Skip to main content

TIKI: Dukung Pelaku Bisnis Online (UMKM)

Beberapa waktu lalu saya mengikuti Zoom meeting yang diadakan oleh TIKI dan dihadiri oleh teman-teman blogger KEB (Komunitas Emak-emak Blogger). Di Zoom meeting ini ada banyak insight yang saya dapatkan. Topik yang diangkat membahas tentang berbagai hal, mulai dari sharing bersama salah satu pelaku usaha online yaitu Rina Susanti seputar bisnis tanaman anggrek. Mak Rina menceritakan suka duka berbisnis online serta tantangannya menjalani bisnis jual tanaman.

Ada juga Pak Rudi Cahyadi selaku, Marketing Communication Manager di PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) yang memperkenalkan pelayanan dan inovasi TIKI. Saat ini TIKI memberikan kemudahan untuk para pelaku bisnis. Beliau juga memberikan tips seputar bisnis online dan cara aman berbelanja online.


Saya sebagai pelaku bisnis online juga cukup tertarik dengan layanan dan fitur baru yang ditawarkan TIKI. Oh iya, sebelum bahas jasa pengiriman barang yang dibutuhkan untuk pelaku bisnis, saya ingin share seputar bisnis online dulu. Siapa tau ada teman-teman di sini yang terinspirasi. Kebetulan saya sudah fokus bergelut di bidang ini hampir 8 bulan. Bisa dibilang masih dalam masa penjajakan, namun saya banyak belajar di sini. Banyak trial, tapi meminimalisir error, versi saya sebelum memulai bisnis kita harus riset dulu, karena dalam bisnis pasti akan ada risk

Tips memulai bisnis berdasarkan pengalaman saya:

  1. Menentukan produk yang ditawarkan (baik berupa barang atau jasa).
  2. Memahami pasar, wantsneeds dan demands
  3. Mengetahui cara untuk mengembangkan bisnisnya (konvensional atau digital)
  4. Strategi marketing yang matang.
  5. Promosi yang tepat sasaran.

Ternyata kita bisa juga loh memulai bisnis hanya bermodal smartphone, digital platform/ aplikasi, dan kuota. Tidak perlu toko fisik, modal dana besar, atau SDM yang banyak. Saat ini banyak sekali orang yang sukses berbisnis online misalnya sebagai reseller, drop-shipper, atau jastiper. Pastinya 5 poin di atas ini yang harus menjadi perhatian dalam memulai bisnis. 

"Memulai bisnis itu kendalanya tidak selalu ada di modal dana, tapi ada di cara, kemauan, dan eksekusi." Zia

Saat orang memiliki modal usaha dan dana yang mencukupi, tapi tidak mengerti cara dan usaha tidak dimulai, tentu bisnis tidak akan bisa berjalan. Saat orang punya kemauan dan tau cara berbisnis walaupun minim modal, dan berani memulai, maka bisnis tersebut bisa dijalankan dengan baik. Bisnis yang baik tidak serta merta langsung besar dan berkembang pesat, tapi kemudian menghilang. namun, bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa berjalan pasti dan berkelanjutan. 

Bisnis Toko Buah Strawberry Online @myberryfarm 

Nah, ini dia @myberryfarm bisnis yang sudah saya jalankan selama 8 bulan. Banting setir dari managing director di salah satu radio swasta di Bandung ke dagang strawberry dan membangun online strore-nya. Cukup banyak tantangannya. Bisnis strawberry juga ga hanya jualan. Saya juga membangun strategi marketing, branding, dan optimizing digital platform yang saya gunakan. 


Siklus berjualan strawberry ini seru, dari kebun sampai ke tangan konsumen. Panen strawberry ini setiap 3 hari. Di sini saya mau highlight marketing dan delivery service-nya. Untuk digital marketing saya memanfaatkan platform Instagram dan Facebook Fanspage, membuat konsep konten, ads activation, dan yang penting memberikan kualitas produk terbaik serta memaksimalkan pelayanan terbaik untuk konsumen. 

Jasa Pengiriman yang Dibutuhkan Pelaku Bisnis Online 

TIKI merupakan perusahaan jasa pengiriman yang telah berdiri lebih dari 50 tahun (tepatnya tahun 1970). TIKI menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman yang terkemuka di Indonesia. Bahkan produk serta pelayanan TIKI sudah diakui dan meraih berbagai berbagai penghargaan.

TIKI percaya selama ini masih dapat eksis karena adanya dukungan dan kepercayaan masyarakat. Saat ini, apalagi di tengah pandemi, TIKI sangat mendukung pelaku bisnis UMKM di Indonesia dalam hal distribusi. TIKI pun melakukan kolaborasi dengan marketplace untuk memberikan edukasi bagi UMKM, dengan komitmen dan tanggung jawab terhadap pendidikan dan bidang sosial.

VISI yang diusung TIKI adalah menjadi salah satu perusahaan yang terbaik dalam jasa pengiriman dan logistik dengan melayani kebutuhan serta kepentingan pelanggan seoptimal mungkin agar dikenal di Indonesia dan Internasional. Sedangkan MISI yang diusung TIKI adalah bekerja giat secara profesional, bertanggung jawab, jujur dengan penuh keyakinan dan dedikasi tinggi untuk selalu menjadi perusahaan jasa pengiriman yang terbaik.

Bagi saya selaku pemilik bisnis online  UMKM ada 3 layanan dan fitur yang sangat dibutuhkan untuk pengiriman produk yang saya jual. 

