Skip to main content

Manfaat Buku Cerita Anak

Dunia anak memang selalu menyimpan hal-hal yang menarik dan menyenangkan untuk disimak. Anak memiliki imajinasi yang mengalir sesuai dengan perkembangan usianya. Seringkali anak sangat suka dengan cerita-cerita yang memenuhi khayalan mereka. Cerita yang mereka dengar bisa menjadi pembelajaran berharga yang akan terus mereka ingat.

Anak saya pun selalu senang mendengar cerita sebelum tidur. Cerita-cerita yang saya berikan biasanya saya karang sendiri dengan memilih tokoh, setting, dan alur yang sederhana namun penuh makna, salah satunya cerita fabel. Selain itu tentu saja saya sering membacakan buku cerita karya penulis-penulis Indonesia dan juga penulis dongeng anak dari luar negeri.

Rani Yulianty
Salah satu penulis buku bacaan anak yang sering saya lihat di berbagai buku cerita anak adalah Rani Yulianty, selain cerita yang ditulis mendukung pembentukan karakter anak yang mana ceritanya ringan dan cocok untuk dibaca anak-anak, ia pun menulis buku cerita tentang teladan sahabat Nabi dan buku anak Islami lainnya yang sangat baik untuk pembentukan akhlak anak.

Rani Yulianty merupakan satu dari banyak penulis cerita anak Indonesia yang saya kenal. Ratusan buku sudah ia tulis. Selain sebagai penulis buku, ia pun produktif sebagai seorang blogger dan giat monetizing blognya dengan optimal. Saat ini ia masih menulis satu sampai dua buku anak dalam setahun.

Buku memiliki banyak manfaat positif untuk anak, bisa menjadi media edukasi sekaligus hiburan. Walaupun anak saya belum lancar membaca, saya selalu membantunya dengan membacakan beragam cerita dan juga melatih kemampuan membacanya dengan buku cerita yang tentunya menarik. Jika terbiasa maka kegiatan membaca seperti ini bisa terbawa sampai ia besar nanti.

Mengapa membaca buku cerita sangat baik untuk anak? Membaca buku bisa menumbuhkan daya imajinasi dan mengasah kreativitas anak, memperkuat daya ingat, menanamkan nilai yang baik dalam cerita, membangun karakteristik anak, menambah pengetahuan serta wawasan anak, dan masih banyak lagi. Banyak manfaat buku anak yang bisa Anda temukan, dan ulasan lengkap menurut Rani Yulianty bisa Anda lihat di blog-link berikut; http://raniyulianty.com/blog/manfaat-buku-bacaan-untuk-anak/.

Jika ingin mengenal Rani Yulianty lebih dekat, silahkan berkunjung ke dua blognya yang penuh dengan informasi bermanfaat mulai dari tema keluarga sampai gaya hidup yang diulas di http://raniyulianty.com dan tentang parenting dan anak ia tuangkan tulisannya di  www.ceritaanakbunda.com. Mari kita kenali lebih jauh para penulis cerita anak Indonesia yang kiprahnya sudah tidak diragukan lagi dan juga telah berjasa dalam memberikan materi bacaan yang baik dan bernilai edukasi untuk anak-anak kita. 

Comments

  1. Wah iya Mbak Rani juga termasuk penulis cerita anak heheheh
    Keren ulasannya Mbakk 💋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ajen,

      Iya, salut sama teh Rani yang udah banyak nulis buku anak. :)

      Makasih udah mampir ya, Jen.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  2. Marwah punya buku cerita teh Rani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello teh Tian,

      Memang pas banget yah bukunya apalagi buat anak-anak kita kelas 1 sd.

      Titip peluk buat neng Marwah. Makasih udah mampir ya, teteh. :*

      Delete
  3. Keren ya Mbak Rani, kebetulan saya baru belajar utk menulis cerita utk anak2, intip blognya ah TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba April,

      Iya yah sampe udah nerbitin ratusan buku cerita anak. Saya juga bikin tapi biasanya untuk cerita ke Vito atau pas lagi ada temen-temennya. Hehehe

      Makasih udah berkunjung.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  4. alhamdhulilah anakku sudah terbiasa baca buku. dari kecil tiap mo tidur dibacain buku dlu. sekarang kmn2 pun bawa buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Muna Sungkar,

      Karna terbiasa yah, klo udah suka sendiri sama buku jadi kita ga perlu repot minta anak baca buku. Salam sayang buat anaknya mba Muna.

