Skip to main content

Bijak dan Cerdas Menggunakan Sosial Media

social media

Saat ini zaman sudah beralih ke era informasi dimana kemajuan teknologi sangat berperan aktif dan bahkan sebagian menganggap mengikuti perkembangan teknologi informasi adalah sebuah keharusan. Memang tidak bisa disangkal, saya pun adalah orang yang juga memanfaatkan media yang terlahir dari evolusi teknologi yang semakin hari semakin canggih saja.

Selain sandang, pangan, dan papan mungkin bukan hanya itu saja kebutuhan primer manusia sekarang ini. Melihat ketergantungan orang terhadap berbagai hal dalam hal yang berhubungan dengan dunia internet menjadikannya seperti bagian dari kebutuhan yang penting dan tidak terpisahkan, kebutuhan internet saat ini bisa dikatakan bersandingan dengan kebutuhan pokok manusia.

Dunia internet ini cakupannya luas. Saya memang memanfaatkan berbagai media yang  berhubungan dengan internet dari mulai menunjang dunia saya dalam blogging maupun terkoneksi dengan sosial media. Bicara tentang sosial media, saya terinspirasi oleh blogpost dari salah satu teman blogger - Co Founder KEB, ia adalah mak Indah. Menurutnya selain membagikan informasi, sosial media juga bisa dijadikan tempat curhat

Tentang media sosial, sering banyak ungkapan yang menyebutkan bahwa "timeline-mu ya timeline-mu dan timeline-ku ya timeline-ku, status-mu ya status-mu dan status-ku ya status-ku", ini berarti setiap orang di dunia sosial media berhak mengutarakan pikiran dan isi hatinya, dengan catatan semua itu bukan mengacu kepada SARA dan tidak memicu konfik, karna hal tersebutlah yang biasanya bisa membahayakan dan seringkali jadi pro kontra atau perdebatan tak berujung. Saling mengharga berlaku di mana saja baik dunia nyata dan dunia cyber. Kita harus bijak dan cerdas dalam bersosial media, ini karena sosial media merupakan konsumsi publik dan tentu siapa saja bisa dengan bebas mengaksesnya.

Ada satu ungkapan serta tanggapan dalam bersosial media yang menurut saya cukup bijak. Bersosial media dengan cara yang baik tentu bisa jadi pengaruh positif minimal untuk kita sendiri. Dalam dunia sosial media, berbagai hal banyak yang orang lain ungkapkan, tunjukkan, dan bagikan. Berikut ini menurut saya beberapa hal yang dibagikan di sosial media beserta tanggapan yang cukup bijak, cerdas, menyenangkan, dan positif. 

Dalam bahasa Inggris:

To the pregnant women on social media posting constant updates and belly pictures.
I love seeing how excited you are to become a mommy.

To the women posting "selfies".
Thanks for letting young girls know that it's okay to love yourself and to feel beautiful!

To the mom posting a million pictures of her kids. 
It makes my heart so happy to see parents so proud of and loving their babies!

To the married couple constantly posting "sappy love posts".
Thank you for being a reminder to the next generation that all hope isn't lost and happy marriages most definitely DO exist.

To the business owners who constantly post about their businesses.
keep going! Your strong will and passion for what you do is astounding! Even in the midst of all the negative remarks, you keep on going for yourself and your family!

To the person posting about their fitness journey & how they decided to change their life style for health reasons or just to look or feel better about themselves.
I love seeing your progress pictures, your healthy meals, your gym check inspiring, I especially love seeing your before and after pictures!

To the stay at home mom posting about being able to cook and or bake often for their family.
I love seeing all you can do with your kids & all those pictures you get to take of the moments you don't want to forget.

To the mom posting about how challenging their days can be because she has a job either because she needs to or simply because she loves her career. 
I love seeing how you manage being a hard working mom. 


Let's stop being annoyed by everything and start lifting each other up!

‪#‎EmpowerOneAnother‬ ‪#‎BeTheChange‬

[If you feel the world would be a better place if everyone would think this way I encourage you to copy & share. Have a nice day!]


Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Untuk wanita hamil di media sosial yang memposting update konstan kehamilan dan gambar perutnya.
Saya suka melihat bagaimana bersemangat Anda untuk menjadi seorang ibu.

Untuk para wanita yang memposting "selfie/swafoto".
Terima kasih untuk memberitahukan gadis remaja bahwa tidak apa-apa mencintai diri sendiri dan merasa cantik!

Untuk ibu yang memposting banyak gambar anak-anaknya.
Itu membuat hati saya sangat senang melihat orang tua sangat bangga dan mencintai anak mereka!

