Skip to main content

Cara Perpanjang Masa Berlaku SIM C di SIM Keliling Kota Bandung

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman dan informasi seputar perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi). SIM yang kita ketahui adalah lisensi dokumen resmi untuk seseorang bisa mengendarai kendaraan. Kebetulan tahun ini SIM C saya habis masa berlakunya dan harus melakukan perpanjangan. Sayangnya masa berlaku SIM A saya masih sampai tahun depan. Sejujurnya mengurus perpanjangan SIM memanng enaknya langsung berbarengan SIM C dan SIM A. Hanya kali ini saya khusus berbagi seputar cara perpanjangan SIM C saja. 

Sebelum saya menjelaskan cara perpanjangan SIM C, saya sudah melakukan sedikit riset seputar SIM C. Dalam Peraturan Kepolisan (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, SIM C dibagi ke dalam tiga golongan sesuai kapasitas mesin, antara lain;

  1. SIM C: Berlaku ntuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin s/d 250 cc.
  2. SIM CI: Berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin 250 cc s/d 500 cc / kendaraan bermotor sejenis dengan daya listrik.
  3. SIM CII: Berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc / kendaraan bermotor sejenis dengan daya listrik.

Mengapa SIM C harus digolongkan berdasarkan kapasitas silinder mesin? Ini merupakan kebijakan yang akan memberikan dampak positif untuk keamanan dan keselamatan pengendara dan pengguna jalan. Dengan kompetensi yang sesuai maka risiko saat berkendara di jalan dapat diminimalisir. 

Dalam pasal 3 ayat 8 Perpol No.5/2021 juga diatur batas minimal kepemilikan SIM C, CI, dan CII;

  • SIM C usia minimal 17 tahun
  • SIM CI usia minimal 18 tahun
  • SIM CII usia minimal 19 tahun
Oh iya, tahu kah Anda kalau saat ini kebijakan masa berlaku SIM tidak sama seperti dulu? Sebelumnya masa berlaku sesuai tanggal lahir. Sebetulnya ini bisa sangat mempermudah kita untuk mengingat kapan harus perpanjang SIM jika sesuai tanggal lahir. Namun, sekarang aturan tersebut telat diubah dan ditetapkan bahwa SIM mulai berlaku lima tahun sejak tanggal dikeluarkannya.

Perpanjangan SIM C di SIM Keliling Bandung

Lokasi SIM Keliling Bandung di Dago Plaza
Tanggal 17 Mei lalu saya sudah melakukan perpanjangan SIM C di SIM Keliling Bandung di Dago Plaza. Informasi jadwal SIM Keliling Bandung saya dapatkan dari akun sosial media PR FM News. Ada beberapa titik SIM Keliling Bandung tersebar dan bisa kita datangi yang paling dekat dan terjangkau jaraknya.

Beberapa syarat yang harus dibawa saat akan melakukan perpanjangan SIM C: 
  1. SIM asli lama
  2. KTP asli (fotokopi 2 rangkap)
  3. Surat keterangan sehat jasmani
  4. Surat keterangan sehat rohani (psikotest)
Alur pembuatan/ perpanjangan SIM C di SIM Keliling Bandung: 

Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 - 12.00, sebaiknya datang pagi. Untuk SIM Keliling di Dago Plaza, kita langsung naik ke lantai 2 outlet SAMSAT.
    Menunggu antrian tes kesehatan dan psikotest

  1. Mendaftar ke petugas dengan memberikan fotokopi KTP 2 rangkap dan SIM C asli. 
  2. Menunggu panggilan antrian untuk tes kesehatan dan psikotest. 
  3. Setelah selesai tes langsung ke mobil SIM Keliling untuk memberikan berkas. 
  4. Tunggu proses dan panggilan foto. 
  5. Foto dan tanda tangan SIM. 
  6. SIM selesai dan ada jasa laminasi tambahan. 
Biaya perpanjangan SIM C di SIM Keliling Bandung:
  • Tes kesehatan (tensi, TB/BB, tidak buta warna) Rp 65.000
  • Psikotest Rp 100.000
  • Pembuatan SIM C Rp 125.000
  • Laminasi Rp 10.000 (opsional)
Tes kesehatan jasmani dan rohani (psikotest) oleh petugas

Sebaiknya siapkan berkas dari rumah dan uang tunai pas agar proses perpanjangan SIM efektif dan efisien. Semoga artikel ini membantu dan informasinya mencerahkan bagi yang akan melakukan perpanjangan SIM C. Untuk perpanjangan SIM A juga kurang lebih sama, hanya berbeda biayanya saja. Saya update setelah saya melakukan perpanjangan SIM A tahun depan, insyaallah. Hehehe. Info tambahan, perpanjangan SIM minimal 14 hari sebelum masa berlaku habis, lewat atau terlambat satu hari saja harus mulai dari awal lagi pembuatan SIM baru. Terima kasih dan selamat memperpanjang masa berlaku SIM!

