Skip to main content

Sebuah Nama untuk Buah Hati


Tidak terasa sudah memasuki tahun 2017, saya mau flashback kebelakang, tepatnya 7 setengah tahun silam. Pada waktu itu saya sedang mengandung anak pertama saya. Biasanya para orang tua yang sedang menantikan buah hatinya lahir segera mencari nama si calon bayi. Saya pun sama, sibuk mencari nama, saya dan suami mendapatkan beberapa nama cantik untuk bayi perempuan, sudah banyak pilihan nama yang kami catat. 

Saya tidak melakukan USG maka hingga HPL sama sekali belum terbayang bayi yang akan lahir apakah perempuan atau laki-laki. Pada Sabtu, 27 Juni 2009 sekitar pukul 6 pagi saya merasakan kotraksi dan mules, tiba-tiba ada cairan bening merembes dari balik celana saya, saya langsung terpikir bahwa ini adalah air ketuban yang pecah dan sudah waktunya melahirkan. Prediksi HPL sebetulnya masih beberapa minggu lagi. Namun, pagi itu saya dan suami langsung berangkat ke bidan dan melakukan pemeriksaan. Ternyata memang benar sudah dekat waktu melahirkan dan saya sudah pembukaan 1. Saya diminta ibu bidan untuk jalan kaki di sekitaran klinik. Alhamdulillah rumah bersalin yang kami pilih ini sangat bagus, bersih, dan pelayanannya pun baik. Kami langsung masuk di kamar kelas 1. Saya mencoba berkegiatan seperti biasa dan sering jalan-jalan keliling ruangan. Semakin lama mulesnya semakin terasa dan intens. Ba'da Isya saya sudah tidak kuat menahan mules, bayi kami sepertinya sudah menendang-nendang ingin cepat keluar. Sekitar pukul 8 saya masuk ruang bersalin. Proses melahirkan pun dimulai. MasyaAllah sakitnya nikmat, perjuangannya luar biasa. Sekitar pukul 10 malam akhirnya bayi mungil kami lahir dengan selamat tidak kekurangan satu apapun. Bayi suci dan bersih pun hadir ditengah-tengah kami. Bayi yang saya lahirkan adalah bayi lelaki yang tampan dan sehat. Kebahagiann ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Bayi langsung didekatkan ke dada saya untuk pemberian dan merangsang ASI pertama kalinya. Bayi pun dibersihkan dan dibawa oleh bidan sementara saya langsung ditangani dan dibawa ke ruang inap. Saya ditemani suami istirahat di ruangan. Saat itu suami langsung sibuk mencari inspirasi nama untuk bayi lelaki kami, karena selama ini kami sibuk mencari nama bayi perempuan. Hehe.

Kami percaya bahwa nama adalah sebuah doa yang tidak lekang oleh waktu. Sebuah nama akan sangat berarti bagi kehidupan anak kami kelak. Nama yang kami berikan adalah sebuah cerminan dari harapan dan kebaikan yang semoga bisa tertanam pada jiwanya. 

Dari sekian banyak nama yang kami cari, akhrinya saya dan suami sepakat untuk memberikan nama Fahrevi Devito Subhan untuk bayi lelaki kami.

Fahrevi memiliki arti orang besar yang berguna.
Devito berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti menyalakan. 
Subhan diambil dari nama belakang ayahnya. Subhan berasal dari bahasa Arab yang berarti suci.

Sedangkan nama panggilan atau nama kecilnya adalah Vito yang berarti kehidupan.

Kami berharap Vito bisa menjadi seorang lelaki besar yang berguna dan bisa menjadi cahaya yang suci untuk semua di dalam kehidupan. Aamiin.

Ulasan ini saya buat karena terinspirasi oleh blog-post teman saya, Amy Zet yang mengulas tentang seputar pilihan nama untuk buah hati tercintanya. Saya yakin setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam memberikan sebuah nama.

Comments

  1. Nama adalah doa :D Semogaa dek vino bisa menjadi laki-laki yang besar dan tangguh serta memberikan kebahagiaan dan kebermanfaatan untuk sekitar. Aamiin. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah. Makasih banyak ya mba untuk doanya. Doa yang sama untuk mba Uci. :*

      Delete
  2. Suka sama nama panggilan kakak vito. Semoga nama yang kita sematin sama anak kita bisa jadi doa terbaik yang dikabulkan Allah ya teh. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih t Amy. Aamiin ya Allah.

      Sehat terus ya t Amy. :*

      Delete
  3. Fahrevi, bagus artinya ah aku jadi kepikiran mau pakai nama yang sama hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pilihan ayahnya Vito, asalnya mau Pahlevi, tapi lebih enak Fahrevi. hehehe

      Bolehhhh, nanti samaan dipanggilnya bisa juga Revi kan lucu yaaa. :)

      Delete
  4. Jadi inget Danny deVito aktor Hollywood yg pernah jd Penguin di salah satu film Batman. Artinya bagus banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kepikiran sama Don Vito Corleon malahan pas tercetur nama Vito. Hehehehe

      Semoga artinya bisa jadi doa. Aamiin :)

      Delete
  5. Nah, sama mbak, jadi ingat film Godfather deh jadinya.
    Jadi terinspirasi buat artikel yang sama, ne ~_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga terinpirasi dari film itu. Hehehe. Ayo bikin ka Anna, seru juga bahas tentang nama anak. :)

      Delete
  6. Sekarang Vito sudah besar ya.. Namanya Vito bagus Teh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teh udah gede sekarang. Makasih teh Mita.

      Banyak nama yang teteh buat juga bagus-bagus. Aku suka deh. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.