07 April 2017

Sepak Terjang Danone Indonesia


Pada 20 Maret 2017 saya bersama rekan media dan blogger memenuhi undangan Danone dalam acara "Media Gathering Danone Indonesia" yang bertempat di restoran D'Palm Bandung. Talkshow digelar dengan nuansa yang hangat dan santai dipandu oleh bapak Michael dari Danone Indonesia. Pembicara yang hadir dalam sesi pengenalan program serta sesi tanya jawab, antara lain; Joko Prasojo selaku kepala pabrik AQUA Subang, Zaenal Abidin sebagai Stakeholder Relation, Rany Juliani selaku Koordinator CSR, dan Arif Mujahidin sebagai direktur komunikasi Danone Indonesia. 



Sekilas tentang Danone

Kita semua mengetahui bahwa Danone adalah perusahaan makanan dan minuman global. Kantor Danone berpusat di Paris, Perancis. Danone memilik visi dengan membawa kesehatan melalui produkya kepada sebanyak mungkin orang. Selain itu dengan misi dan komitmen ganda, bukan hanya sukses dalam bisnis namun juga untuk kemajuan sosial, perusahaan memiliki tujuan membangun untuk membangun masyarakat yang lebih sehat dan kehidupan generasi mendatang yang lebih baik.

Ada beberapa produk Danone yang kita ketahui dan sebetulnya dekat dengan keseharian kita karena produknya banyak menjadi konsumsi masyarakat kita setiap hari. Empat perusahaan Danone Indonesia antara lain Aqua, Sarihusada, Nutricia, dan Nutricia Advanced Medical Nutrition.

Bagaimana kiprah Danone di Indonesia?

Danone Indonesia memiliki tiga kategori utama, yaitu; minuman AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), minuman ringan non karbonasi, dan nutrisi untuk awal kehidupan. Untuk nutrisi medis tidak diperjualbelikan secara umum dan dibereikan dengan resep dokter, tenaga medis, atau ahli gizi.

Komitmen Danone indonesia bukan hanya sukses dalam bisnis, melainkan harus sejalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan sosial. Danone sangat concern terhadap program CSR. Berikut adalah beberapa implementasi dalam berbagai inisiatif lingkungan dan sosial yang dijalankan oleh Danone Indonesia:
  • Danone Indonesia mengimplementasikan berbagai program untuk kesehatan anak dan ibu, hal ini untuk menjaga kehidupan awal melalui program edukasi dan pengembangan komunitas.
  • Melindungi daerah aliran sungai serta meningkatkan baik kualitas / kuantitas dan aksen air dengan program konservasi, restorasi irigasi pertanian, meningkatkan aksen air bersih di sekitar wilayah operasional, dan praktik pertanian berkelanjutan.
  • Mengurangi CO2 dengan menurunkan rasio kemasan dan mendaur ulang kemaasan. Sejak 2008 diketahuhi bahwa Danone Indonesia berhsail mengurangi CO2 sebanyak 22%. Kemasan air minum sekarang lebih tipis, inilah salah satu upaya Danone mengurangi dampak lingkungan.
  • Menciptakan dan meningkatkan kesempatan penyediaan lapangan pekerjaan, seperti "AQUA ladies", recycling business unit, sampai ribuan penerima manfaat dari pengembangan ekonomi.


Klarifikasi Issue Tentang Perusahaan Danone yang Memproduksi Nutrisi Awal Kehidupan

Setelah penjelasan mengenai sejarah singkat Danone Indonesia dan program yang diusung seputar CSR, acara dilanjutakn dengan sesi tanya jawab. Saya sendiri menanyakan satu issue yang mencuat di masyarakat dan sudah sangat viral di dunia maya, ini mengenai protes terhadap salah satu perusahaan Danone yang memproduksi nutrisi awal kehidupan. Gerakan NGO ini melakukan investigasi dan protes terhadap pemasaran susu formula ke negara berkembang, yang mana ada aturan bahwa susu formula tidak diperkenankan dipasarkan ke negara yang kualitas air minumnya buruk (tidak memiliki kualitas air keran layak minum). Banyak kasus kematian bayi yang diakibatkan oleh diare, kebanyakan di negara berkembang ini kasus yang terjadi dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula. 

Pertanyaan yang saya ajukan dijawab secara bijak oleh bapak Arif Mujahidin, beliau menerangkan bahwa tingkat kematian bayi setiap tahunnya memang sangat tinggi dan disebabkan oleh berbagai faktor. Diketahui bahwa Indonesia sudah memiliki air bersih yang diproses dengan teknologi tinggi dan layak minum, air minum dalam kemasan kini mudah ditemukan dipasaran, perlu ditegaskan bahwa Indonesia memiliki budaya tidak minum dari air keran. Dari pelosok hingga kota saat ini sudah banyak masyarakan yang menggunakan air kemasan, bahkan di kawasan yang dekat dengan mata air masyarakatnya masih menggunakan air yang dimasak.

Danone sangat menjunjung tinggi ASI (Air susu Ibu). Produk nutrisi awal kehidupan ini untuk mereka yang memang membutuhkan asupan bagi bayi yang terkendala dalam mendapatkan ASI, karena bayi tidak mungkin diberikan asupan minuman selain susu apabila bayi tersebut baru lahir dan tidak mendapatkan asupan makanan utama berupa ASI. Penyebab utama diare pada bayi bukan pada produk susunya tetapi dari cara menyajikannya, membersikan botol susu secara steril dan benar ini adalah kunci penting, jika tidak maka bayi terancam penyakit saluran pencernaan yang bisa menyebabkan diare bahkan kematian.

Rangkaian acara berjalan seksama. Edukasi mengenai lingkungan, pengenalan program Danone, dan talkshow serta tanya jawab tersampaikan dengan baik. Acara pun ditutup dengan pembagian doorprize, foto bersama, dan makan siang.


8 comments:

  1. Air bersih layak minum memang mutlak ada dalam kehidupan kita ya, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mak Yas. Air bersih layak minum memang penting banget. Kebutuhan tubuh yang wajib terpenuhi. :)

      Delete
  2. Produk Danone sangat terkenal dan mudah dijumpai ya mba. Air memang penting baget buat kehidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produknya setiap hari kita konsumsi. Iya, betul mba Rach, air kebutuhan penting kita sehari-hari. :*

      Delete
  3. Yang paling gak asing dari Danone memang Aqua yaa...


    Idenya sederhana tapi dikemas dengan berbagai strategi yang luar biasa.

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul dan ternyata Vit pun adalah salah satu produk Danone, ya. Hehehehe

      Selain itu mereka concern terhadap sosial dan lingkungan, ini yang bisa jadi nilai plus. :)

      Delete
  4. lengkap bgt ulasannya teh..keren

    ReplyDelete