Comments

  1. Wah..iya..aku sdh lama nggak ngecek masa berlaku SIM ku nih.. mudah-mudahan blm terlambat..hehe.. Terima kasih sharing infonya ya..aku belum pernah coba di SIM keliling nih.. kapan2 boleh juga tuh

    ReplyDelete
  2. Perpanjangan SIM kok ada tes kesehatan juga kak? Kalau aku pasti ambil formulir kosong sekalian buat dipakai tahun depan. Jadi isi dulu dirumah...

    ReplyDelete
  3. Saya gak pernah lho perpanjang sim di mobil keliling ke gini. Mudah2an next ketemu mobilnya, jadi lebih gampang

    ReplyDelete
  4. sekarang makin mudah dan murah ya mau perpanjang sim c. nggak tahu kalau di palembang gimana nih?

    ReplyDelete
  5. Kalo hanya sekedar memperpanjang sim memang enaknya di sim keliling aja memang. Ga terlalu antrean jadinya

    ReplyDelete
  6. Perpanjang SIM lebih mudah ya sekarang. Nggak perlu antri panjang lagi. Dan baru tau kalo SIM C ternyata dibagi menjadi beberapa kelompok. Thanks mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Betul banget, untuk perpanjangan SIM C sekarang itu sudah sedemikian mudah ya, bisa lewat sim keliling, samsat publik yang ada di mall juga bisa,
    cukup bawa berkas lengkap yang dibutuhkan, lalu isi dokumen dan bayar biayanya, setelahnya tinggal ngantri nunggu dipanggil

    ReplyDelete
  8. Dulu pernah perpanjanhan sim c di mobil keliling. Praktis sih, nggak terlalu ribet, nggak nunggu lama juga sudah punya sim baru. Tapi kalo terlambat perpanjangan itu bikin sedih, soalnya harus buat baru

    ReplyDelete
  9. huhuhu teringat sama SIM-ku yang telat diperpanjang gara-gara sempat kecelakaan terus kelupaan soal SIM. sayang banget rasanya

    ReplyDelete
  10. Buat di jaman now memang simple sih ya perpanjang SIM. Jadinya bisa pasang reminder kapan habis masa berlakunya, biar gak telat

    ReplyDelete
  11. Saking malas jauhnya ke kantor kadang kebanyakan orang lebih memilih menunggu jadwal SIM keliling ajaa yaa Mba, jadi lebih dekat karena beberapa mobilnya berdiri jga dekat jaraknya dengan kita..

    ReplyDelete
  12. Perpanjangan SIM C sekarang pakai tes kesehatan jasmani dan psikotes juga, ya mbak? Saya kira jika mau bikin dari awal saja yang pakai tes itu. Berarti tes kesehatannya bisa di layanan SIM Keliling atau harus di Samsat langsung, ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Perpanjangan SIM saat ini bisa dilakukan di Satpas Polrestabes Bandung dengan SIM Keliling dan SIM Outlet, bahkan kabarnya ada yang online juga yaa.. Jadi sangat sangat memudahkan sekali bagi yang sibuk, terutama.

    ReplyDelete
  14. Belum pernah perpanjang SIM di SIM Keliling. Iya, sekarang SIM berlaku di masa gantinya. Enggak tanggal lahir lagi.

    Pengennya saya juga gitu, SIM C dan SIM A barengan bikinnya biar gsk bolak balik, tapi mau gimana yaa.. bikinnya gak bareng ya otomatis perpanjangnya gak bisa bareng juga. Hehee

    ReplyDelete
  15. Kalau menurut saya kok lebih mudah perpanjang SIM di SIM keliling ya daripada di polsek, antrian juga tidak sebanyak di Polsek sih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.