01 June 2018

Lebih Dekat dengan Radio Ibu dan Anak No. 1 di Bandung (Mom & Kids Radio 99.2 FM)


Ngomong-ngomong tentang radio, adakah yang pernah punya pengalaman, kenangan, atau kesan mendalam dengan radio? Kalau saya ada banget. Beberapa tahun silam pernah merasakan euphoria kejayaan radio. Saya mendengarkan radio sejak kecil tahun 90an dan menjadi saksi puncak keemasannya di sekitar tahun 2005-2010. Saya masih ingat di sepanjang jalan Dago Bandung, saat weekend anak muda tumpah ke jalan dan hampir semua radio station hits yang ada di Bandung ikut turun dan on air on the street. Seru banget!

Sedikit flashback, jadi ceritanya sedari SD saya sudah dekat dengan radio. Dulu orang tua saya senang mendengarkan berita dan lagu-lagu lewat radio. Beranjak SMP radio selalu menemani saya mulai dari belajar bahkan sampai curhat yang berfaedah juga lewat announcer di radio sambil mengudara. Hahaha. Dulu saya masih mengandalkan telepon koin untuk request lagu atau kirim-kirim salam. Lanjut hingga SMA dan kuliah radio masih belum tergantikan untuk saya. Dari telepon koin, telepon kartu, dan akhir SMA akhirnya saya punya telepon seluler sendiri, ini memudahkan saya untuk berkirim pesan via SMS dan menelepon langsung ke radio.

Saat ini teknologi semakin maju dan kita sudah memasuki era digital. Semua informasi bisa kita akses dan genggam dengan mudah. Musik atau berita apa saja yang ingin kita ketahui sudah bisa cepat kita dapatkan hanya melalui genggaman. Masa keemasan radio sedikit-demi sedikit bergeser. Orang lebih memilih media sosial, aplikasi musik, dan berselancar di dunia maya untuk menghabiskan waktunya.

Lalu nasib radio saat ini bagaimana?

Tenang, radio selalu punya pendengar setianya hingga detik ini. Semaju apapun zaman dan secanggih apapun teknologi, radio selalu punya tempat di sana. Saya melewati masa jaya radio, dan salah satu cita-cita terpendam saya dulu itu sebetulnya ingin jadi announcer, tapi udah ngga pd duluan karena menurut saya karakter suara saya itu bukan radio voice. Biasanya penyiar itu kan harus punya suara dan karakter yang khas agar mudah diingat oleh pendengarnya, tapi tidak ada yang mustahil bagi Allah, Allah itu sebaik-baiknya pembuat rencana bagi kehidupan kita. Hmmm... Biarkan angin yang membawa angan saya. Hihihi.

Panjang cerita tentang saya dan radio. Hmmm... Oya, semenjak saya punya anak, saya hobby banget mantengin satu-satunya radio yang full package menurut versi saya yang sudah menyandang gelar emak-emak (muda) hahaha, di sini lengkap banget dan segmentasinya masuk banget untuk saya pribadi. Adalah Mom and Kids Radio yang beberapa tahun ke belakang ini jadi station radio favorit saya. Gara-garanya, suatu hari saya sedang mencari-cari saluran radio siaran pagi, lalu saya terdampar di saluran 99.2 FM yang sedang memutarkan lagu anak-anak. Saya terjebak di ruang nostalgia *eh masa kecil maksudnya. Satu harian itu saya dengarkan segmen-segmennya, pokoknya Mom and kids Radio ini "gue banget".


Alhamdulillah tanpa diduga, tuntutan pekerjaan saya salah satunya memiliki agenda siaran talkshow di radio seminggu sekali, saya bertugas mendampingi narasumber dan meliput talkshow secara langsung. Tahu kah radio mana yang saya datangi? Ya, Mom and Kids Radio. Whoaaa! I was so excited! Pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya senang bukan kepalang bisa datang langsung ke studionya setiap satu minggu sekali bertemu dengan announcer, crew, dan owner-nya yang luar biasa ramah.

Penyiar kesayangan Mom and Kids Radio 99.2 FM 
Ananda Rama, Rahma Asyifa, dan Tika Nugraha


Mom and Kids Radio Crew
Elsa Kustiani dan Resha Malia Putri

Berbicara tentang musik, bagaimana nasib lagu anak-anak sekarang? Saat ini hampir semua tayangan di televisi ataupun siaran di radio minim program yang ramah anak. Miris memang, anak-anak lebih senang menyanyikan lagu dewasa tentang cinta dan romansa yang bukan untuk usianya. 

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya beruntung bisa mengenal Mom and Kids Radio karena tidak sengaja mendengarkan lagu-lagu anak yang mengudara, sejak saat itu saya langsung jatuh cinta dengan radio ini. Saya bersyukur dulu tumbuh dengan masa kejayaan lagu anak-anak yang sampai saat ini tidak bosan saya dengarkan. Sebagai orang tua zaman sekarang tentu hal ini adalah tugas saya dan semua orang tua untuk bisa mengenalkan anak dengan lagu-lagu sesuai usianya. Tidak ada larangan memang anak mengetahui lagu-lagu dewasa, namun tentu kita tetap harus memposisikan anak pada "rel"nya.

