Skip to main content

Pendidikan Keniagaan

Bisnis adalah kegiatan memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Abraham Maslow mengembangkan teori motivasi yang menjelaskan proses dimana suatu kemajuan individu terdiri atas; kebutuhan dasar (seperti makanan, pakaian, seks, dan tempat tinggal), kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan tertinggi dari apa yang ia sebut adalah aktualisasi diri. Bisnis yang didirikan untuk melayani kebutuhan konsumen.

Usaha mengacu pada sebuah organisasi yang menyediakan barang-barang dan jasa. Kebanyakan bisnis dibangun untuk mendapatkan keuntungan. Mereka bertujuan untuk mencapai pendapatan yang melebihi biaya operasi bisnis. Namun, beberapa perusahaan hanya berusaha cukup untuk sampai menutupi biaya operasi mereka. Biasa disebut organisasi nirlaba, organisasi-organisasi ini terutama penyedia layanan non-pemerintah. Contoh bisnis nirlaba seperti lembaga pelayanan sosial, yayasan, kelompok advokasi, dan beberapa rumah sakit.

Pendidikan tentang bisnis merupakan hal penting.
Ini adalah bidang pelatihan dalam praktek bisnis dan keterampilan khusus. Perguruan tinggi khas administrasi bisnis menawarkan konsentrasi di akuntansi, pemasaran keuangan,, manufaktur, sistem informasi manajemen, manajemen operasi, dan bisnis internasional. Banyak sekolah bisnis sekarang menawarkan pendidikan di daerah yang tidak biasanya digolongkan sebagai bisnis, seperti administrasi pemerintah atau publik dan manajemen kelembagaan.

Tujuan dari pendidikan bisnis adalah untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuan bisnis yang didirikan untuk melayani kebutuhan konsumen. Orang-orang yang menciptakan bisnis mungkin melihat kesempatan untuk menghasilkan produk atau jasa. Dengan menyediakan produk yang diinginkan oleh pelanggan, mereka mungkin dapat membuat keuntungan bagi bisnis mereka.

Berbagai operasi bisnis yang dijalankan terutama oleh perusahaan besar, agar bisnis berjalan efisien dan efektif. Divisi operasi bisnis umum meliputi:
1. Produksi
Produksi meliputi kegiatan-kegiatan yang terlibat dalam pembuatan konsep, merancang, dan menciptakan produk dan jasa.
2. Pemasaran
Pemasaran adalah proses mengidentifikasi barang dan jasa yang konsumen butuhkan dan inginkan dan menyediakan barang dan jasa dengan harga yang tepat, tempat, dan waktu.
3. Keuangan
Keuangan melibatkan pengelolaan uang.
4. Manajemen sumber daya manusia
Bisnis mengandalkan manajemen sumber daya manusia yang efektif (SDM) untuk memastikan bahwa mereka mempekerjakan dan mempertahankan karyawan yang baik, dan bahwa mereka mampu untuk menanggapi konflik antara pekerja dan manajemen.

Jenis-jenis utama dari keputusan bisnis;
• Manajemen 
Keputusan manajemen menentukan bagaimana sumber daya perusahaan dialokasikan. Hal ini menentukan produk yang akan dijual, bersama dengan rencana pemasaran (harga, distribusi, dan promosi)
• Keuangan 
Keputusan keuangan menentukan bagaimana perusahaan memperoleh dan menginvestasikan dana. Keputusan bisnis ditingkatkan sebagai akibat dari sistem akuntansi dan informasi.
• Akuntansi 
Keputusan Akuntansi digunakan untuk memantau kinerja dan mendeteksi penggunaan efisien sumber daya dalam rangka meningkatkan keputusan bisnis.

Dalam bisnis, istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknik dan keahlian organisasi yang efisien;
- Perencanaan
Perencanaan memiliki tiga aspek utama. Salah satunya adalah pembentukan kebijakan dasar yang luas terhadap produksi; penjualan, pembelian peralatan, bahan, dan perlengkapan; dan akuntansi. Aspek kedua berhubungan dengan implementasi dari kebijakan-kebijakan oleh departemen. Yang ketiga berkaitan dengan pembentukan standar kerja di semua departemen.
- Arah
Arah terutama berkaitan dengan pengawasan dan bimbingan oleh eksekutif yang berwenang, dalam hubungan ini perbedaan umumnya dibuat antara manajemen puncak, yang pada dasarnya administrasi di alam, dan manajemen operasi, yang berkaitan dengan eksekusi langsung dari kebijakan.
- Pengendalian operasi bisnis
Kontrol melibatkan penggunaan catatan dan laporan untuk membandingkan kinerja dengan standar yang ditetapkan untuk bekerja.
Alat utama untuk mengkomunikasikan informasi dalam bisnis termasuk e-mail, memo, surat, laporan, panggilan telepon, rapat, dan percakapan.

Memulai bisnis:
1. Menciptakan produk atau jasa yang diinginkan pasar
2. Persiapan untuk kondisi buruk
3. Memanfaatkan peluang baru
4. Menjamin kepuasan pelanggan
5. Pastikan kepuasan karyawan
6. Promosi

Saat ini, telah diperkenalkan metode baru dalam pendidikan bisnis yaitu perdagangan elektronik atau e-commerce. Ini adalah pertukaran barang dan jasa melalui internet atau jaringan komputer lainnya. E-commerce berikut prinsip-prinsip dasar yang sama seperti perdagangan tradisional. Para pembeli dan penjual berkumpul untuk bertukar barang untuk uang.

Comments

  1. Salam kenal Buk :)
    Salam blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo pa Zul,

      Salam kenal juga. Makasih sudah berkunjung.

      Salam hangat,
      Zia

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.