01 September 2016

Faktor yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Perumahan


Saat ini saya memang tinggal di area pemukiman penduduk biasa, bukan perumahan atau komplek. Beberapa tahun terakhir ini saya sering main ke beberapa perumahan di daerah sekitar rumah bahkan yang jaraknya lebih jauh. Saya mempelajari beberapa hal tentang memilih perumahan yang baik. Saat ini memang sudah tidak bisa dipungkiri, investasi di bidang properti cukup menjanjikan, dalam satu tahun bisa 2-4 kali naik sekitar 10-30%, karena untuk perumahan yang saya incar, saya terus pantau kenaikan harganya. Siapa tahu ada rezeki yang cukup dan bisa membeli satu rumah di perumahan yang diimpikan. *Aamiin

Ternyata untuk memilih perumahan itu banyak faktor yang harus diperhatikan;
  • Tentukan prioritas kebutuhan dan gaya hidup Anda dan keluarga
Ini berhubungan dengan lokasi yang sesuai. Dari mulai lingkungan yang memadai dengan fasilitas olahraga jika Anda dan keluarga suka olahraga, seperti; jalur sepeda, taman terbuka untuk jogging, kolam renang, dll. Apakah lokasi sekolah dan belanja terjangkau sehingga tidak memerlukan kendaraan untuk mencapainya.
  • Pemilihan bangunan
Anda tentu harus memilih bangunan yang sesuai dengan harapan, periksa semua elemen properti dengan baik. Perhatikan bangunannya, kerapihannya, bahkan bahan bangunan apa yang digunakan bisa langsung ditanyakan kepada pihak kontraktor atau pengembang. Tema bangunan juga perlu sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga, karena ini bisa memengaruhi kenyamanan selama tinggal.
  • Faktor lokasi perumahan yang strategis 
Ini menjadi pendukung utama juga karena, lokasi yang strategis selain mempermudah akses, ini akan berpengaruh juga dengan nilai properti rumah yang Anda tempati, jika ini dimasukkan dalam list syarat membeli rumah, walaupun suatu saat Anda dan keluarga harus pindah, pastinya tidak akan menyesal.
  • Harga Perumahan
Harga yang ditawarkan biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Selain itu lokasi menjadi faktor yang kritis dalam penentuan harga suatu perumahan, perumahan di kota tentu tidak bisa disamakan dengan perumahan yang dibangun di tengah kota. Ada banyak program perumahan murah yang diusung beberapa developer dan dan bahkan pemerintah. Di sini kita harus cermat memilih perumahan yang layak dan sesuai.


6 comments:

  1. Wah makasih teh sharingnya, bisa buat bekal masa depan, hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Noniq. Mudah-mudahan infonya berguna ya. Makasih juga udah berkunjung. :)

      Delete
  2. Saya pilih yang harganya terjangkau aja Teh :)

    ReplyDelete
  3. Yang paling utama lokasi mbak, kalo cari di pinggiran jakarta aku cari yang terjangkau transportasi minimal dekat stasiun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu faktor utama juga pemilihan lokasi yang strategis ya mba dan yg gampang akses umum. :)

      Delete