Skip to main content

Berkebun, yuk!

Berkebun merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Untuk para ibu jangan takut buah hatinya bermain kotor-kotoran, ya! Nanti kan bisa kita cuci bersih pakai sabun. Bagi anak-anak berkebun merupakan pembelajaran yang seru, karna mereka bisa mengeksplor semua hal yang ada di sekelilingnya.  

Menanam di pot
Vito suka sekali bermain di kebun sebelah rumah, kebun sekolah yang kebetulan diurus oleh tetangga, Vito selalu diizinkan bermain di sana, ikut menanam, bahkan bersih-bersih kebun. Hampir setiap pagi kalau libur sekolah, Vito selalu minta ditemani ke sana. Untuknya bermain di kebun itu sudah lebih dari cukup. Vito itu termasuk anak yang aktif dan ingin tahu banyak hal, energinya selalu diarahkan ke hal-hal yang positif termasuk berkebun salah satunya.


Memanen sayur sosin
Vito belajar bagaimana bagaimana cara berkebun, dari mulai menyiapkan tanah, membuat pupuk kandang, menanam benih, sampai memanen hasil tanamannya. Hal semacam ini baik bagi si kecil. Anak-anak bisa langsung terjun dan praktik langsung, dibandingkan hanya dengan menyampaikan teori, tentu dengan langsung mempraktikan akan memberikan pemahaman lebih untuk anak-anak. Kita hanya perlu sabar dan terus membimbing si kecil, karna akan banyak pertanyaan seru yang mereka utarakan.


Di sini ada kolam ikan juga,
Vito belajar mancing ikan.

Berkebun memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Mereka bisa langsung bersentuhan dengan alam, belajar bagaimana cara menanam, mengenal jenis-jenis tumbuhan, mengajarkan anak bagaimana memperlakukan tanaman (dengan cara merawatnya), dan melatih kesabarannya. Berkebun sejak dini itu memberikan dampak yang baik bagi perkembangan si kecil. Jangan sungkan mengajak si kecil bermain-main dengan tanah ya. Selamat berkebun. :)



Comments

  1. Subhanallah... mas Vito telaten banget ya. Anak saya nggak telatenan. Semangat diawal aja. Beberapa hari kemudian wis lupa nggak diurus. Sama kayak ibunya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mak, ini karna dibantu sama bapak tukang kebun yang penyabar dan baik hati. Vito juga mood nya naik turun sama kayak anak2 lainnya (sama kayak saya juga) hehe. Makannya kalo lagi semangat, saya juga ga boleh kalah semangat, mak.

      Makasih udah mampir ya mak Ika :)

      Delete
  2. wah....asyiknya bisa berkebun dengan berbagai media tanam... Apalagi bisa menanamkan kepada ananda untuk belajar tentang alam... semangat ya Vito...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, berkebun memang menyenangkan. Terima kasih semangatnya ya...

      Peluk hangat dari Vito,

      Delete
  3. aduh pingin bisa berkebun tapi sekarang paling susah kalau harus lama jongkok lama, pegel!!!!, tapi memang manfaat berkebun salah satunya menghilangkan stres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkebunnya yang simpel2 aja mak biar ga terlalu lama jongkok. klo anak2 pegel jongkok mereka asik2 aja duduk2 sambil ngaduk tanah. hehehe... betul mak, bisa ngilangin stress apalagi di kebun ada kolam yang ada air mancurnya, suara air kayak gitu bisa bkin rileks juga :)

      Salam hangat,
      Zia

      Delete
  4. waah ternyata berkebun itu seru ya mbak,jadi pengen bisa berkebun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, berkebun memang seru, menyenangkan, dan ga ada batas usia mau tua atau muda hehe...

      Coba berkebun dr rumah, ga usah ada lahan besar cukup dengan media pot aja :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.