24 May 2019

Tips Memilih Kaos Polos Terbaik untuk Bisnis Sablon

Tips Memilih Kaos Polos Terbaik untuk Bisnis Sablon 
Saya termasuk penggemar kaos. Lebih sering pakai kaos polos. Kadang kurang suka dengan desain sablon kaos yang dijual di pasaran, kalaupun pengen cari desain sablon yang bagus, saya lebih memilih untuk custom kaos sablon. Sebelum saya membeli kaos, ada beberapa hal yang perlu saya diperhatikan saat memilih kaos polos yang bagus untuk sablon, biar nantinya ngga nyesel. 

Ada banyak vendor kaos sablon, ini bisa jadi ide salah satu usaha juga. Untuk yang mau bisnis kaos sablon, kalau boleh saya sarankan sebaiknya utamakan kualitas produk agar usaha kalian dapat berjalan lancar dan jumlah pelanggan juga terus bertambah.

Dari beberapa teman saya yang sukses di bisnis ini, ada banyak masukan dan pandangan yang saya dapatkan. Ternyata pada dasarnya, memilih kaos yang bagus untuk disablon tidaklah sulit. Faktor utama dalam memilih kaos untuk disablon adalah kualitas kaosnya, tapi bukan berarti kita mesti mengeluarkan uang yang banyak. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, baik bagi kita sebagai penjual maupun bagi para pembeli, produk yang kita jual harus sesuai dengan harapan pembeli dan, di saat yang bersamaan, kita juga mesti memperhatikan margin harga beli dan harga jual.

Berikut adalah 4 hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kaos polos untuk disablon. Ini bisa jadi tips dalam memilih kaos polos terbaik untuk bisnis sablon. 

Bahan kaos katun (cotton combed 100%)

Bahan terbaik untuk kaos yang akan disablon adalah katun, atau juga dikenal sebagai cotton combed 100%. Bahan ini biasa digunakan untuk kaos-kaos distro karena kualitasnya yang terjamin dan kenyamanannya saat dikenakan. Banyak orang mengira satu-satunya cara menentukan baik-buruknya kualitas bahan kaos dilihat pada ketebalannya. Pada kenyataannya, tidak demikian, sebab kaos berbahan cotton combed 100% sebenarnya memiliki ketebalan yang berbeda-beda, dan meski demikian, semua kaos berbahan cotton combed 100% dapat memberikan rasa nyaman saat dipakai. Selain itu, kaos berbahan cotton combed 100% juga cocok untuk disablon. Jadi, sesuaikan saja dengan tujuan dan target pasar usaha kalian.

Kualitas Jahitan

Kaos polos memang tampak sederhana, namun “sederhana” bukan berarti harus “tidak rapi” juga. Banyak orang berpikir, untuk mendapatkan hasil kaos bersablon yang bagus, kaos apa saja dapat digunakan asalkan gambar atau tulisan sablonnya menarik dan berhasil diaplikasikan dengan rapi. Padahal, meski tidak ada gambar, tulisan atau aksesoris yang menempel pada kaos polos, kita tetap harus memeriksa kualitas kaos yang akan digunakan untuk disablon, seperti kerapian jahitannya. 

Jika kalian hendak membeli kaos polos untuk disablon, periksalah bagian pinggir kaosnya di mana terdapat jahitan. Pastikan jahitannya rapi, rapat, dan tidak ada benang yang keluar. Jahitan yang rapat dapat menandakan bahwa kaos tidak akan mudah rusak.

Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Ada satu hal lain pada kaos polos yang tidak kalah pentingnya dengan bahan dan kualitas jahitan, yaitu kemampuan bahan kaos dalam menyerap keringat. Cuaca panas merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi di lingkungan tropis seperti di negara kita ini. Oleh karena itu, kaos dengan bahan yang mudah menyerap keringat akan terasa sangat bermanfaat dalam menjaga kenyamanan saat dipakai. Kaos yang berbahan seperti ini tidak hanya baik karena sering dipilih oleh konsumen, tetapi juga baik karena dapat memudahkan proses sablon.

Harga Sesuai Budget

Agar usaha berjualan kaos dapat berjalan lancar dan berkepanjangan, jangan menerapkan prinsip “beli murah, jual mahal”. Tentu saja keuntungan itu penting, namun juga perlu diingat bahwa mengambil keuntungan besar dari hasil menjual produk mahal dengan bahan produksi yang murah tidak akan menjamin kesuksesan bisnis kalian. Pikirkan saja, konsumen dapat merasa dirugikan dan tidak ingin lagi membeli produk yang kalian jual setelah mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan barang yang mudah rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya, saat membeli kaos polos untuk disablon, kalian utamakan kualitas kaos dan cari tahu dulu kisaran harganya, kemudian sesuaikan dengan budget yang kalian miliki. Bandingkanlah supplier kaos yang satu dengan yang lainnya agar memperoleh harga dan kualitas kaos yang terbaik. Karena banyaknya kaos dengan harga miring yang memiliki kualitas di bawah standar, lebih baik kalian mengeluarkan uang sedikit lebih dan mentargetkan keuntungan normal demi memperoleh kaos polos yang berkualitas baik namun tetap sesuai dengan keadaan finansial kalian.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli kaos polos untuk disablon. Setelah melihat artikel ini, teman-teman bisa mencari penjual kaos polos yang sesuai dengan keingingan. Semoga tips ini bermanfaat untuk mengembangkan dan memajukan usaha sablon kalian.

