Skip to main content

Dasar-dasar Pembelajaran pada Anak

MOTIVASI

Belajar biasanya paling efisien dan cepat ketika seseorang termotivasi. Studi perilaku hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa salah satu cara efektif untuk mempertahankan motivasi adalah untuk memberikan respon yang baik dan benar. Namun, penelitian lain telah menunjukkan bahwa tingkatan motivasi yang tinggi tidak lah ideal. Para psikolog percaya tingkat menengah motivasi yang terbaik adalah keinginan untuk belajar banyak. Jika tingkat seseorang motivasi terlalu rendah, ia dapat menyerah dengan cepat. Pada ekstrem yang lain, tingkat yang sangat tinggi motivasi dapat menyebabkan stres dan gangguan seperti tidak bisa fokus pada tugas.
PENGALAMAN

Seberapa baik orang melakukan tugasnya mungkin sangat tergantung pada pengalaman sebelumnya dengan tugas-tugas serupa. Sama seperti respon untuk mentransfer satu stimulusmelalui proses generalisasi. Orang dapat belajar perilaku baru lebih cepat jika perilaku tersebut adalah sama dengan yang mereka dapati. Fenomena ini disebut transfer positif. Seseorang yang telah belajar mengemudi satu mobil, misalnya, akan dapat mengendarai mobil lain, meskipun rasa dan penanganan mobil akan berbeda. Dalam kasus transfer negatif tertentu, pengalaman seseorang pun dapat mengganggu proses pembelajaran sesuatu yang baru.

INTELIJEN

Psikolog telah lama mengetahui bahwa manusia itu berbeda secara individual dalam tingkat kecerdasan dalam kemampuan mereka untuk belajar dan memahami. Para ilmuwan telah terlibat dalam perdebatan panas mengenai definisi dan sifat intelijen. Pada 1980 Amerika psikolog Howard Gardner mengusulkan bahwa ada bentuk-bentuk yang berbeda dari intelijen, termasuk linguistik, kecerdasan logis-matematis, musik, dan interpersonal. Seseorang dengan mudah dapat belajar keterampilan dalam beberapa kategori tetapi mengalami kesulitan belajar pada orang lain.

GANGUAN PERKEMBANGAN BELAJAR

Berbagai gangguan dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mempelajari keterampilan baru dan perilaku. Gangguan perkembangan belajar biasanya pertama muncul di masa kecil dan sering bertahan sampai dewasa. Anak-anak dengan attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) mungkin tidak dapat duduk diam cukup lama untuk fokus pada tugas-tugas tertentu. Anak autis biasanya memiliki kesulitan berbicara, pemahaman bahasa, dan berinteraksi dengan orang. Orang-orang dengan keterbelakangan mental, ditandai terutama oleh kecerdasan yang sangat rendah, mungkin mengalami kesulitan tugas menguasai hidup dasar dan keterampilan akademik. Anak-anak dengan gangguan perkembangan belajar harus menerima pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan individu dan kemampuan mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.