Skip to main content

Sajian Khas Lebaran ala Chef Hotel


Alhamdulillah setelah melewati bulan suci Ramadan, kita menyambut hari kemenangan dengan suka cita. Agak sedikit mellow dengan situasi sekarang, tapi harus dijalani, dilewati, dinikmati, dan disyukuri. Allah masih memberikan nikmat yang begitu besar. Semoga setiap rezeki yang kita terima menjadi berkah. 

Ramadan dan Lebaran 2020 ini memang tidak sama dengan yang sebelumnya karena kita sedang berada di tengah pademi COVID-19. Anjuran untuk #stayathome and #socialdistancing membuat segala sesuatunya ngga bisa leluasa. Khususnya masalah ruang gerak kita di luar rumah.

Ngomongin tentang Lebaran, pastinya ngga jauh dari ketupat, opor, dan masakan pelengkap lainnya. Udah jadi traidisi setiap tahun pasti saya masak sendiri. Hmm... Kali ini beda, gara-gara virus Corona, saya ragu untuk belanja bahan masakan ke luar. 

Ternyata segala sesuatu itu ngga usah jadi beban ya, saya dan suami terbilang sangat santai untuk masalah sajian Lebaran, it's not a big deal, apalagi konsisinya kayak sekarang. Apapun yang tersedia di meja makan harus disyukuri. Mau dipaksain ke luar, ke pasar, ke supermarket yang berdesakan disaat PSBB ini akan jadi resiko sendiri. Apalagi kondisi kita yang kurang fit bisa-bisa dengan mudahnya terpapar virus, naudzubillah, jangan sampe terjadi. 

Ternyata Allah kasih pilihan yang lebih baik. Tanpa harus repot memasak, di zaman sekarang rasanya ngga akan sulit ya masalah masakan. Hehehe. Alamdulillah banget ada PSBB ala Scarlet Hotel Paket Santapan Berlebaran Bersama. Jadinya tanpa harus masak, saya dan keluarga masih bisa menikmati menu khas Lebaran di rumah. 😍

Suami udah paling the best dan pengertian. Tanpa memaksa saya diperbolehkan memesan paket menu lebaran. Langsung deh saya pesan H-3 Lebaran, untungnya masih bisa, karena kebetulan temen kerja di sana. 

Satu paketnya ada menu ketupat, opor ayam, ase cabe ijo, bihun goreng, sambal merah, dan sambal goreng ati. Harganya terjangkau banget hanya 200k dan bisa untuk 5-6 porsi. Semua pesanan dikirim H-1 siang, masih fresh karna dikirimnya masih dalam keadaan hangat. Saran penyajian, pada malam takbiran menu masakan dihangatkan lalu tunggu dingin dan masukan ke dalam kulkas. Dihangatkan kembali keesokan harinya pas Lebaran untuk disantap bersama keluarga setelah salat Ied. Hampersnya sangat cantik, dengan pita dan ucapan selamat Idul Fitri. 

Ketupat 

Ada banyak style ketupat sebetulnya, ternyata ngga semua ketupat itu pakai ketupat. hihihihi. Bingung ngga? Biasanya kan dibuat dengan menggunakan bungkus dari daun kelapa muda berbentuk belah ketupat. Nah, banyak yang menggunakan besek alias wadah yang dibuat dari anyaman bambu bebentuk persegi empat. Scarlet Hotel membuat ketupat dengan besek. Ukurannya super besar dan bisa untuk makan lebih dari 6 porsi. 

Opor Ayam

Menu satu ini udah pasti wajib di setiap hidangan Lebaran, pokoknya menu utama setelah ketupat. Nah, opor ayam ala Scarlet Hotel ini enak banget, kekentalan kuah opornya pas, ayamnya empuk, rasanya gurih. Dibuat dari santan segar dan daging ayam pilihan dengan bumbu-bumbu rempah yang kaya rasa. 

Sambal Goreng Kentang 

Sambal goreng kentang ini pelengkap favorit. Ketang goreng yang dipotongan kecil-kecil dengan bumbu merah dan kaya rempah, ditambah potongan hati sapi supaya lebih lezat. Orang Indonesia banyak yang suka mencampurnya dengan petai. Kalau saya kurang suka makanan yang berbau tajam. Hehehe. 

Ase Cabe Ijo

Pecinta pedas mana suaranya? Ini pelengkap yang wajib ada, tumis cabe ijo dan ada sayur kacang panjangnya. Rasanya pedas, asin, gurih. Enak buat campuran opor ayam.

Pokoknya menu Paket Sajian Berlebaran Bersama Hotel Scarlet ini recommended. Makasih banyak loh, Chef. Nilai masakannya 9/10. Kapan lagi Lebaran dimasaki Chef hotel? Hehehe 🤭 .

Ini bisa jadi alternatif juga kalau mau kirim sajian khas lebaran untuk keluarga, kerabat, atau  temen-temen yang ngga mudik dan pulang ke kampung halaman. Siapa tau kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu Lebaran tahun depan. 

Kebetulan saya pesan di Scarlet Hotel Siliwangi Bandung Jl. Siliwangi No.5, phone: (022) 2500300. Bisa juga temen-temen follow Instagramnya untuk update promo hotel atau kalau ada penawaran menarik di @scarlethc.indo




Tulisan ini merupakan kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger.

#collabwithbhb
#bandunghijabblogger

Comments

  1. Wahh asiik banget, sekarang gak perlu ribet lagi masak ya. Telat taunya hahaha. Kalau tau ntar lagi gk usah masak😄. Udah ada paket masakan lebaran ..inovasi baru,praktis...

