Skip to main content

Seputar ASI dan Menyusui



Aktivitas menyusui merupakan proses pemberian susu sebagai makanan utama bayi baru lahir langsung dari payudara. Diketahui bahwa ASI (air susu ibu) mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi, serta memiliki zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan membantu bayi melawan berbagai macam infeksi.

Sedikit flashback, jadi pertama kali saya menyusui itu pada 2009, tentunya tepat setelah anak saya lahir. Dikarenakan minimnya pengetahuan tentang ASI, pada saat itu saya merasa tidak maksimal dan rasanya terlalu cepat menyerah. ASI yang saya produksi sangat sedikit. Merasa tidak sabar dengan kuantitas susu yang sedikit, akhirnya saya memberikan anak saya asupan tambahan dengan susu formula. 

Semakin lama saya semakin belajar bahwa saya hanya butuh waktu, usaha, dan kesabaran sedikit lagi sampai pada akhirnya ASI pun melimpah, namun bayi saya tidak mau menyusu langsung. Di sini saya sangat sedih, karena stress maka ASI pun seperti mampet lagi. 

Jujur, penyesalan memang ada di akhir. Namun, saya bertekad apabila saya diberikan lagi kesempatan dan diamanahi untuk hamil dan melahirkan, saya akan memberikan hak ASI secara penuh kepada bayi saya.

Banyak buku dan sumber yang saya baca tentang ASI dan menyusui. Berikut saya akan coba share beberapa ilmu tentang menyusi yang sudah saya dapat. 

Siklus Menyusui 

Perubahan hormon dalam tubuh wanita selama kehamilan secara otomatis mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI. Setelah lahir, bayi mengisap payudara ibu, saraf-saraf di areola (bagian berwarna di sekitar puting payudara) merangsang kelenjar hipofisis, yang terletak di dasar otak, untuk melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin. Prolaktin membuat lobulus, atau sel-sel penghasil susu. Oksitosin menyebabkan otot-otot halus yang mengelilingi lobulus memeras susu ke dalam sistem duktus payudara, respon ini dikenal sebagai let-down atau pengeluaran susu. Sistem duktus membawa susu ke puting dimana bayi menyusu.

Untuk tiga sampai empat hari setelah kelahiran bayi, susu yang dihasilkan merupakan kolostrum, cairan berwarna kekuningan yang kaya akan protein, antibodi, dan agen pelawan infeksi lain. Dalam waktu sekitar dua minggu dari kelahiran bayi, susu awal diganti dengan ASI putih kebiruan. Ibu dari seorang bayi prematur tenyata memproduksi air susu tinggi protein dan garam konsentrasi yang memenuhi kebutuhan khusus bayinya.

Selama beberapa hari setelah bayi baru lahir biasanya bayi menyusu 8 sampai 12 kali atau lebih dalam 24 jam. Dengan sering menyusui, hal ini merangsang sistem hormonal ibu untuk meningkatkan produksi susu. Dokter menyarankan ibu untuk menyusui bayinya pada permintaan bukan oleh jadwal jam. Praktek ini tidak hanya memastikan bahwa bayi menerima nutrisi yang tepat, tetapi juga bahwa pasokan susu ibu dipertahankan. Dokter juga menyarankan bahwa sesi menyusui dimulai dan berlanjut pada satu payudara sampai bayi spontan berhenti menyusu; maka ibu harus menawarkan payudara lainnya, membiarkan bayi menyusu sampai benar-benar puas. Dengan tidak menghentikan penyusuan bayi mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat.

Beberapa dokter anak merekomendasikan bahwa bayi harus disusui selama tahun pertama kehidupan dan lanjut hingga tahun kedua. Selama enam bulan pertama kehidupan, bayi sehat tidak membutuhkan makanan atau cairan selain ASI. Setelah usia itu, ASI harus semakin dilengkapi dengan makanan padat dan cairan lainnya.

Penyapihan bayi dari ASI ke makanan lain harus dilanjutkan secara bertahap. Setelah bayi besar, ASI yang diproduksi lebih sedikit. penyapihan mendadak harus dihindari karena kedua ibu dan anak perlu waktu untuk penyesuaian psikologis. Ibu perlu mengurangi produksi susu secara bertahap dan bayi perlu belajar untuk mencerna makanan jenis lain.

Manfaat menyusui

Mungkin keuntungan yang paling penting diketahui bahwa ASI memberikan bayi dengan perlindungan yang signifikan terhadap penyakit kronis seperti alergi, asma, penyakit menular termasuk meningitis, diare, infeksi telinga, dan pneumonia. Komponen kekebalan tubuh dari ASI terus berubah untuk memenuhi kebutuhan bayi. Sebagai sistem kekebalan tubuh bayi, ASI memiliki konsentrasi antibodi dan agen anti-infeksi dalam susu secara bertahap menurun. Menyusui juga memiliki manfaat bagi ibu seperti mengurangi resiko terkena kanker ovarium, kanker payudara pre-menopause, osteoporosis, dan patah tulang pinggul di kemudian hari. Menyusui memfasilitasi ikatan antara ibu dan bayi secara emosional.

Masalah Menyusui

Untuk sukses menyusui, teknis pemberian ASI, bayi menghadapi ibu langsung, perut ke perut, dengan kepala, leher, dan tubuh dalam garis lurus, dan tingkat mulut dengan puting susu. Ibu harus menimang kepala bayi di lekuk lengannya. Beberapa bayi harus mengatasi kesulitan seperti refleks mengisap yang lemah, yang dapat terjadi akibat masalah kelahiran, obat yang dikonsumsi ibu, atau pemberian makanan awal dengan puting buatan (botol susu).

Beberapa ibu menyusui mengalami masalah fisik. Biasanya puting sakit disebabkan oleh isapan bayi. Upaya pencegahan puting lecet saat menyusui dan cara mengobatinya adalah dengan terus memberikan bayi asi dan memposisikan bayi terhadap puting atau areola dengan benar atau pas di mulut bayi, jika bayi menyusu terlalu dangkal maka akan terasa sakit. Pembengkakan atau tekanan dalam payudara dapat disebabkan penggunaan oleh pompa payudara. Selain itu, nyeri pada payudara bisa juga disebabkan oleh tanda mastitis, infeksi jaringan payudara yang memerlukan perhatian medis.

Pemberian ASI adalah cara terbaik untuk memelihara bayi. Setiap keluarga harus belajar tentang manfaat menyusui dan teknik untuk keberhasilannya dengan memutuskan memilih metode pemberian asupan yang terbaik bagi bayi dengan ASI.

Comments

  1. Masalah menyusui banyak macamnya. Ada bahkan teman saya yg ketika menyusui anaknya malah dilarang, katanya ASI nya encer. Hadeuhhh.... Penting juga ya sebagai ibu menyusui utk banyak membaca mengenai ASI ini, supaya tidak salah kaprah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edukasi memang penting banget ya mba. Beneran itu sering terjadi di sekitar kita. Padahal ASI itu terbaik ya. :)

      Delete
  2. Kalo aku sih ada hikmahnya juga tinggal jauh dari perantauan, jadi nggak terlalu banyak campur tangan atau komen2 miring dari orang. Alhamdulillah bisa menyusui dengan keras kepala. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aku juga nanti bisa menyusui dengan keras kepala. hehehehe. Harus jadi pejuang ASI tangguh. hehehe Semangat mba Jul. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.