18 January 2017

Penggunaan Kunci L pada Furniture dan Jenis-Jenisnya

Penggunaan Kunci L pada Furniture dan Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan ini saya ingin mengulas sesuatu yang sebetulnya lekat dengan dunia laki-laki, namun menurut saya perempuan juga perlu tahu. Saya ingin membahas tentang salah satu perkakas. Kita pasti sering mendengar istilah kunci L, bukan? Di rumah, saya juga memiliki set kunci L yang sering digunakan dari mulai untuk mesin sampai furniture.

Kunci L disebut juga Allen Key, memang tidak hanya digunakan untuk kebutuhan teknik saja, Allen Key ini juga dapat digunakan untuk perakitan. Jika mencari kunci jenis ini di tempat jual kunci L, bisa juga menanyakannya dengan sebutan Hexagonal Key atau Allen Key untuk istilah secara Internasional.

Tentang bagaimana kunci L disebut Allen Key? Jadi, menurut dunia pertukangan, istilah tersebut berasal dari seorang Perancis yang mengenal bentuk mur segi enam (Allen Wrench) dan ungsi kunci L (Allen Key) ini memiliki fungsi sebagai obeng. Mengapa jadi banyak negara yang menggunakan kunci jenis ini? Ini dikarenakan biaya pembuatannya jauh lebih murah daripada biaya pembuatan sebuah obeng biasa.

Kunci L atau Allen Key ini seringkali menjadi pilihan para produsen furniture (knock down) untuk dijadikan hardware tambahan. Sehingga konsumen tidak kesulitan dan tidak memerlukan alat lain untuk merakit furniture mereka. Di tempat jual kunci L, ukuran kunci ini tersedia dalam berbagai variasi yaitu 1,5 mm, 2 mm, 2,5 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm dan 10 mm. Dimana ukurannya dihitung dari ukuran terluar dari sisi-sisi kunci L yang sejajar.

Kunci L atau Allen Key juga memiliki tipe lain dengan ujung kunci yang berbentuk seperti bola. Dengan desain seperti itu, kunci L dapat digunakan dengan sedikit menyerong (tidak tegak lurus) ketika digunakan untuk memasang atau melepas sekrup. Penemu kunci L tipe ini adalah Bondhus Corporation pada tahun 1964.

Berikut ini beberapa jenis kunci L berdasarkan bentuk ujungnya:

1. Kunci L Hexagonal (Foldable Hex Key)
Disebut dengan kunci L hexagonal karena bentuknya seperti huruf L dengan ujung segi enam. Kunci L jenis ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Kita bisa membelinya dalam satuan atau dalam kemasan set. Intinya kunci L jenis ini paling mudah dicari.

2. Kunci L Diamond (Foldable Ballpoint Hex Key)
Kunci L jenis ini memiliki ujung kunci yang lebih pendek seperti pangkal ballpoint. Di toko jual kunci L, Anda bisa membelinya dalam kemasan set yang terdiri dari 8 atau 9 kunci. Kunci L Diamond termasuk jenis kunci L yang sulit dicari di pasaran dan harganya cukup mahal.

3. Kunci L Bintang (Foldable Torx)
Ujung kunci L Bintang menyerupai bintang segienam. Kedua ujungnya bahkan dapat digunakan untuk membuka dan mengeraskan baut. Seperti halnya kunci L Diamond, kunci L Bintang juga masih cukup sulit dicari di pasaran.

4. Kunci L Bintang Berlubang (Foldable Torx With Hole In Tip)
Bentuknya memang sama dengan Kunci L Bintang, bedanya hanya pada bagian tengah Kunci L Bintang Berlubang dilengkapi lubang. Karena ada juga beberapa baut yang pada bagian kepalanya selain berbentuk bintang juga dilengkapi dengan tonjolan kecil di bagian tengahnya. 

Itulah beberapa macam kunci L untuk furniture dan jenis-jenisnya yang mana bisa kita temukan di toko jual kunci L di manapun berada. Semoga bermanfaat, ya.

14 comments:

  1. Aku punya beberapa mak cantik. Pas beli perabot pasti dikasih itu. Kayak meja makan, kursi makan, harus rakit sendiri disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaka sayang. Sekarang kalo beli furniture rakitan kita dapet kunci L kayak begini. hehehe

      Sama, kak. Di sini juga harus rakit sendiri. :)

      Delete
  2. aku juga punay, amksudnay punay suamiku, dia lengkap peralatan tempurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Betul banget mba Tira, bapak-bapak biasanya melengkapi peralatan tempur pertukangan di rumah. Kita mah lengkapin peralatan dapur aja fokusnya. hihihihi

      Delete
  3. dirumah saya juga punya kadang untuk memperbaiki sepeda rem cakram motor dll.. banyak deh kegunaannya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, sekarang kunci pas L banyak dipake untuk mesin atau furniture. :)

      Delete
  4. Hihii kegunaanya banyak juga ya kunci L ini
    Cuma sering liat papi io ngoprek - ngoprek pake ini.
    Sering-sering posting yang gini teh, pengetahuan banget buat emak kaya aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan bapak-bapak ini mah yah seputar perkuncian. Hehehehe

      Iya, Tha. Aku juga nambah-nambah ilmu pengetahuan. Hehehe

      Delete
  5. Nah loe, ini baru kunci L. Banyak nian variannya. Apalagi kunci hati, eh. Gak nyambung ya, hahaha...

    Pernah lihat di katalog, wiii... ada banyak banget kunci di dunia ini.

    Yang pasti aku pegang, kunci hatimu, eh, ngawur lagi, kan.

    Sudah ah, gitu aja! ~_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunci hati cuma satu yang punya ya ka Anna. Hahahaha

      Iya, aku juga baca-baca teryata jenis kunci di dunia ini banyak banget.

      Peluk ka Anna :*

      Delete
  6. aku juga berkali-kali diajarin suamiku tentang kegunaan kunci L tapi ya gitu deeeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang dipegang resep masakan baru bisa eksplor ya, mba Indah. Urusan perkuncian gini lebih cocok buat para bapak. hehehe

      Delete
  7. Baru tau ini kunci L bnyk bngt jenisnya 😂 yg kutau cuma buat motor krn adekku anak tehnik mesin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga awalnya ngira begitu. Eh ternyata pas ada furniture, ini pake kunci L juga. Hehehe

      Delete