Saya sampai saat ini saya masih menjadi pendengar setia radio, jadi teman keseharian, buat saya radio bukan hanya sekadar mendengarkan musik tapi banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Saya menjadi pendengar radio untuk beberapa stasiun radio hits khususnya yang ada di Bandung. Saya memang sering mengganti saluran radio tertentu untuk siaran yang saya suka segmennya., tapi buat saya Mom and Kids Radio yang menyajikan paket lengkap untuk ibu-ibu macam saya. Hehe... Misalnya pagi-pagi sambil menyiapkan sarapan, sambil masak, atau cuci piring, ya hiburannya sambil mendengarkan radio.

Saat ini ada tiga program spesial yang ada di Mom and Kids Radio; Breakfast Club, Mommy and Me, dan Mom's Club. 


Breakfast Club ini program spesial untuk anak-anak. Vito adalah salah satu Sobat Cilik di Mom and Kids Radio. Hampir setiap pagi ikut mendengarkan siarannya kak Rama dan Kak Tika di program Breakfast Club mulai dari Senin sampai Jum'at pukul 6 sampai 7 pagi. Di sini Vito bisa request lagu anak dan juga kirim salam untuk semua sobat kecil dimana pun berada. Breakfast Club ini jadi penyemangat pagi Vito sebelum berangkat ke sekolah. Ada juga dongeng pagi yang dibacakan oleh Kak Rama dan Kak TIka, ceritanya dibuat oleh Sobat Cilik lho. Kalau ada yang ingin mengirim cerita atau dongeng boleh langsung dikirim via email ke info_momkidsradio@yahoo.com.


Program dilanjutkan dengan Mommy and Me dari jam 7 sampai jam 10 pagi, di sini banyak banget informasi kesehatan, psikologi anak, dan semua hal yang menyangkut ibu dan anak. Bahkan ada talkshow bersama pakar dan expert-nya. Bagi saya ini sangat berharga dan kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. 


Nah, untuk Mom's Club ini spesial ditemani oleh Rahma, penyiar yang seru dan ramah selalu menemani di sore hingga malamnya mommies mulai pukul 4 sore hingga pukul 8 malam. Ada informasi menarik yuntuk disimak, sharing session, dan juga berita hits yang perlu kita ketahui, selain itu bisa juga request lagu yang disuka dan kirim salam. 

Ohya, playlist yang ada di Mom and Kids Radio ini lengkap, mulai lagu jadul sampai lagu masa kini, genre musiknya pun beragam; ada country, jazz, blues, classic rock, RnB, EDM, pokokya lengkap banget. Mom and Kids Radio mengudara setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam.

Kalau ingin mengenal lebih dekat dengan Mom and Kids Radio 99.2 FM bisa langsung follow Instagram, Twitter, dan Facebooknya langsung di @momandkidsradio, ya. Untuk yang ingin bergabung di segmennya bisa melalui SMS/WA: 081320900992 | On Air: 022 - 87301020 | Office: 022 - 87301019 | 📧 info_momkidsradio@yahoo.com. Informasi selengkapnya bisa juga langsung berkunjung ke www.momandkidsradio.com.

Bagi saya Mom and Kids ini radio yang paling pas di hati. Banyak cerita seru dan bahagia di sini. Semoga Mom and Kids Radio selalu jaya di udara dan sukses selalu. 

14 comments:

  1. wah jadi penasaran deh dengerin mom and kids radio biar neng Marwah juga bisa ikut dengerin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikutan gabung jadi Sobat Cilik, Teh. Nanti Neng Marwah bisa denger lagu-lagu anak atau kirim cerita di Breakfast Club.

      Delete
  2. wahh baru tau ada radio untuk mom&kids.

    Terima kasih untuk sharingnya ya teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada radio yang cocok untuk ibu dan anak. Boleh dengerin Mom and Kids Radio 99.2 FM, seru banget.

      Delete
  3. Saya juga tiap hari denger radio, termasuk mom n kids, sayang sekarang lagu anak makin bentar dan gada coffee break buat lagu oldest lagi hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah, sekarang Breakfast Clubnya hanya satu jam, untuk nemenin anak-anak sarapan dan bersiap ke sekolah. :) Untuk lagu oldies masih bisa didengerin dan direquest kapan aja, Sandra. Sekarang lebih fleksibel lagu apa yang kita mau bisa diputer setiap saat kita mau.

      Delete
  4. Saya udah lama gak dengerin radioo..hihihi
    Baca ini, jadi penasaran sama mom and kids radio, deh. Bisa dengerin bareng anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuu dengerin radio lagi, Teh. Nah iya bisa dengerin bareng anak-anak. hehe

      Delete
  5. Wah seru bisa main ke studio. Aku udah lama gak dengerin radio. Paling2 streaming via internetnya. Jadi pengen nostalgiaan ah. dengerin radio lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, Teh. Nostalgia bisa dengerin radio dan lagu-lagu jadul juga masih bisa kita denger. :*

      Delete
  6. Wah kerjaannya asyik nih bisa seminggu sekali mendampingi narsumnya... Sukses terus ya Teh Zia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah beres kontrak kerjanya, Teh. Mau ke sana bebas kapan aja. Aamiin. Sukses juga untuk Teh Ida.

      Delete
  7. wahhh teteh keren anet kerjanya seminggu sx kesana, klo aku dengerin radio klo pas nyetir aja hehe dirumah ga ada radio soalna jd pengen belinbiae dengerin siaran radio ini

    ReplyDelete
  8. Menarik ya ada radio khusus ibu dan anak 😊

    ReplyDelete