Skip to main content

Pengaruh Orang Tua dan Lingkungan Terhadap Tingkah Laku Anak

Keluarga menentukan pembentukan kepribadian serta watak anak, karena keluarga adalah unit sosial terkecil sebagai pondasi primer bagi perkembangan anak. Selanjutnya, lingkungan sekitar dan sekolah pun ikut serta menentukan serta memberikan pengaruh pada proses pertumbuhan anak.

Kenakalan anak bukan termasuk peristiwa heriditer (bawaan lahir). Orang tua dan lingkungan memberikan  pengaruh yang menular dan infeksius terhadap karakteristik anak. Tempramen orang tua, sifatnya yang meledak-ledak disertai tidakan yang sewenang-wenang itu bukan hanya akan mentransformasikan defect temprament, tetapi juga dapat menimbulkan iklim demoralisasi psikis pada anak. Hal tersebut dapat merangsang reaksi emosionil yang sangat impulsif pada anak.

Orang tua dan lingkungan memberikan pengaruh yang signifikan bagi kelangsungan hidup anak. Jangan salahkan anak ketika ia menjadi lepas kendali, tidak bisa diatur, atau melakukan hal yang tidak baik. Orang tua dituntut harus bisa menanggulangi dengan cara yang sebaik-baiknya. Penerapan perilaku positif bisa dipupuk sedini mungkin, karena pembentukan sifat, sikap, serta karakter anak terbentuk dari rumah dan sedari anak masih kecil.


Comments

  1. meskipun sudah tahu tentang hal ini, yang masih sulit bagiku adalah menerapkannya... masih terus belajar nih...

    terima kasih kunjungannya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih terus belajar dan berusaha untuk bisa jadi orang tua yang baik.

      Terima kasih juga ya mak sudah mampir dimari... :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.