Skip to main content

#MemesonaItu Adalah Dia yang Berjiwa Tegar


Saya kenal baik dengan seorang wanita yang menurut saya begitu tangguh dan luar biasa. Tidak perlu disebutkan siapa namanya, bagi saya dia adalah inspirasi. Sungguh ini adalah kisah nyata. Masa kecilnya tidak diisi dengan cerita bahagia seperti anak-anak lain pada umumnya dan masa depannya direnggut di usia yang sangat belia. Saat itu semua hancur seketika. Ditambah lagi dengan kehidupan di bangku sekolah yang penuh dengan caci maki serta bully karena keadaan fisik. Hal ini lah yang membuatnya menjadi seorang penyendiri. Perempuan kecil penuh luka. Orang bisa mengolok apa yang tampak terlihat, tapi sesungguhya gadis kecil ini memiliki kecerdasan intelejensia yang tidak biasa karena buku adalah kawan setianya, tidak ada seorang pun yang bisa merenggutnya.

memesona itu
Bukan hanya masa kecilnya saja yang rapuh dan penuh liku. Beranjak dewasa, nasib mengantarkannya kepada ujian hidup yang semakin tinggi tingkatnya. Kehidupan rumah tangganya goyah, ia menerima siksaan lahir dan batin yang tak berkesudahan. Kini ia pun terpaksa menjadi seorang single parent dengan dua anak. Wanita ini sudah menyelami berbagai rasa asam dan pahit dalam rumah tangganya, pun masa kecilnya yang penuh dengan dilema. Dengan menghadapi hidup yang tidak biasa, mungkin dengan cerita hidupnya yang begitu kelam, bisa saja dia berakhir dalam rundungan duka.

Fisiknya penuh bekas luka menganga, walaupun sudah mengering tidak akan sembuh sempurna dan kembali ke bentuk semula. Hinaan dan anggapan orang terhadap dirinya penuh dengan pikiran skeptik. Saya beruntung dipertemukan dengan dia. Pertama kali mengenalnya, saya kagum akan karyanya, bukan karena apa yang saya lihat melalui kasat mata. Saat bertatap muka dan kita saling bicara, saya melihat sosok wanita istimewa terpancar dalam dirinya. Dia bangkit sudah sejak lama. Dia membangun pondasi yang ada dalam dirinya, tidak ada satu pun yang bisa menghancurkannya. Dia berkarya dengan penuh totalitas, mengerjakan segala hal dengan hati dan sungguh-sungguh. Dia adalah seorang penulis yang saat ini karya-karyanya sudah dinikmati ratusan pasang mata. Tulisannya mampu menggetarkan hati. Saya percaya terkadang menulis adalah bagian dari terapi jiwa. 

“She made broken look beautiful
and strong look invincible.
She walked with the Universe
on her shoulders and made it
look like a pair of wings.” 
― Ariana Dancu

Dari potongan-potongan cerita kehidupannya, saya memiliki pandangan tentang bagaimana wanita memesona itu. Saya setuju bahwa skala kecantikan itu relatif. Jika ditanya tentang kecantikan, kebanyakan orang akan mulai mendeskripsikan fisik. Bagi saya bukan hanya tentang apa yang terlihat dengan mata. Pesona kecantikan itu lebih dari sekadar fisik, karena kecantikan yang sebenarnya terpancar dari dalam jiwa. Ini jelas menyangkut cara pandang, sikap, dan pola pikirnya. Saya banyak belajar dari kisah teman saya, dan menurut saya wanita memesona itu bisa menempatkan diri dimana dia berada, menerima keadaanya, percaya pada kemampuan diri, mampu bangkit dari keterpurukan, dan bisa menjadi dirinya sendiri.


Saya pun percaya bahwa setiap wanita terlahir dengan pesonanya masing-masing. Hal ini berkaitan erat dengan inner beauty, karena pesona dari dalam diri seorang wanita lebih penting dari pada yang hanya tampak terlihat dari luar. Bisa digambarkan bahwa pesona dari dalam diri seorang wanita adalah sesuatu yang terpancar melalui karakter seseorang bukan karena penampilannya saja. Inilah pesona dari seorang wanita yang jauh melampaui penampilan fisik semata.

