25 November 2016

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu


Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving, pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis.

Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca memang agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM. 


Pertama kami tiba di pantai Citepus, pantainya sangat ramai pengunjung, ombaknya terbilang tenang. Di sana kami istirahat makan siang di pinggir pantai sambil menggelar tikar. Keluarga membawa menu timbel khas Sunda, menunya antara lain; nasi yang ditimbel (dibungkus daun pisang), ayam goreng, tahu, tempe, ikan asin, lalapan, sambal, dan juga kerupuk.

Botram makan siang
Pantai Citepus ini jadi spot pertama untuk titik kumpul, kita menunggu beberapa mobil keluarga yang masih dalam perjalanan dari kota berbeda. Di sini pantainya oke untuk main air, ombaknya tidak terlalu besar, yang sangat disayangkan pengunjung banyak yang membuang sampah sembarangan.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya semua berkumpul dan kita pun berlanjut ke titik selanjutnya sambil mencari hotel dan penginapan di area yang dekat dengan pantai. Hari semakin sore, kita sempat mengunjungi pantai Karang Hawu dan bersantai sore di sana menikmati matahari yang perlahan mulai tenggelam.

Akhirnya menjelang magrib kita dapat penginapan di daerah Cisolok dekat pantai Cibangban. Pantai ini tidak seramai pantai Citepus. Pantai Cibangban memiliki panorama yang memanjakan mata, pemandangan sekelilingnya indah, pantainya sepi, sudah seperti pantai pribadi. Kita semua berjumlah 40 orang dari 8 keluarga. Menghabiskan malam di dekat tepi pantai.

Saya dan keluarga besar

Di penginapan terasa sangat hangat. Sebagian besar kamar didominasi keluarga. Pada saat malam kita menyalakan kembang api dan berkumpul bersama sambil menikmati liburan keluarga yang seru. Kita sudah mendapati sunset yang indah dan pastinya memburu sunrise dari pantai Cibangban. 

Sambil menuju matahari terbit anak-anak bermain dan berlarian di tepi pantai
Pagi hari yang cerah setelah matahari mulai naik, kami mengadakan berbagai macam permainan mulai dari membangun sand castle (istana pasir) sampai permainan sepak bola pantai ibu-ibu. Semua saling support dan bergembira. 
Keseruan anak-anak membangun istana pasir
Beberapa wisata Pelabuhan Ratu selain keindahan pantainya, diantaranya; 
  • Spot untuk scuba diving yang menawan. Walaupun pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan arus deras, namun ada beberapa spot yang bisa dinikmati untuk scuba diving seperti Sodong Parat, Karang Antuk, dan juga Batu Kuok, 
  • Goa Lalay adalah gua yang memiliki jutaan kelelawar hidup di dalamnya (jelang senja sekitar pukul 5 sore gerombolan kelelawar akan mulai terbang keluar dari gua), lokasi gua hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai. kita bisa menikmati sunset sekaligus menyaksikan atraksi ribuan kelelawar yang terbang lepas.
  • Terdapat tempat pemandian air panas berlokasi di desa Cisolok. Uniknya, air  keluar melalui bebatuan dengan tiga titik sembur. Air panas yang keluar dari titik sembur bersuhu tinggi mencapai 80 derajat Celcius, kita tidak diperbolehkan berada dekat dengan titik sembur. 
Hotel dan penginapan di Pelabuhan Ratu

Saya tidak kesulitan menemukan penginapan atau hotel di sini. Sebaiknya untuk hotel kita bisa booking terlebih dahulu supaya jelas ada tempat beristirahat ketika sampai. Saya lebih suka booking hotel secara online karena banyak Promo hotel atau hotel murah yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Ohya, ada info menarik untuk yang mau liburan, akan ada promo diskon besar s.d 50% untuk booking hotel di pegipegi mulai 1 Desember 2016. Untuk info selengkapnya ada di pegipegi.com. Catat tanggalnya, ya. Jadikan momen liburan bersama keluarga lebih berkesan.



15 comments:

  1. Wah, seru ya Mba', bisa mantai bareng keluarga besar, apalagi bisa nginep. Semoga suatu saat bisa mewujudkannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Julia, seneng banget bisa liburan dengan keluarga besar. Aamiin, moga nanti mba Julia dan keluarga bisa liburan seru juga sama-sama. :)

      Delete
  2. Naah Teh Zia akses ke Pelabuhan Ratu lagi dirancang supaya mudah dan cepat itu Bunda peroleh infonya kemaren siang Sabtu 26 nop kami KBandung audiensi di Pendopo dg Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sodikin dengan Kang Emil . . . siiplaa informatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mudah-mudahan nanti aksesnya lebih mudah dan cepat ya, Bun. Jadi bisa liburan mantai lagi. hehehe Reportase bunda di event kemaren aku tunggu dan siap mantengin update blog bunda. Hatur nuhun, bunda sayang. :)

      Delete
  3. Replies
    1. Iya, mbak Prana. Ngga terlalu rame juga. hehe

      Delete
  4. pantai indah tapi aku belum pernah ke sana :D


    salam kenal mbaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga nanti berkesempatan untuk liburan ke sana ya mba.

      Salam kenal juga :*

      Delete
  5. nunggu sunrise ya mba..keren suka liat pantainya..seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nova kita nunggu sunrise dari pagi masih gelap. Cantik banget pemandangan matahari terbitnya. :)

      Delete
  6. Pelabuhan Ratu memang cantiiiik :)... terakhir ke sana udah lama bangeeet

    ReplyDelete
  7. Well, I would like to get there somehow. I think that it should be a great idea to add more interesting materials on that.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You should come and enjoy the view here.

      Delete