      Makasih sudah mampir.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  5. 100 buku cerita anak dari teh Rani,luar biasa ya teh Rani. Btw teh Zia tinggal di Bandung juga ? kpn ya bisa kopdaran? he.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo teh Tiza,

      Memang super banget nih teh Rani, nulis sampai ratuasan. Iya di Bandung, wah sekota yah kita. Hayuuu atuh kita kopdar. :*

      Japrian ya, teh. :*

      Salam,
      Zia

      Delete
  6. Waaaaaaah penulisss. Langsung bw kesana ah. Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey mba Adriana,

      Langsung meluncur aja mba, banyak inspirasi di sana. Makasih udah berkunjung kemari ya.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  7. Haaai, makasih yaaa udah ulas blog sayaa, hikss...terharu, peluuk zia, kapan2 kalau ketemu kita ngobrol kece yaaah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii Teh Rani,

      Asyik langsung dikomen sama bloggernya. Sama-sama, teh. Suka ulas tentang teteh. Iyaaa nanti kalo ketemu lagi kita ngobrol-ngobrol cantik. Hahahaha Keep in touch ya, teh. :*

      Salam hangat selalu,
      Zia

      Delete
  8. salut ya mba sama mba Rani. bisa terus produktif dan berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tri,

      Teh Rani memang bisa jadi inspirasi, mudah-mudahan semangat berkaryanya bisa tertular ya. hehehe

      Makasih udah berkunjung.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  9. selalu salut deh sama penulis, apalagi penulis buku anak anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba Ika,

      Penulis anak-anak emang hebat, dengan bahasa dan diksi yang sederhana, mereka bisa bikin tulisan yang bisa membangun imajinasi dan disukai anak.

      Makasih udah mampir ya. :)

      Delete
  10. Aihh mbak Zia, blogmu kece banget. Daun maple betebaran.
    Setujuuu, support penulis buku anak untuk bacaan anak yang lebih berkualitas.

    Salam kelompok 6

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai mba Ratu,

      Bertebaran Maple, soalnya aku suka banget autumn. Hehehehe Makasih yaaa...

      Support banget buat para penulis buku anak Indonesia.

      Makasih udah mampir. :*

      Delete
    2. Haiiii mba Ratu,

      Bertabur daun maple, soalnya aku suka banget sama autumn.

      Yup, kita support para pernulis buku anak khususnya di Indonesia. Mudah-mudahan bacaan anak bernilai edukasi dan punya kualitas yang baik.

      Makasih udah mampir yaaa. Salam kelompok enam juga. Hehehehe

      Delete
  11. Beruntung anak-anak zaman sekarang ya, Mba. Banyak buku anak menarik secara bahasa, ilustrasi, dan moral message. Mau buku dengan tokoh manusia, hewan, dll semua ada. Beda dengan zaman ku dulu, buku anak kayaknya kebanyakan Cerita Rakyat. Kalau yg bagusan, harganya mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mami Ubi & Aiden...

      Zaman aku dulu paling majalah Bobo, itu udah lengkap semua ada mulai dari hiburan, edukasi, dan cerita atau dongeng. Hehehe.
      Memang beruntung anak-anak kita ya, pilihan bukunya beragam dan banyak yang menarik.

      Makasih udah mampir ya, Mba. :)

      XOXO

      Delete
  12. Kalo dulu sih widya bacaannya majalah bobo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Widya,

      Samaan kita. Dulu juga bacaanku juga itu. Hehehe
      Makasih udah mampir yaaa... :*

      Delete
  13. Bukunya memang berjibuuun yaaa :).. Aku mau baca juga aaah buku anak karya mba Rani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebayang banget udah ratusan buku yang ditulis. Saya juga mau nambahin koleksi buku anak dari teh Rani buat Vito.

      Hehehe

      Warm regards mba Indah:*

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.