Skip to main content

Rayakan Hari Jadi Kota Bandung ke-207 dan HUT Daihatsu ke-110 dengan BOTRAM 2017


Selalu ada hal unik dan menarik yang ditawarkan oleh Bandung. Beberapa hari yang lalu Bandung menyambut hari jadinya yang ke-207 tahun. Perayaan tersebut juga bersamaan dengan hari ulang tahun Daihatsu yang kini genap berusia 110 tahun.

Dengan latar belakang tersebut Daihatsu mengajak Pemkot Bandung dan Pikiran Rakyat / PR FM untuk mewujudkan gagasan perayaan hari jadi kota Bandung dan ulang tahun Daihatsu dengan mengadakan festival bisnis bagi para pelaku usaha di kota Bandung melalui acara oto trade market dengan menampilkan mobil toko yang mana tahun-tahun sebelumnya acara serupa sudah pernah diadakan di kota lain dalam skala kecil. Kali ini Daihatsu ingin memberikan sesuatu yang lebih besar dan berkesan untuk Kota Bandung yang dikenal sebagai kota kreatif. Acara festival bisnis ini diberi nama BOTRAM.

Apa itu BOTRAM?

BOTRAM sendiri adalah singkatan dari Bandung Oto Trade Market. Dalam bahasa Sunda, botram memiliki makna tersendiri yaitu berkumpul untuk kegiatan makan bersama. Tidak melenceng dari makna botram sebenarnya, event BOTRAM with Daihatsu ini juga akan menampilkan berbagai jajakan kuliner sampai fashion yang dikemas dalam MOKO (Mobil Toko) yang sudah didesain secara khusus.

Konferensi Pers

Bersama pasukan blogger Bandung, Garut, dan Jakarta
yang siap terjun langsung ke dalam keseruan BOTRAM with Daihatsu 2017.

Seminggu sebelum pelaksanaan BOTRAM, konferensi pers pun digelar di Pendopo Walikota Bandung (18/9). Acara BOTRAM with Daihatsu ini diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 23-24 September 2017 dalam rangka memperingati hari jadi kota Bandung yang ke-207 tahun sekaligus menjadi bentuk apresiasi Daihatsu dalam merayakan hri ulang tahunnya yang ke-110

Konferensi pers dihadiri oleh para blogger dan awak media, para pembicara serta narasumber yang hadir, diantaranya;
✅Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung.
✅Hendrayadi Listiyoso, Marketing & Costumer Relation Division Head PT Astra International Tbk.
✅Agus Tandjung, General Manager Pikiran Rakyat.
✅Shinya Takeda, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.


Sambutan pertama oleh Shinya Takeda san, beliau menjelaskan bahwa akan ada 110 mobil toko Grand Max yang akan hadir. Moko-moko rersebut menjajakan berbagai kuliner, fashion, hingga industri kreatif lainnya dari para pelaku bisnis di Kota Bandung.

Sedangkan bapak Oded selaku wakil walikota Bandung mengungkapkan bajwa pemkot Bandung sangat mendukung adanya acara BOTRAM with Daihatsu. Beliau berharap semoga acara ini bisa mendukung industri kreatif yang ada di kota Bandung dan seluruh yang terlibat dalam acara ini bisa bersinergi dengan baik tanpa ada kendala atau kekhawatiran yang berarti, terlebih masalah kemanan, ketertiban, dan kebersihan.

Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan mengenai berharap semoga dengan adanya BOTRAM 2017 ini semoga Kota Bandung dan daihatsu kedepannya semakin berkembang dan bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat.

Para blogger bersama Shinya Takeda San
berfoto di depan salah satu contoh Grand Max
yang dimodifikasi menjadi mobil toko.


Pelaksanaan BOTRAM  (Bandung Oto Trade Market) 2017


Acara BOTRAM with Daihatsu yang digelar pada Sabtu dan Minggu, 23-24 september 2017 ini merupakan rangkaian perayakan hari jadi kota Bandung yang ke-207 tahun, sekaligus bentuk apresiasi dari Daihatsu dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-110 tahun.

Acara BOTRAM tersebut diikuti oleh 110 Gran Max Moko (mobil Toko), loksinya berada di sepanjang jalan Asia Afrika Bandung. BOTRAM dilaksanakan pada Sabtu, 23 September 2017, dimulai pukul 18.00-24.00 WIB. Terdapat hiburan di panggung utama berupa band (untuk acara yang dilaksanakan pada malam Minggu), warga yang berdatangan didominasi anak muda. 

Pembukaan BOTRAM Sabtu malam, 23 September 2017.
Pic. Courtesy of Ade Truna
Sedangkan untuk Minggu, 24 September 2017 dimulai sejak pukul 06.00-12.00 WIB. Untuk rangkaian acara di Minggu pagi dimeriahkan oleh serangkaian kompetisi dan lomba bagi anak-anak, antara lain; menyanyi, modelling, dan jaipong, acaranya pada Minggu pagi ini dibarengi dengan CFD (car free day) yang mana pengunjung kebanyakan  yang membawa serta anak dan keluarga.

Kemeriahan BOTRAM with Daihatsu
di Minggu pagi yang sejuk.
Berswafoto dengan teman-teman blogger yang hadir.
Saya sangat senang dan antusias menjadi bagian dari acara BOTRAM with Daihatsu 2017 ini. Semoga ke depannya akan ada lagi acara BOTRAM yang lebih meriah dan bisa mendorong para pelaku bisnis kreatif di kota Bandung supaya lebih maju.


Comments

  1. Acara yang seru banget. Sayang banget gak bisa ikutan. Untungnya, tulisan para Blogger seru2. Jadi tahu deh keseruannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh seru banget acaranya. Banyak hiburan dan kuliner enak. Hehehe

      Delete
  2. Anak2ku tergila2 sm moko nya. Lucu n enak2, eheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya teh, jangankan anak, kita juga suka. xixixixi

      Delete
  3. BOTRAM jadi inget masa lalu hehe sepulang sekolah suka botram didepan rumah sama temne - temen hehe, eh beda ya BOTRAM nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga botram (makan rame-rame dan jajan di mobil toko). Hehe

      Delete
  4. seru banget acarnya, sudah lama nggak ikut acara blogger, kabitaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuup seru banget, Teh. Nanti kita dateng lagi ke acara blogger bareng-bareng ya. :)

      Delete
  5. seneng lihat foto-foto keseruan acaranya, zia cantik as ussualy

    ReplyDelete
  6. aku baru tau mobil yang jadi tempat jualan namanya MOKO.
    dan sekarang bentuk dan desainnya macem2 ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik-unik memang, Teh Ncuss. Bandung kan kota kreatif ya.

      Delete
  7. acaranya seru pisaaan ya mba..dan seneng ketemu teman-teman blogger lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, betul banget mba, yang paling seru itu bisa ketemu sama temen-temen blogger. :)

      Delete
  8. Laaff Bandung!

    Sejak ada Botram, mata aku kalo di jalan jadi hobi nyariin Moko, Zia.
    Sukaa aja sama kreatifitas warga.
    Hiihhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mee too, laaffff. Hehehe

      Banyak moko yang didesain unik ya, mba. Keren.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.