Skip to main content

Menikmati Pesona Banyuwagi

Beberapa tahun silam saya pernah melakukan perjalanan darat mengekspedisi Jawa hingga lintas Bali. Perjalanan dengan bis melewati jalur pantura dan menyinggahi beberapa kota sepanjang jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga pulau Bali. Hal ini menjadi pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Indonesia memang memesona dengan berbagai keindahan alamnya, keragaman daerah dan budayanya, juga keramahan masyarakatnya. Setiap saya berada di daerah yang baru saya kunjungi untuk pertama kalinya, ada perasaan bahagia dan haru. 


Selama saya menjelajahi pulau Jawa, salah satu daerah yang paling berkesan adalah Banyuwangi, tempat terakhir yang saya singgahi sebelum saya menyebrang ke pulau Bali. Walaupun hanya sehari, tapi banyak pengalaman yang bisa didapatkan di sana. Pesona Banyuwangi memang begitu memikat, memiliki julukan The Sunrise of Java karena Banyuwangi merupakan daerah yang pertama kali terkena sinar matahari yang terbit di pulau Jawa. Ada banyak wisata air yang bisa dieksplorasi di sini, dari mulai keindahan pantai, teluk, waduk, air terjun, ada juga wista ke kawah yang begitu menarik dan eksotik, dan selain itu ada wisata taman dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Beruntung sekali bisa mengunjugi kawa Ijen yang fenomenal dan pantai Plengkung yang memiliki salah satu ombak terbaik di dunia.

Sehari menikmati pesona Banyuwangi bagi saya sangatlah kurang. Dengan berbagai ragam wisata yang ditawarkan, perlu waktu berhari-hari untuk bisa mengesplorasi keindahan alamnya dan juga berkunjung ke berbagai daerahnya untuk mengenal lebih jauh tentang masyarakat, seni, dan juga budayanya. Selama di sana, suasananya begitu hangat, orang-orangnya begitu ramah dengan pendatang, makanan yang disajikan enak dan lezat, untuk camilan khas yang saya paling suka itu adalah jenang yang bisa saya bawa sebagai oleh-oleh. Tidak perlu repot juga untuk mencari tempat bermalam. Ada banyak pilihan tempat untuk tinggal dan istirahat yang nyaman dan terjangkau. Berbagai tempat menginap dan khususnya hotel di Banyuwangi banyak menawarkan fasilitas yang memadai bahkan dengan paket wisata yang bisa memudahkan saya untuk mengeksporasi Banyuwangi, Untuk berbagai pilihan penginapan atau hotel di Banyuwangi ada di sini click here.

Setelah berkesempatan mengunjungi Banyuwangi selama satu hari, saya pun harus melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya, yaitu ke pulau Bali, pulau yang akan saya eksplorasi selama tiga hari. Saya melaju ke Pelabuhan Ketapang yang terletak di Banyuwangi bagian utara, pelabuhan ini menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Bali, saya menyebrang dengan kapal menggunakan kapal ferry.

Pengalaman perjalanan saya ini memang tidak akan terlupakan. Semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung lagi ke Banyuwangi dan juga menikmati berbagai keelokan dan keindahan alam dan budayanya yang begitu memesona.

Comments

  1. Traveling yang mengasyikkan, kapan ya saya bisa singgah kesana? rasanya nggak sabar juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru banget. Mudah-mudahan nanti bisa berkunjung ke sana juga ya pa Dian. :)

      Makasih udah mampir.

      Delete
  2. Kereeen yaa teh Banyuwangi, aku baru baca tentang Banyuwangi disini, selebihnya liat di foto-foto ig orang gitu hihi ( kepoooo )
    Yang juga menarik kebudayaan nya ya. Jadi pengen coba traveling kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget teh, aku traveling waktu belum lahir Vito. Sayang dulu dokumentasi di hp dan hpnya rusak. Keindahan Banyuwangi masih terekan di kepala. :)

      Iya teh, seru banget deh eksplor daerah-daerah di Indonesia, bener-bener kaya.

      Aamiin semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke sana ya. Hehe

      Delete
  3. Wakhh luar biasa keren liat gambarnya mbak jadi pengen k banyuwangi !

    ReplyDelete
  4. Wah seru ya Zia jalan ke Bali menyeberang dengan Feri. Aku belum pernah menempuh perjalanan via laut. Kalau malam bisa naik ke geladak dan bermain ala-ala Jack and Rose kali, ya... *lebay, abaikan*

    Baru tau kalau ternyata Banyuwangi itu adalah daerah yang pertama kali terkena sinar matahari yang terbit di pulau Jawa. Ih ka mana wae? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku milih via jalur darat, lewatin daerah-daerah sepanjang Jawa. Waktu single masih bolanger, pergi sendiri backpackeran juga jadi. Pake bisnya yang kota-kota tujuan di sekitar Jawa. Ganti-ganti bis. Hehehe Kalo sekarang mungkin milihnya pake pesawat langsung ke Bali, kasian kebayang ekspedisi Jawa Bali kalo sama anak bisa rempong, kecuali udah gedean.

      Iya teh sebetulnya selain itu banyak juga julukan Banyuwangi.

      Makasih udah mampir, teh Efi. :*

      Delete
  5. aku penasaraaan banget dengan tempat ini..cantik ya :). Pasti kalau hunting foto asyik abiiis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Indah,

      Iya mba, banyak banget yang bisa dieksplor di Banyuwangi dan pemandangannya cantik-cantik, keren untuk ditangkap sama mata lensa. Hehehe

      Mudah-mudahan bisa hunting foto ke sana yah mba kalo udah pulang ke Indonesia. :)

      Delete
  6. waah, aku prnh ke banyuwangi sekali pas kecil, dan itupun hanya krn mw nyebrang ke bali :D.. jd jujur ga inget samasekali... kayaknya hrs bikin planning traveling kesana lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny, boleh dicoba deh traveling ke sana, banyak banget ragam wisata air yang keren dan pasti manjain mata.

      Semoga bisa berkunjung lagi ke sana ya. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.