Peristiwa bullying fisik ini kerap terjadi di sekitar kita, ada sebagian orang beranggapan bahwa pesona inner beauty adalah cliché, mereka berpikiran bahwa konteks inner beauty hanya sebagai sesuatu yang sengaja diangkat untuk menutupi seseorang yang secara fisik terlihat tidak menarik. Menurut saya itu ungkapan paling konyol, orang-orang seperti itu tidak memiliki pikiran terbuka dan hanya melihat sesuatu dengan sebelah mata. Berkaca dari kisah teman saya di atas, jelas bahwa pandangan orang-orang yang hanya mementingkan tampilan luar adalah salah besar. Dalam rapuh dia bangkit. Dia adalah wanita yang mampu mengumpulkan puing-puing kesedihan yang dibangun menjadi sebentuk pondasi hidup yang kokoh dan tak tergoyahkan.

"Teruntuknya, terima kasih sudah menjadi wanita yang tak pernah lelah menguatkan sesama, selalu menginspirasi, dan juga berbagi."

💜

"Setiap wanita tidak bisa disamakan satu sama lain, 
mereka punya cara yang berbeda dalam memperjuangkan hidupnya, 
dan setiap wanita memiliki caranya masing-masing untuk tampil memesona."

 #MemesonaItu

Comments

  1. pesona memang terpancar dari dalam ya mbak. saya juga pernah punya teman yang memesona karena ke-PD-annya. kalau lagi pusing, lihat dia jadi semangat lagi.

    sekarang dia dah jadi doktor di kampus. keren lah dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mba. Itu lah pesona yang sesungguhnya. Wanita yang percaya diri memang selalu terpancar dari setiap pembawaannya, kita jadi terbawa semangat. Wah, berarti teman mba perempuan cerdas ya. :)

      Delete
  2. Setiap kita memang diuji sesuai kemampuan ya Mba', teman mba' Zia salah satunya, goodluck lombanya Mba'.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah tidak akan memberi ujian diluar batas kemampuan manusia, ya mba Julia. Seberat apapun cobaan yang dipikul pasti ada awal akan ada akhirnya, berserah dan bangkit.

      Makasih ya, ma. :)

      Delete
  3. Salut buat temen mba itu. Menghadapi bullyan sejak kecil itu menyakitkan.
    Alhamdulilah kalu bisa tegar. Wanita-wanita tangguh spt ini memang memesona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bullying itu seringnya menimbulkan trauma, bagi sebagian orang itu bisa jadi titik balik pembuktian bahwa seseorang yang di-bully itu bisa sukses dan maju.

      Tidak mudah menjadi tegar, ya mba. Setuju orang seperti itu memang betul memesona. :)

      Delete
  4. Memesona dengan memilih untuk tegar menghadapi cerita hidup yang sulit itu bukan hal yang mudah ya mbak. Tapi kalau kita sampai bisa tegar dan kuat itu pasti mengagumkan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kagum melihat ketabahan, ketegaran, dan akhirnya teman saya bisa bangkit. Buat saya itu luar biasa. :)

      Delete
  5. wanita yg pernah terpuruk dan bisa bangkit kembali adalah wanita yg tegar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba Santi, dan itu semua ngga mudah. Yakin bahwa badai itu memang pasti berlalu. Ujian dan cobaan itu ada akhirnya. :)

      Delete
  6. setiap orang terlahir memesona dengan kekurangan dan kelebihannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, saya setuju banget mba. Kita punya pesona masing-masih terlepas dari kekurangan dan kelebihan kita. :)

      Delete
  7. Biasanya, anak-anak yang mendapat tantangan dari kecil, tumbuh jadi orang yang memesona. hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seseorang bisa melewatu cobaan masa kecil yang berat seringkali membuat seseorang itu cepat dewasa, lebih kritis, dan berpikiran matang. Ya, ia akan tumbuh menjadi wanita memesona. :)

      Delete
  8. Benar2 salut dengan temannya mba, walaupun tentunya tidak mudah bisa bangkit dari cobaan dibully, selalu terinspirasi dengan orang2 yang bisa bangkit dari trauma masa lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BUlly ini pasti meninggalkan luka yang mendalam. Memang hebat orang yang bisa bangkit dari trauma masa kecil. Saya juga salut dan bangga mba punya teman seperti dia. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Liburan Bersama Keluarga ke Pelabuhan Ratu

Palabuhanratu atau yang biasa kita sebut dengan Pelabuhan Ratu adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga besar berlibur ke Pelabuhan Ratu, ini adalah salah satu objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dari mulai pesona pantainya, spot scuba diving , pemandian air panas, hingga goa kelelawar yang eksotis. Perjalanan panjang kami tempuh dari Bandung sampai ke Sukabumi. Alhamdulillah perjalanan terbilang cukup lancar walaupun cuaca agak mendung dan sempat hujan. Jarak Bandung - Sukabumi (Pelabuhan Ratu) sekitar 150 KM.