Skip to main content

Tips Agar Belajar Semakin Menyenangkan

Aplikasi Anak Cerdas


Apakah Anda mengalami kesulitan menghadapi anak yang susah belajar? Ya, anak zaman sekarang memang lebih tertarik untuk bermain game dan internet daripada membaca buku. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini kebanyakan para orang tua sudah memfasilitasi anak-anak mereka dengan berbagai macam gadget canggih baik itu mobilephone, smartphone, atau tablet. Hal ini jelas membuat anak-anak menjadi candu. Nah! Disinilah peran dan tanggung jawab orang tua diperlukan.

Jika dibandingkan pada saat teknologi informasi belum berkembang pesat, anak-anak biasanya cukup belajar dengan buku dan pena/pensil. Namun, karena  perkembangan zaman, tentu cara belajar yang modern akan lebih diminati, bukan begitu?

Saya seorang ibu dengan satu anak dan juga berprofesi sebagai guru privat bahasa Inggris. Saya ingin berbagi tips fun learning kepada para orang tua atau guru agar anak tidak jenuh ketika belajar. Berikut adalah beberapa tips agar ketika anak belajar tidak merasa bosan:
  • Buat suasana belajar menyenangkan, misalnya sesekali mengajak anak belajar di taman atau di ruang terbuka.
  • Hindari belajar seperti mendikte, selalu libatkan anak ke dalam proses kegiatan belajar mengajar.
  • Bangun komunikasi dengan anak secara baik
  • Ajak anak untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi seperti gadget.
Poin yang terakhir salah satunya bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi semaksimal mungkin dengan menggunakan perangkat seperti smartphone atau tablet yang Anda miliki. Dengan basis sistem operasi Android pada gadget Anda, saya sangat menyarankan untuk mengunduh dan meng-install salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar anak yang tentunya akan sangat menarik untuk dicoba. Aplikasi belajar ini dikenal dengan nama Aplikasi Anak Cerdas. Aplikasi ini memiliki fitur berbasis fun learning yang lengkap.

Aplikasi Anak Cerdas
di Smartphone milik saya
Sekadar berbagi pengalaman, saya memiliki seorang anak berusia 5 tahun, Vito namanya. Saat ini ia begitu gemar bermain dengan smartphone/tablet-nya. Agak sulit memang menjauhkan ia dari hal-hal semacam gadget, namun tidak selamanya gadget berdampak buruk lho. Saya memberikan waktu khusus untuk Vito bermain sambil belajar dengan gadget-nya. Aplikasi Anak Cerdas tentu salah satu media belajar favorit Vito saat ini karena aplikasi ini sungguh menyenangkan dan sangat membantunya mengenal pelajaran dasar, ini tentu akan memudahkan ketika ia memasuki sekolah dasar untuk bekal belajar nanti. Karena Vito masih berusia 5 tahun, jadi ia masih saya bimbing dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari soal-soal latihan yang ada di fitur 'Latihan yuk!'.

Saya mengajar privat bahasa Inggris, salah satu murid saya bernama Rassel, ia duduk di bangku kelas 2 SD. Kebiasaan Rassel yang tidak bisa disangkal, ia selalu membawa tablet-nya pada saat belajar. Hal ini memberikan saya ide "Kenapa tidak belajar di tablet?". Saya mencoba untuk membangkitkan semangat belajarnya dengan tidak melarang ia mengotak-atik tablet-nya. Karena antusias Rassel dengan gadget sangat tinggi, maka saya menggunakan Aplikasi Anak Cerdas sebagai media belajar dalam memberikan latihan-latihan soal yang sesuai dengan tingkatannya. Rassel sangat senang mengerjakan latihan soal yang ada di Aplikasi Anak Cerdas karena soal-soalnya bervariasi; ada pilihan ganda, menjodohkan, dan menjawab soal berdasarkan teks.

Hasil Rassel menjawab latihan soal B.Inggris
(Nilainya lumayan memuaskan)
Aplikasi Anak Cerdas ini sangat disarankan bagi Anda yang memiliki anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Aplikasi ini dapat membantu mereka dalam menguasai materi pelajaran yang ada di sekolah yang tentu sesuai dengan tingkatnya. Selain itu, orang tua dan guru juga dapat mengontrol hasil penguasaan dan perkembangan belajar anak secara langsung.