    ReplyDelete
  2. Kita samaan teh menunya, menu lebaran ibu as always, tapi G pnah bosenin masaknya ya

    ReplyDelete
  3. Menu lebaran yang standar tapi spesial banget di momen lebaran ini yaa. Maaf lahir dan batin yaaa.

    ReplyDelete
  4. Wah sayang banget aku baru tau huhuhu.. Jaman sekarang emang mending yang praktis gini ya teh. Apalagi kaya ak yg dirumah cuma berempat. Beli lebih praktis daripada masak :-)

    ReplyDelete
  5. Wah sama persis nih bedanya aku mah bikin sendiri xixixi kebetulan ada anak2 jadi ada pasukan yang bantu..

    ReplyDelete
  6. Praktis banget, harganya juga lumayan ya untuk ukuran hotel. Kepoin ah IGnya😁

    ReplyDelete
  7. Aku paling suka kalo sambal kentang dipakein ati sapi.. tapi atu sapi yang banyak daeipada kentangnya hahaha

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada paket lebaran pesan di hotel Scarlett, lebaran ini aku tetep ke pasar mbak, walau segalanya udh kaya mau ke Medan perang. Karena kalau gak masak saat lebaran malah aneh, aku yang pesen cuma ketupat. Balik dari pasar langsung mandi, pakaian langsung direndam, drama bgt pokoknya mau belanja doang. Ahaha

    ReplyDelete
  9. Aku paling senang dengan opor ayam mbak, biasanya dapat opor dari tetangga nih, masa pandemi gini buat sendiri dulu hehe

    ReplyDelete
  10. Aduh itu opor ayam dan sambel goreng kentangnya menggoda sekali.. rasanya pasti yummie deh secara yang buat chef ya hehe.. akupun sajian lebarannya itu kemarin mbak dan jadi ingin buat opor ayam lagi deh.. nagih hehe

    ReplyDelete
  11. Enak bener menu lebarannya ala hotel nih, jauh sayangnya kalo aku mau pesen ya jadi cuma bisa lihat fotonya Zia aja :)

    ReplyDelete
  12. Aduduuu..andai dekat mau juga nih pesen. Harganya terjangkau dan masakannya enaaak pastinya ya..

    ReplyDelete
  13. gara2 pandemi saya jadi bisa masak opor mba :) terharu aku tu hahaha biasanya beli soalnya ga ada yg kirimin

    ReplyDelete
  14. Wah, bikin ngiler banget nih Teteh hidangan lebaran dari Scarlet Hotel! Aku juga gak masak sih, pesen dari tetangga aja hahaha.

    Gak pernah ke pasar atau ke mana pun aku juga Teh, beli sayur cukup whatsapp dan pesen si mang sayur aja besoknya langsung diantar hehehe

    ReplyDelete
  15. yang penting momennya ya mbak.. sayapun nggak terlalu memaksakan makanan harus ada dan yang wah gitu.. malah sejak puasaan hihi. Eh tapi.. saya mudik dink kerumah Ortu, soalnya deket :D

    ReplyDelete
  16. Seru banget nih Hotelnya sampe inovasi buat bikin paket sajian lebaran.
    KAlau makanan yang didelivery rasanya enak, berarti menu breakfast di scarlet hotel juga enak dong ya... *jadi kangen staycation di hotel nih, hehehe

    ReplyDelete
  17. Duh pilihan menunya enak-enak yya, nikin ngiler. Kalau staycation disana jadi ga perlu bingung cari makanan

    ReplyDelete
  18. Sajiannya Bener2 khas hotel yah mba, semiga saja lebaran tahun depan kembali normal seperti sebelumnya ��

    ReplyDelete
  19. Andai disini ada kemaren aku mau pesan, aku gak ngopor nih syedih :(

    ReplyDelete
  20. Menunya sama ya khas banget. Saya juga masak ketupat, opor, sambal kentang ditambah rendang.

    ReplyDelete
  21. Sekarang serba praktis ya dengan adanya layanan memasak untuk hari2 spesial seperti hari raya.

    Jadinya kita gak perlu repot buat Masak hidangan lebaran yang klo bikin sendiri itu effort banget hehe

    ReplyDelete
  22. Duh jadi kangen makanan lebaran lagi nih. Pengen makan ketupat lagi dan lauk pauk sayur lengkapnya

    ReplyDelete
  23. Sama nih menu utama lebaran, opor dan sambel goreng. Aku penyuka berat sambal goreng hati sapi. Emang sih kolesterol yak, tapi yaa setahun sekali ini. Kalau hari-hari biasa ga pernah masak itu soalnya.

    ReplyDelete
  24. Hidangan Lebarannya mantap banget dan sekarang memang bisa ya pesan antar hidangan langsung dari hotel. Inovasi yang keren juga ini dari scarlet hotel untuk para penggemar sajian khas hotel

    ReplyDelete
  25. waaah mantaap dan kereen enyajiannya ya Zia. Aku semua masak nih, dibantu adikku hehe

    ReplyDelete
  26. uwaaa mantul sekali ini menu khas lebarannya hihihi, opor ayam, ketupat, rendang, dan sambal goreng ati, menu yang tunggu2 kalo lebaran nih hihihi

    ReplyDelete
  27. Huhu mungkin cuma aku yang ga bisa mudik juga
    Apalagi sekarang Surabaya sudah zona hitam
    Huhu andai cepat berlalu dan bisa segera merasakan juga masakan seperti inj

    ReplyDelete
  28. alhamdulillah ya, hikmah pandemi ada aja ya mbak, salah satunya bisa makan menu lebaran ala hotel scarlet. barakallah mbakk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.