Untuk pasangan yang sudah menikah yang memposting "gambar saling bermanja".
Terima kasih untuk menjadi pengingat kepada generasi berikutnya bahwa semua harapan tidak hilang dan pernikahan bahagia pasti DO ada.

Untuk pemilik usaha yang terus-menerus memposting tentang bisnis mereka.
Teruskan! kemauan yang kuat dan semangat yang Anda lakukan adalah luar biasa! Bahkan di tengah-tengah semua komentar negatif, Anda terus berjalan untuk diri sendiri dan keluarga Anda!

Untuk orang yang memposting tentang perjalanan kebugaran mereka dan bagaimana mereka memutuskan untuk mengubah gaya hidup mereka karena alasan kesehatan atau hanya untuk melihat / merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.
Saya suka melihat gambar kemajuan Anda, makanan sehat Anda, gym Anda menginspirasi. Saya suka melihat gambar 'sebelum' dan 'sesudah'!

Untuk ibu rumah tangga, memposting tentang kemampuan memasak atau memanggang untuk keluarga mereka.
Saya suka melihat semua yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak & semua foto-foto untuk momen tidak terlupakan.

Untuk ibu yang memposting tentang bagaimana hari-hari mereka begitu menantang, bisa jadi karena dia memiliki pekerjaan baik dan dia mencintai kariernya.
Saya suka melihat bagaimana Anda menjadi seorang ibu yang selalu bekerja keras.


Mari kita berhenti merasa terganggu oleh segala sesuatu dan mulai saling menyemangati!

# EmpowerOneAnother # BeTheChange

[Jika Anda merasa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik, jika semua orang berpikir seperti ini. Saya mendorong Anda untuk menyalin & membagikannya. Semoga harimu menyenangkan!]

***


Satus tersebut cukup menyentuh dan membuat saya tersenyum. Seperti memberikan aura positif. Saya menemukan tulisan ini banyak dibagikan melalui berbagai media sosial seperti Facebook dan Path. Untuk siapa pun yang membuat status tersebut saya mengucapkan terima kasih. Bagaimana baiknya si pembuat tulisan di atas, untuk menebar kebaikan bahkan ia membolehkan siapa pun untuk menyalin dan membagikannya. Semoga kita semua bisa dengan bijak dan cerdas menggunakan sosial media yang ada.


Comments

  1. tetap bijak dan milah milih jangan sampai urusan kasur juga diumbar ya neng ? ha.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betul banget, tante. Semua ada batasan. Kalo urusan privacy sampe diumbar berarti ada yang salah di kita. hehehe

      Makasih udah mampir, tante Tini. :*

      Delete
  2. Kadang urusan like dan dislike itu tipis. Satu status bisa punya rasa yang beda sama yang bacanya. Ya positif thinking aja,ya, Zia. Cuma emang beberapa urusan seperti soal SARA atau urusan pribadi jangan selalu diceritakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, teteh. Setiap orang punya pandangannya masing-masing. Makanya apa yg kita suka belum tentu orang suka dan sebaliknya. Rumus bersosmed itu cuma satu saling menghargai ya, teh. :)

      Makasih udah ninggalin jejak teh Efi. *hugs

      Delete
  3. "Mari kita berhenti merasa terganggu oleh segala sesuatu dan mulai saling menyemangati!" ini pengingat yang bagus banget buat saya. Nggak merasa terganggu sih, cuman kadang miris saja kalau hal yang terlalu pribadi dicurhatin di socmed. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Isna. Suka miris dan cukup bikin saya mengelus dada juga kalo ada hal yang sangat pribadi di-share, apalagi yang namanya sesmed sekali tersebar sampai kapanpun sulit akan jadi konsumsi publik.

      Delete
  4. tidak mudah untuk menjadi bijak di media sosial but we can definitely try :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba Indah, sosial media penuh dengan tantangan. Yes! Indeed! We can definitely try. :)

      Delete
  5. Mari kita gunakan media sosial lebih bijak lagi saling share hal-hal bermanfaat dan saling mnyemangati pengguna sosial yang lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membagi hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk semua ya mba Wuri. Jadi pengguna media sosial yang selalu berbagi kebaikan. :)

      Delete
  6. semua tergantung yang baca kalau dia ngerasa terganggu ya wes jangan dibaca xD

    ReplyDelete
  7. mba Zia positif sekali orangnya...
    Saya kok gampang ba[er yaa,mba?

    #kurangpiknik mungkin yaaa...?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.