Skip to main content

Tips Melipat Baju untuk Eco-mom


Saya mau menyapa dulu para Eco-mom, khususnya ibu-ibu yang ingin praktis untuk pekerjaan rumah yang behubungan dengan urusan lipat-melipat. Yup, melipat baju buat sebagian orang mungkin kedengaran seperti pekerjaan sepele. Tapi, buat ibu-ibu seperti saya yang setiap harinya bertemu dengan urusan ini pasti mengerti bagaimana rasanya, melipat baju ini memakan waktu cukup lama.

Pernah kah merasa kesal waktu sedang melipat baju? Kalo iya, mungkin kita harus *toss dulu, karena saya juga merasakan hal yang sama. Hehehe. Dulu saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melipat baju satu ember. Mungkin metode melipat baju yang saya gunakan terlalu ribet dan memakan waktu lama.

Nah, sekarang saya sudah menemukan cara melipat baju yang lebih cepat dan efisien, hanya butuh waktu 5 detik saja. Disini saya ada beberapa trik untuk melipat baju dengan cepat dan tepat. Siapa tau bermanfaat buat para Eco-mom yang lain. Yuk, disimak sama-sama.

1. Melipat dengan alat pelipat baju
Cara melipat baju ini menggunakan alat pelipat. Alat pelipat ini bisa kita dapatkan di toko-toko online. Kalau mau,  Eco-mom bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan dasar kardus bekas. Biar lebih gampang, ini dia lihat tutorialnya:


2. Melipat agar lipatan baju tidak terlihat
Cara yang ini merupakan cara yang sangat umum dipakai dalam melipat kemeja pada keseharian kita. Cara yang simpel ini membuat kemeja mempunyai bekas lipatan pada bagian lengan atas dekat pundak dan bagian kanan-kiri badan kita. Agar bentuk lipatannya tidak terlalu membekas sebaiknya jangan terlalu menekan lipatan-lipatan tersebut.

3. Menggulung Baju
Kalau trik ini mungkin lebih cocok digunakan saat akan berpergian atau traveling, cara ini efektif agar semua baju yang kita bawa bisa masuk tas semua. Ini cocok buat Eco-mom yang sering berpergian jauh dan sering membawa baju yang banyak.


4. Cara melipat baju dengan cepat
Setau saya cara ini adalah cara melipat baju dari orang-orang Jepang. Dengan cara ini, kita bisa melipat baju dengan praktis dan cepat. Kurang dari 5 detik kita sudah bisa melipat baju dengan rapi. Cara ini lah yang sekarang sedang saya terapkan, karena menurut saya ini cara yang paling cepat dan tepat untuk melipat baju dengan rapi.




Nah, Eco-mom itulah beberapa trik yang saya ingin share. Sejauh ini saya merasa cara-cara tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga saya. Waktu yang dibutuhkan untuk melipat baju pun tidak terlalu lama. 

Oh iya, kalau ada Eco-mom yang bisa melipat baju dengan cara-cara yang efisien, kenapa tidak mencoba ikut #ShirtFoldingChallenge. Itu challenge untuk menunjukkan kemampuan kita dalam melipat baju dengan cepat dan praktis. Info lebih lanjut, bisa cek di http://www.ecomom.co.id/shirt-folding-challenge/. Kalau saya sendiri langsung exited ikut andil dalam challenge ini dari kemarin. Lumayan hadiahnya kalau bisa menang. Yuk, ikut berpartisipasi.  ðŸ˜ƒ

Comments

  1. Seni melipat baju ini aku belum tamat tamat mbak..susahnya minta ampun..
    Waktu sekolah di keperawatan diajarin sih seni melipat kain :D wkwkw aneh pelajaran kami dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang-gampang susah ya kak Dewi. Wah, keren dan unik banget ada pelajaran seni melipat kain. Hehehe.

      Delete
  2. Hahaha, saya paling nggak bisa ngelipet baju. Kalau saya yg ngelipet, istri pasti ngomel-ngomel karena ngga pernah rapi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitu udah hebat mau bantu istri ngelipet, pa. Hihihi Semangat latihan melipat baju...

      Delete
  3. aku paling malas nyetrika soalnya bermasalah dalam melipat baju, sering kali saat mau dipakai malah kusut, hadeuhhh , makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kadang menguras keringat juga ya mba Tira urusan setrika sama melipat. Hehehe.

      Sama-sama, mba. :)

      Delete
  4. Satu ember melipat baju . . . jiwa menjadi kering dan kerontang hehehe attuh Bunda hayyoo berember - ember. Tulisan kece' Neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih bunda aku suka asa lelah urusan setrika dan lipat-melipat baju. Hehehe. Luar biasa ini bunda pasukannya banyak, keluarga besar kebayang sekali nyuci berapa ember. Semangat dan sehat terus yang pasti mah ya, bun. :)

      Delete
  5. Aku pun paling males harus melipat baju. Ternyata ga sendirian, banyak teman euy hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, teh. Ini melipat baju gini kayaknya udah jadi kegiatan yang lumayan melelahkan tapi wajib dan harus digeluti kita para perempuan. hihihihi

      Delete
  6. Itu yang alat pelipat baju kocak banget ya mbak, hihihi aku pernah liat di youtube. Ada ada aja idenya yang ciptain alat itu, kreatif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa lho kita bikin sendiri pake kardus, mba wuri. Aku juga terinspirasi nih buat bikin alat yang bisa meringankan kerjaan rumah tangga tapi ekonomis. hehehe

      Delete
  7. aku juga udah ikutan challenge nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh keren mba Reni, good luck ya buat challenge-nya. Semoga beruntung. Aamiin. :)

      Delete
  8. ngelipat baju pake alat? aku belum pernah..tuh...bukannya jadi tambah lama ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal pake emang jadi lama, mba. setelah penyesuaian bisa lumayan bikin cepet melipat. hehehe

      Delete
  9. saya baru tau ada alat pelipat baju, apalagi bisa bikin sendiri pakai kardus :) melipat baju ala2 jepang, biasanya saya pakai buat melipat daster :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh juga bikin sendiri jadi ukuran lipatan bajunya bisa disesuaikan mba Santi, nah apalagi buat daster kita bisa bikin alat pelipat dengan design khusus buat ngelipat daster, canggih. Ide bagus mba. hehehehe

      Delete
  10. memang taunya selama ini cuma yang nomor 2 aja..
    sama gulung baju kalau pergi2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga begitu biasanya mba, pake alat ini baru tahu sekarang-sekarang. hehehe

      Delete
  11. Cara melipat baju nomor 4 kelihatannya mudah.
    Tapi oh.. pas di coba. Susah wkwkw

    Gagal maning
    Gagal maning

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti latihan dulu dek sepertinya. Kayanknya kalo udah ahli bisa cepet. Caranya gosok semua baju dan dibentangin nanti setelah selesai semua langsung lipat pake cara 4. kayaknya bisa menghemat waktu. hehehe

      Delete
  12. Replies
    1. Iya mba betul banget, untuk yang udah sering latihan dan terbiasa cara no4 ini memang yang paling cepet deh. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.