21 comments:

  1. Nyari kaos polos biasanya buat acara2 gathering atau kalau pas jaman kuliah ya buat panitia acara kampus ya. Beberapa kali dapet kaos sablonan itu beda2. Kadang ada yang tebal & ga nyerap keringat, ga stretch juga, kadang dapet yg tipis tapi malah tetep ga nerap keringat, hahaha. Ternyata susah ya nyari kaos polos buat disablon?

    ReplyDelete
  2. Mbak aku suka kaos dengan cotton combed karena mudah nyerap keringat banget. Kaos juga asik dipadu padankan dengan berbagai bawahan, baik rok maupun celana.

    ReplyDelete
  3. Well noted mba, akupun suka bahan bahan kaos yang menyerap keringat dan enaken kalo dipakai.. karena punya pengalaman anak pertama aku alergi karena bahan kaos yang kurang nyaman dikulitnya

    ReplyDelete
  4. Bahan kaos polos memang banyak dimintai khsususnya oleh anak muda. Katanya biar bisa leluasa sablon sendiri. Cotton combed biasanya yang dicari

    ReplyDelete
  5. Saya penggemar kaus. Sehari-hari lebih nyaman berkaus. Kebanyakan yang ada sablon. Dapat kaus lungsuran dari keponakan, dari distributor. Nyaman dipakai dan cetakan sablonnya kuat. Pernah beli kaus bermerek lokal sayang cepat melar, mungkin karena salah perlakuan dalam mencuci.
    Tahun kemarin dapat kaus dari acara reuni SMA. Bahannya baik, pun sablonnya. Cuma harus hati-hati dalam mencuci. Bahannya agak tebal jadi bikin hangat jika dingin. Kalau panas tidak masalah da menyerap keringat.

    ReplyDelete
  6. Saya suka pake kaos oblong kalau di rumah,suka banget kaos polos yang disablon asal pake bahan cotton combed 100% biar adem rasanya

    ReplyDelete
  7. Kaos itu emang paling enak dipake kemana2..buatku wajib yg ga panas dan nyerap keringet..tau sendiri kalo punya balita, emak kerjaannya hilir mudik kesana kemari

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget pakai kaos, Zi..
    Dan kemarin waktu perpisahan anak-anak TK di sekolah anakku juga souvenirnya kaos.

    Alhamdulillah,
    awet sudah 4 tahun ini. Ya kaosnya, ya sablonnya..

    ReplyDelete
  9. Sebagai orang yang sering nyetok kaos dengan brand sendiri, aku memang concern dengan kualitas kaos. Bahan yang paling utama, harus yang adem, menyerap keringat dan gak harus tebal tapi ya gak mau juga yag tipis menerawang. Cotton combat emang bagus. lalu yang kedua adalah kualitas sablonnya, gak mau yang pudar atau ngelotok setelah beberapa kali pemakaian. Sayangnya andalan tempat aku bikin kaosjauh di Lampung. Pernah coba dua kali di tempat lain yang dekat malah kecewa.

    ReplyDelete
  10. Aku palung seneeeng kalau pakai kaos yang enak dan nyaman di kulit. Jadi betah dan nyaman

    ReplyDelete
  11. Aku jarang beli kaos polos, tapi pas beli emang milih yang nyerap keringat karena suka dipakai di dalam baru pakai luaran gitu

    ReplyDelete
  12. Ada harga ada kualitas sih emang. Kalo yang cotton combed 100% meskipun harga pricey tapi adeeem banget, gak bikin gerah. Apalagi kalo buat travelling, kalo cuaca lg ekstrim, paling demen deh pake kaos yang kualitas kaya gini ��

    ReplyDelete
  13. Aku pernah loh sampe nyari di Google waktu butuh kaos polos untuk ospek anakku. Susahnya nambah karena harus nyari warna yang diwajibkan sama panitia

    ReplyDelete
  14. Yups yang paling bagus tuh cotton combad gitu soale nyerap keringat dan ga terlalu panas kalau di pake, untuk harga ya lumayan sih ya.

    ReplyDelete
  15. Betul sekali. Kaos polos harus nyaman bahannya dan rapi jahitannya agar tetap keliatan bagus dipakai

    ReplyDelete
  16. Suami menerima cetak kaos juga dan seringnya kaos dengan bahan Cotton Combad yang paling laris karena memang kainnya okee

    ReplyDelete
  17. Salah satu yang membuat nyaman itu, bahan kaos harus menyerap keringat ya mbak, kadang kalau pas dapet yang gak menyerap keringAt suka kasian sama anak anak. Kudu teliti banget ya

    ReplyDelete
  18. Inget kaos tuh inget kaos oleh2 dr.thailand...kualitasnya ternyata bagus2 walau harga murah..jd pengen ke sana lagi..pengen borong kaos buat anak2....hahaha *moduspengenjalan2

    ReplyDelete
  19. kaos, meski kayaknya sepele cuma buat main, tapi justru ngga bisa seenaknya pilih-pilih yaa.. salah pilih bikin seharian jadi ngga nyaman karena gerah :)

    ReplyDelete
  20. Aku suka pakai kaos. Ternyata emang ada bbro jenisnya ya, kalau buat tukang sablon jgn pilih sembarangan, pilih yg bagus supaya pelanggan jg hepi krn sablonannya gk gampang pudar

    ReplyDelete
  21. Nah saat milih kaos sablon aku ga paham. Ada yg bilang 20s, 30s itu apa. Biasanya ku coba order 1 dulu sih

    ReplyDelete