Skip to main content

MAKNA BERMAIN BAGI SI KECIL

 
Bermain sepeda


Apakah yang paling disenangi anak-anak? Jawabannya, pasti si kecil paling gemar main! Ya, bermain memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak. Jika orang dewasa menghabiskan waktu mereka untuk berprestasi dan mencapai satu tujuan dalam bentuk BEKERJA, maka dalam hal ini anak-anak menghabiskan waktu dan mengekspresikan diri mereka dengan BERMAIN.

Pada fase kehidupan, masa kanak-kanak merupakan periode yang sangat menarik, menyenangkan, dan menantang. Bagi anak-anak, setiap pengalaman baru adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Nah! Ini merupakan waktu yang paling kritis untuk membangun dasar-dasar fisik, mental, dan emosional yang akan mendukung mereka kelak menjelang dewasa.


Permainan tradisional Jawa Barat - Indonesia
'Oray-orayan'.
Pertumbuhan anak-anak dipandu oleh nilai-nilai dan tujuan yang bersentuhan langsung dengan mereka. Kegiatan bermain mampu menstimulasi motorik dan sensorik si kecil, terutama permainan yang dilakukan di luar ruangan seperti bermain sepeda, beberapa permainan tradisional daerah Indonesia, atau permainan yang memiliki interaksi langsung dengan alam seperti bermain air, pasir, tanah/lumpur. Untuk para orang tua, jangan takut anak bermain kotor di luar, ya! Berani kotor itu baik...

Arti dan nilai bermain bagi si kecil, diantaranya;
  • Permainan merupakan sarana penting untuk anak agar dapat berinteraksi dan bersosialisasi baik dengan lingkungan maupun sosialnya.
  • Melalui permainan, anak dapat mengukur kemampuan dan potensi yang ada dalam dirinya, seperti menguasai berbagai macam benda, memahami sifat-sifatnya, dan juga peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
  • Anak akan memiliki fantasi serta kecenderungannya dalam bermain.
  • Pada saat bermain, anak akan merasakan berbagai emosi seperti senang, puas, gembira, dan belajar memahami emosi kecewa ketika kalah atau gagal dalam permainanya.
  • Bermain juga merupakan sarana pendidikan yang menarik dan menyenangkan untuk anak.
  • Permainan memberikan kesempatan untuk anak mengenal berbagai macam aturan, bagaimana bermain jujur, loyal, sportif, dan mengikuti aturan main. Hal ini baik bagi perkembangannya psikisnya kelak.


Bagi anak-anak, bermain itu sangat penting. Kita sebagai orang tua, wajib ikut mendampingi dan membimbing si kecil ketika bermain. Jika anak-anak ingin sekali bermain permainan yang mereka suka dan dipilih sendiri, secara otomatis kita akan sulit untuk menahan dan bahkan mengusik ketika mereka tengah asyik bermain. Karena mengingat pentingnya permainan bagi mereka, maka langkah-langkah yang harus diambil para orang tua adalah sebagai berikut;
  • Jangan sesekali menggangu anak yang sedang seru bermain, jika memang terpaksa, rayulah sedikit demi sedikit.
  • Ini yang harus dicamkan, bermain itu bukan karena mahalnya alat permaian, tapi memberikan waktu yang cukup untuk anak bermain. Karena kemajuan teknologi, orang tua bisa mengimbangi anak antara bermain di rumah seperti main gadget dan juga bermain di luar seperti outbond atau permainan sehari-hari lainnya.
  • Berikan anak ruang bermain yang luas, khususnya untuk anak-anak yang tinggal di kota besar yang sulit menemukan alam bebas untuk bermain, ajaklah sewaktu-waktu berinteraksi dengan alam.
  • Berikan kesempatan bermain yang kreatif seperti bermain pasir, lilin(malam), kertas lipat, cat air, atau media belajar menyenangkan lainnya. Permainan sejenis ini dapat membentuk anak dalam menghayati dan melahirkan rasa bangga akan hasil karya sendiri.

Keceriaan bersama teman-teman


Kids Today Project membuka mata kita untuk melihat dunia dari kaca mata anak-anak, menunjukkan cara pandang atas dunia kanak-kanak. Proyek Rinso Anak Masa Kini merupakan bentuk kepedulian terhadap nasib anak-anak saat ini. Perbedaan yang signifikan dialami anak-anak jaman sekarang, segala perubahan dan cara pandang mereka sangat jelas terlihat. Bermain dan belajar tidak seperti dulu, tuntutan demi tuntutan seperti sebuah kewajiban yang begitu membebani. Mungkin sebagian dari kita lupa, bahwa dunia anak adalah dunia bermain yang menyenangkan. Permainan akan memunculkan unsur kegembiraan. Hal ini yang akan menjadi kenangan manis bagi anak-anak seiring mereka belajar, bertumbuh, dan berkembang. Wajah 'bermain' anak-anak merupakan hal yang tak bisa dinilai dengan materi, namun hati. 
 


 Inilah Wajah 'Bermain' Anak-anak



 ***


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog #KidsToday Project yang diadakan oleh Rinso Indonesia. Info mengenai kompetisi ini diperoleh dari Mommies Daily.


Comments

  1. setuju mak..yuk kita kembalikan si kecil ke fitrahnya menjadi anak2 yg bebas..bermain menikmati indahnya usia anak2 mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, dunia anak adalah dunia bermain, bukan tuntutan profesionalitas atau paksaan, juga bukan menjadi seseorang yang orang tua ingini. Kita harus mendukung dan mengarahkan... Jangan sampe si kecil kehilangan masa bermainnya :)

      Makasaih udah mampir ya mak.

      Salam hangat

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.