kita tinggal semua kembali lagi ke diri kita masing-masing, sejauh mana kita bisa membawa diri dan juga menjaga keluarga ke lingkungan sekitar. Saat ini banyak sekali pilihan hunian yang ditawarkan bagi keluarga, dari mulai rumah susun sederhana, apartment, perumahan murah berkualitas, hingga komplek mewah, semua ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing keluarga.

Bagi saya ada beberapa faktor untuk menentukan hunian yang cocok untuk keluarga:
  • Memilih lingkungan yang tepat untuk keluarga dalam jangka panjang tentu bagi saya lebih penting daripada menemukan rumah yang sempurna. Kenyamanan lingkungan akan memberikan kenyamanan tinggal. 
  • Air bagi saya adalah hal yang jelas penting, dari mana sumber air dan bagaimana kualitasnya adalah faktor yang tidak bisa disangkal. Air adalah bagian dari kehidupan. 
  • Tempat tinggal strategis akan mempermudah mobilisasi kita, seperti jarak ke tempat kerja, fasilitas umum, sekolah, ataupun ke pusat tempa belanja.
  • Tingkat keamanan di lingkungan pemukiman rumah harus diperhatikan juga, ini jelas akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga.
  • Yang terakhir adalah keadaan rumah itu sendiri, bagi saya bukan rumah yang besar, tapi rumah yang besih menjadi hal yang paling krusial. Kebersihan rumah berkaitan erat dengan kesehatan setiap anggota keluarga.
Mau memilih hunian yang seperti apa untuk keluarga? Semua kembali ke pilihan dan pemikiran masing-masing karena setiap keluarga memiliki faktor prioritas yang berbeda dalam menentukan tempat tinggal untuk keluarga.

Comments

  1. Faktor tetangga juga penting ya. Teringat cerita teman yang rumahnya asik banget tapi tetangganya resek abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Tria, biarpun rumahnya oke tapi lingkungan ngga nyaman, kita malah jadi ngga betah. huhuhu apalagi kejadiannya gitu, ngga enak banget mau bersosialisasi ke tetangga.

      Delete
  2. rumah terasa nyaman, juga didukung lingkungan yang nyaman juga ya mbak
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju mas Agung. Lingkungan yang nyaman buat tempat tinggal kita juga nyaman.

      Salam hangat juga

      Delete
  3. Setuju banget mba, kalau aku yang pertama dicari adalah strategis kemana-mana, transportasi memadai, aiiirrrrr harus yang jernih terus lihat bangunannya bagus atau gak kualitasnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wuri, betul banget... Setujuuu juga...

      Makasih udah berkunjung. :*

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.