Beberapa kelebihan yang diberikan Aplikasi Anak Cerdas:
  1. Aplikasi Anak Cerdas dari Acer ini memberikan pengalaman baru (inovasi belajar anak) yang seru dan menyenangkan. 
  2. Zona Anak yang ada di aplikasi ini memberikan keamanan dan kenyamanan ketika anak bermain dengan gadget-nya.Orang tua tentu tidak perlu merasa was-was.
  3. Fitur 'Latihan Yuk!' memberikan latihan soal  yang sesuai dengan kurikulum yang ada di sekolah nasional. Soal-soal latihan disajikan secara menarik dengan adanya tingkatan dan hasil latihan bisa dikumpulkan dan diperiksa.  
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunduh dan meng-install Aplikasi Anak Cerdas di gadget dengan sistem operasi Android . Info selengkapnya bisa juga diakses melalui web Acer. Selamat mencoba ya...


 ***

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog Aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia.


Comments

  1. Keren tipsnya Mak. Makasih ya untuk tipsnya agar belajar semakin menyenangkan. Aplikasi Anak Cerdas memang sangat membantu ya Mak. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir dan meninggalkan jejaknya ya, Mak. Iya setuju, anak-anak jadi lebih semangat belajarnya.

      Salam hangat :)

      Delete
  2. setuju mak, memang anak-anak itu lebih suka mainan daripada belajar. pengen ikutan juga blm dapat2 idenya hehe.. semoga sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, orang tua sekarang dituntut untuk mengikuti zaman. Apalagi masalah perkembangan teknologi, musti bisa mengimbangi anak dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Anak-anak lebih suka main game, kita musti pinter2 gimana cara mereka biar bisa belajar sambil main.
      Semangat mak... Ide ada disekeliling kita. Semoga cepet dapat inspirasi yaaaa. Makasih dan sukses juga ya, mak.

      Salam hangat

      Delete
  3. mantap mak aku dah dowload aplikasinya tapi belum sempat nulis....sukses ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk! Mak nyusul postingnya. Masih ada waktu kok. :)
      Makasih ya mak sudah mampir. Sukses jugaaa...

      Salam hangat selalu

      Delete
  4. sip sip
    tipsnya akan aku coba mbak
    makasih banyak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silahkan dicoba, semoga bermanfaat yaaa...
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Salam hangat :)

      Delete
  5. Hehehe...baru tau sekarang, apa yang harus diceritakan pada lomba blog ini.... Semoga sukses ya,Mbak....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspirasi bisa dari hal-hal yang ada di sekeliling kita, makasih ya. Sukses juga.

      Salam hangat :)

      Delete
  6. wah mbak bisa jadi inspirasi buat guru kedepanya ni :D
    keren pengalamanya, agak langka didunia walau dewasa ini sudah modern-modern gaya hidup orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Kevin. Ya ini sekdar share pengalaman. Betul kita harus mengikuti perkembangan teknologi, jangan mau kalah sama teknologi, kan buatan manusia juga... hehe :)

      Salam hangat...

      Delete
  7. Bener nie Mbak. Seharusnya teknologi bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam mewujudkan proses belajar yang lebih menyenangkan dengan mengikuti perkembangan zaman. Tapi hal tersebut masih kurang maksimal karena kondisi anak dan sekolah yang berbeda-beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, sekarang ini untuk menerapkan belajar dengan memanfaatkan teknologi baru bisa diaplikasikan kepada anak2 yang memang tertarik terhadap gadget, tidak bisa menjadi semacam kurikulum belajar umum di kelas. hehe Yap! Kendalanya setiap anak dan sekolah memiliki kondisi yang tidak sama. Pengalaman saya seperti yang disebutkan diatas, pemanfaatan teknologi Android ini baru bisa saya aplikasikan ketika saya mengajar private. :)

      Terima kasih sudah mampir ya,

      Salam hangat.

      Delete
  8. setuju mak, bnyk kelebihannya ya aplikasi anak cerdas ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak apalagi sekarang fitur2nya udah nambah lagi :)

      Makasih udah mampir yaaa

      Salam hangat :)

      Delete
  9. Karena anak-anak memang butuh bermain, jadi buat jiwanya senyaman mungkin saat ingin menyelipkan pelajaran, keren mbak :))

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, belajar sambil bermain itu cara yang paling efektif untuk anak-anak terutama usia dini.

      Delete
  10. Terimakasih mbak, info yang sangat membantu untuk proses belajar mengajar. Belajar sambil bermain sangat menyenangkan bagi anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mba. :)

      Terima kasih juga sudah berkunjung...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.