Jempol (Jemput online): Layanan untuk pick-up paket yang akan dikirim. Ini akan memudahkan saya dalam hal pengiriman dan distribusi pesanan.

Online Booking : Untuk memudahkan dalam booking pengiriman dan membuat kita lebih efektif dan efisien dengan online booking ini.

Same Day Service: Pelayanan antar barang sampai di hari yang sama. Apalagi untuk pelaku bisnis yang bergerak di sektor makanan segar, same day service ini sangat dibutuhkan.

Bagi saya pelayanan jasa pengiriman barang ini sangat penting dan dapat menunjang para pelaku bisnis online untuk mendistribusikan produk yanng dipasarkan dan dijual. Semoga saya bisa bersinergi dalam menjalankan bisnis ini bersama TIKI. Terima kasih TIKI untuk inovasi dan service yang dapat mendukung para pelaku bisnis khususnya bisnis online

Fitur TIKI




Pelayanan TIKI 

SDS (Same Day Service)
Kiriman tiba di hari yang sama

ONS (One Night Service)
Kirim hari ini, esok tiba

TDS (Two Days Servive)
Kiriman tiba dalam dua hari 

REG (Regular Service)
Kiriman estimasi tiba 3-4 hari

ECO (Economic Service)
Kiriman dengan hemat ongkos kirim

TRC (Trucking Service
Kiriman dengan berat minimal 10 kg 



Comments

  1. Alhamdulillah banget ini keberadaan TIKI dari duluu sampai sekarang selalu berinovasi yaaa, layanan2nya pun makin bertambah seiring dengan perkembangan dunia digital, bisa lewat JEMPOL, by apps. Makin memberikan yang terbaik.
    Dan membantu banget para pelaku usaha online untuk mengantarkan paketdengan selamat.
    Sukses selalu MyBerryFarmnya Ziaa!!

    ReplyDelete
  2. Tiki memang terus berinovasi nih
    Dulu lupa tahun berapa, tiki belum masuk ke derah saya di Cianjur Selatan. Sekarang tiki malah sudah punya kantor cabang juga malah di setiap kecamatan. Inovasinya memang meningkat pesat...

    ReplyDelete
  3. Layanan TIKI komplit banget ya.. aku termasuk member TIKI juga nih. Ada layanan jempol dan putar yang memudahkan bisa request via aplikasi

    ReplyDelete
  4. Wow anakku suka banget strawberry. Kalau buat kirim surat2 penting, kami pasti pakai JNE karena paling terpercaya tracingnya dibanding kurir lain.

    ReplyDelete
  5. Aku suka makan strawberry. Bisnis online memang asik ya, Mbak. Bener banget kalau yang penting ada niat dan kemauan untuk berkembang. Kalau temenku paling suka dengan layanan TIKI REG (Reguler) itu, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Seller online dan jasa kurir terpercaya memang bisa saling bekerjasama. Para seller terbantu banget usahanya kalau ekspedisinya tepat waktu

    ReplyDelete
  7. Waah, Teh Zia punya bisnis strawberry ya..
    Sukses selalu dengan bisnisnya, ya, Teh. Dengan dukungan dari TIKI, pengiriman bisa makin lancar ya.

    ReplyDelete
  8. Tiki tuh dari zaman dulu kala sampai sekarang tetap eksis dan dipercaya ya.... keren. Sukses untuk bisnis strawbery nya ya Teh...

    ReplyDelete
  9. Suamiku suka kirim paket pakai Tiki, karena cuma Tiki yang bisa kirim ikan TOP deh Tiki

    ReplyDelete
  10. Andalan deh pakai TIKI. Sudah terbukti pengirimannya selalu tepat dan barang barangnya juga tiba dalam keadaan masih bagus

    ReplyDelete
  11. baru tahu di TIKI ada same day delivery wah boleh nih bakso-ku pake paket TIKI gini..btw keren teh myberryfarm aku masih belum optimal marketingnya karena masih full gawenya yg kadang bkin emosi jiwa wkk

    ReplyDelete
  12. TIKI salah satu jasa pengiriman yg terlama dan eksis sampai sekarang mbak. Saya jualan online juga banyak yg minta pakai TIKI.

    ReplyDelete
  13. Oh iya yaaa Mbak Zia punya bisnis jual strawberry. Emang kalau bisnis makanan, apalagi yang produknya yg berisiko tidak tahan lama kesegarannya seperti buah2an membutuhkan ekspedisi atau jasa kurir yang bisa tepat waktu mengirimkan produk.
    Tiki salah satu yang bisa dipercaya utk menangani pengiriman produk2 seperti itu ya mbak krn ada layanannya yang bisa samday atau kilat sehari sampek.
    Semoga sukses ya mbak bisnisnya :D

    ReplyDelete
  14. konsumenku juga sering minta pengiriman tiki mba
    alhamdulillah dia lho legend banget sebagai jasa ekspedisi dai dulu

    ReplyDelete
  15. Layanan TIKI gak perlu diragukan lagi, apalagi bagi pelaku UMKM bisa dimudahkan

    ReplyDelete
  16. Aku juga beberapa kali make jasa TIKI.
    Meski udah lama beroperasi, tiki tetep bisa bersaing dengan yang lain!

    ReplyDelete
  17. Tiki terus berinovasi untuk melayani sebaik mungkin ya mak. Bagus nih agar terjadi persaingan yang sehat dan kite dapat layanan yg bagus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.