Skip to main content

Cara Merawat Furniture di Rumah


Furniture di rumah kita ternyata perlu dirawat juga agar awet. Setiap jenis furnitur itu berbeda penangannya. Saya mau berbagi pengalaman seputar teknik merawat furnitur. Rumah saya memang tidak besar tapi diusahakan setiap furnitur dibersihkan supaya bertahan lama dan juga terbebas dari debu atau jamur yang menempel. Furnitur itu beragam dari mulai kursi, meja, lemari, dan kasur juga perlu kita bersihkan.

Beda bahan, beda juga cara merawatnya:

Merawat furnitur kulit
Lap furnitur yang terbuat dari bahan kulit secara teratur dengan kain kering yang bersih, vakum debu dan puing-puing dari celah-celahnya, oleskan kondisioner kulit secara teratur agar lapisan kulit furnitute tetap terjaga. Hindari perendaman kulit dalam air / sabun dan penggunaan produk pembersih yang tidak dirancang khusus untuk kulit karena bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan.

Merawat furniture kayu
Untuk membersihkan  furniture kayu cukup hanya menggunakan air hangat dan sabun cair cuci piring. Membersihkan furniture dengan air tidak akan merusak asal furniture kayu tidak rendam. Gunakan sikat gigi bekas untuk daerah yang sulit dijangkau. Lap kotoran dari permukaan dengan kain lembut atau handuk sampai cukup bersih

Merawat furniture jati (outdoor furniture)
Gunakan refurbish boleh dengan warna emas atau natural untuk sealer, hal ini adalah untuk mempertahankan warna jati dan mencegah pelapukan atau perubahan warna menjadi abu-abu. Formula refurbish biasanya mengandung protectants UV, inhibitor jamur, dan pigmen.

Merawat furniture rotan
Menyeka tumpahan pada rotan bisa dengan kain bersih, dibasahi dengan sabun. Rotan dapat layanan cuci springbed Jakarta dan juga kota lainnya. Ini akan memudahkan kerja kita dan hasilnya pun pasti maksimal. dibersihkan di luar ruangan dengan mencucinya dengan sabun secara perlahan. Bilas dan langsung keringkan.

Merawat furniture tempat tidur 
Kasur atau springbed bisa juga dibilang sebagai bagian dari furniture yang ada di rumah. Springbed ini perlu perawatan juga karena jika dalam keadaan terkena tumpahan noda, berdebu, terkena ompol bayi, kasur bisa menjadi sarang penyakit. Bersihkan dengan menggunakan vakum, lap microfiber, dan dijemur di bawah terik matahari supaya tidak lembab dan bibit jamur mati. Jika kesulitan mencuci kasur Anda, sebetulnya di kota besar sudah ada layanan cuci springbed Jakarta dan juga kota lainnya. Ini akan memudahkan kerja kita dan hasilnya pun pasti maksimal.

Jika kita tahu cara merawat, selain jadi bersih, furnitur di rumah pun akan tahan lama. 

Comments

  1. wah baru tau mba ada layanan cuci springbed :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Wuri sekarang ada jasa layanan untuk cuci springbed dan sofa juga, jadi ga perlu khawatir buat bersihin noda tumpahan yang susah dihilangkan. :)

      Delete
  2. Furniture saya jati, biasanya di elap-elap aja pakai kanebo, itu gimana ya Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jati termasuk kayu yang kuat dan bagus, perawatannya ga repot. Selain ditempatkan di tempat yang suhunya normal dan kering, perawatannya cukup di lap pake kanebo basah udah oke itu mba, nah kalo ada noda bisa pake deterjen dan lap basah. Kalo buat permukaan tetep bening bisa pakai minyak jati. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.