Skip to main content

Transaksi Menggunakan E-Payment


Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, jelas hal ini sangat berimbas terhadap sistem ekonomi kita saat ini. Salah satu yang mengalami pergeseran adalah tentang alat pembayaran. Pengertian alat pembayaran yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber referensi memiliki pengertian yang luas. Alat pembayaran adalah media yang sah secara hukum (legal) sebagai alat untuk membeli barang atau jasa. Alat pembayaran ini berhubungan dengan sistem yang mencakup berbagai aturan lembaga serta mekanisme tertentu. Alat pembayaran digunakan dalam hal pemindahan dana untuk memenuhi kewajiban dari suatu kegiatan ekonomi juga berkaitan dengan pemindahan sejumlah nominal (uang) dari satu pihak ke pihak yang lain.

Sistem pembayaran pun mulai bergeser lagi-lagi karena efek dari kecanggihan teknologi. Saat ini mungkin orang sudah tidak asing mendengar kata e-payment, saya malah sudah sering bertransaksi online dengan cara ini. Sedikit saya jelaskan bahwa e-payment ini adalah bagian dari transaksi e-commerce dengan pembayaran elektronik untuk membeli dan juga menjual barang atau jasa yang ditawarkan melalui internet. Ada banyak bentuk pembayaran elektronik (e-payment). Sejalan dengan perkembangan teknologi, berbagai perangkat dan proses untuk bertransaksi secara elektronik terus meningkat dan penggunaan transaksi tunai atau cek menurun, ini dikarenakan oleh meningkatnya transaksi online secara signifikan selama beberapa tahun kebelakang hingga saat ini.

Selama bertahun-tahun silam pembayaran dilakukan dan didominasi secara fisik baik dengan uang atau pun cek. Sekarang metode pembayaran menggunakan sudah teknologi baru tidak hanya mengubah cara pembayaran, tetapi juga berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja dengan menggunakan e-commerce. Teknologi seperti smartphone mendukung tren pembayaran dengan sistem elektronik secara menyeluruh dan berbanding lurus dengan pertumbuhan e-commerce yang semakin menjamur saat ini.

Bahkan dengan teknologi sistem pembayaran  yang semakin maju, metode pembayaran alternatif saat ini tidak harus memerlukan dompet atau smartphone karna sudah dilengkapi dengan teknologi NFC yang mana kita bisa mendanai pembelian dari rekening virtual dengan hanya menggunakan nomor telepon dan PIN. Peningkatan jumlah orang menggunakan e-payment ini dikarenakan kemudahan baik mentransfer uang dan juga melakukan pembelian. Ini tentu lebih praktis, kita tidak harus berbagi rincian kartu. Akun e-payment ini juga menyediakan cara untuk mengirim dan menerima uang secara online.

Menurut saya pemnggunakan e-payment ini memang sangat praktis dan memudahkan bertransaksi secara online. Namun, kita perlu berhati-hati dengan memproteksi privacy, jangan sampai menyimpan keterangan lengkap seperti akun, nomor telepon, dan PIN di dalam smartphone Anda, karna jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau gadget berpindah tangan bisa-bisa akun virtual dan sistem keuangan online bisa jebol terbongkar atau disalah gunakan. 

Comments

  1. Sekarang mah emang serba praktis ya, semua jadi semakin gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, sekarang semua serba praktis dan instan. hehehehe Hikmahnya jadi memudahkan ya, teh. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.