Skip to main content

Apa itu Invensi?

Penemuan atau invesi (invention) merupakan penciptaan perangkat baru, objek, ide, atau prosedur yang berguna bagi pencapaian tujuan manusia. Proses penemuan ini selalu didahului oleh satu atau lebih penemuan yang membantu penemu memecahkan masalah yang dihadapi. Sebuah penemuan mungkin saja terjadi atas sebuah ke-tidak-sengaja-an, seperti penemuan sinar X oleh Wilhelm Conrad Roentgen ketika dia bereksperimen dengan sinar katoda, atau diinduksi. Lainnya penemuan penangkal petir oleh Benjamin Franklin setelah dia membuktikan bahwa petir adalah gejala listrik. Dalam penggunaan umum penemuan, istilah ini hanya diterapkan ke produksi bahan baru atau perangkat yang beroperasi, dan istilah penemu (inventor) diterapkan pada seseorang yang telah menghasilkan perangkat baru atau materi.

Istilah penemuan sering  diterapkan pada prosedur baru, sehingga seseorang bisa dikatakan telah menemukan permainan baru atau sistem baru akuntansi. Hal baru dan unik yang dihasilkan oleh manusia adalah sebuah penemuan; definisi ini diakui oleh Johann Sebastian Bach. Di kebanyakan negara, kelas-kelas tertentu dari penemuan yang diakui secara hukum, dan penggunaannya dibatasi oleh kontrol penemu. Di Amerika Serikat, setiap seni baru dan berguna, mesin, manufaktur, atau material, atau perbaikan baru dan berguna ini, mungkin dilindungi oleh hak paten; bahan tulisan musik, lukisan, patung, dan foto-foto dilindungi oleh hak cipta. Perlindungan yang diberikan oleh pengakuan hukum terbatas; dalam banyak kasus, jika seseorang mengubah sebuah penemuan dan dengan demikian meningkatkan atau perubahan itu, orang mungkin memenuhi persyaratan untuk paten baru atau hak cipta. Paten dan hak cipta hukum tidak menyediakan cakupan untuk semua penemuan. Banyak proses dan ide-ide kurang jelas karakteristik, seperti konsep psikologis berguna dalam periklanan, tidak dapat dilindungi secara hukum.

Comments

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.