20 September 2017

TIPS Memilih Pompa ASI yang Sesuai dengan Kebutuhan


Sharing seputar ASI memang selalu menjadi pembahasan penting di kalangan para ibu, baik yang sedang mempersiapkan kelahiran, ibu yang sedang menyusui, atau yang sedang merencanakan kehamilan. ASI memiliki kandungan nutrisi dan zat-zat yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi secara maksimal, juga dapat membantu bayi melawan berbagai macam infeksi yang menyerang tubuh bayi.

Setiap Ibu yang baru melahirkan pasti ingin memberikan yang terbaik bagi bayinya dengan memenuhi nutrisi melalui asupan ASI secara ekslusif. Saat ini baik ibu bekerja atau ibu rumah tangga sudah banyak yang sadar akan pentingnya ASI. Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang, pengetahuan mengenai ASI sudah menyentuh ke semua kalangan, bahkan para ayah pun sekarang banyak yang mendukung kampanye ASI ekslusif.
Suplai ASI yang melimpah tentu sayang jika tidak dikeluarkan. Kelebihan dari ASI bisa disimpan lama dalam keadaan beku. Nah, bagi ibu bekerja yang sadar ASI, pasti memiliki bank ASI tersendiri, memerah ASI tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban. Para ibu akan memompa ASInya yang kemudian disimpan dalam lemari pembeku agar tahan lama.

ASI bisa dipompa secara manual dengan tangan atau menggunakan alat pompa ASI (breastpump) elektrik. Pompa manual ini digerakkan oleh tangan, namun diperlukan tenaga yang banyak dan waktu yang lumayan lama untuk mengeluarkan ASI. Dengan teknologi yang semakin modern, saat ini sudah banyak alat pompa ASI (breastpump) elektrik yang bisa menghemat tenaga dan waktu.

Di sini saya ingin memberikan tips bagaimana memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan:

Pompa ASI elektrik
Pompa ASI elektrik ini adalah pompa dengan tenaga listrik atau ada juga yang menggunakan batre. Pompa ASI elektrik memang bisa menghemat tenaga dan waktu. Kita bisa memilih pompa ASI yang tidak menimbulkan suara yang terlalu berisik. Pertimbangkan juga seberapa sering pompa ASI digunakan. Selain dengan pompa tunggal, ada juga pompa ASI yang ganda sehingga ASI bisa dikeluarkan dari dua payudara secara bersamaan.

Pilih corong pompa yang sesuai

Setiap merk pompa ASI memiliki ukuran corong yang berbeda. Pastikan corong pompa memiliki ukuran yang pas dengan payudara supaya ASI tidak merembes. Apabila tidak pas dan terlalu banyak gesekan, ini bisa melukai payudara. Maka pilihlah corong yang nyaman untuk digunakan ketika memerah ASI.

Gunakan pompa ASI sendiri
Ahli ASI menyarankan agar ibu menyusui menggunakan pompa ASI (khususnya botol & corong) milik sendiri. Disarankan tidak meminjam / meminjamkan, memberi, atau pun menerima bekas orang lain. Ini dikarenakan di dalam ASI bisa terdapat bakteri atau virus, seperti hepatitis / HIV. Bakteri atau virus tersebut dapat mengontaminasi pompa ASI. Ini bisa berakibat fatal karena akan mengancam kesehatan / menginfeksi bayi kita.

Pompa ASI Medela
Salah satu merk pompa ASI elektrik yang sudah banyak direkomendasikan adalah Medela. Medela merupakan pompa ASI buatan Switzerland, ini banyak dipilih oleh ibu menyusui di Indonesia karena;
  • Research based (clinical research)
Medela adalah pompa ASI yang teruji secara klinis berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari hasil penelitian. Melalui pengujian, Medela menyesuaikan ritme bagaimana bayi menyusu ke dalam teknologi pompa ASI. Medela memiliki 2 Phase Expression (menstimulasi dan memerah), yaitu standar baru yang meniru kealamian bayi ketika menyusu dengan nyaman dan efisien. Medela mampu memerah ASI lebih banyak dan menghasilkan refleks aliran ASI yang deras.
  • Supports breastfeeding
Medela mendukung penuh pemberian ASI untuk bayi secara maksimal dengan mengeluarkan teknologi pompa ASI yang bisa memudahkan para ibu untuk memberikan ASI secara penuh sebagai nutrisi utama untuk bayinya.
  • Trusted by hospitals and health-care professionals globally
Medela pun sangat dipercaya oleh rumah sakit, klinik, serta pakar kesehatan di banyak Negara di dunia dan sudah digunakan di berbagai rumah sakit di Amerika, Eropa, dan Asia.

Swing Maxi Breastpump
Swing Maxi adalah pompa asi elektrik ganda terbaru dengan teknologi 2 fase yaitu menstimulasi dan memerah ASI. Pompa ASI ini dapat meningkatkan ASI hingga 18% lebih banyak dibandingkan dengan pemompa tunggal.

Fitur Swing Maxi Breastpump:
  • Dapat memompa dua payudara sekaligus untuk mempertahankan suplai ASI.
  • Memerah ASI secara simultan dikombinasikan dengan teknologi 2 fase yang dapat memaksimalkan waktu memerah.
  • Pompa ASI ini nyaman karena memiliki tingkat vakum dan pengaturan yang dapat disesuaikan.
  • Mudah dirakit dan digunakan, serta tidak sulit untuk dibersihkan.
  • Ringan untuk memompa di rumah dan praktis dibawa ke mana saja.

Gunakan pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Memilih pompa ASI elektrik adalah salah satu usaha menghasilkan ASI yang cepat, nyaman, dan efisien. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga, selain itu kebutuhan ASI si kecil pun bisa terpenuhi. Untuk para ibu menyusui, selalu semangat dan keep pumping. ☺

26 comments:

  1. Sepupu saya udah nyobain pompa ASI Medela Swing Maxi ini. Efektif dan efisien banget. ASI melimpah dalam waktu yang singkat. Wajib dipunyai para busui banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Teh apalagi pakai dua breastpump sekaligus bisa hemat waktu dan tenaga. :)

      Delete
  2. Ikut menyemangati para busui, apalagi buat yg working mom, keep pumping ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Menyemangati para busui. Happy pumping. :*

      Delete
  3. double pump bikin ibu semua irit waktu buat mompa y teh aku suka banget ni pompa yang begini 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persiapan buat nanti promil lagi. Hehe. Oke banget ini yg double pump. :)

      Delete
  4. Wow wow wow saya bwlum punya nih, jadi pengen hehe tfs ya Teh

    ReplyDelete
  5. Wah sekarang macem2 ya... zaman teteh dulu mah meni hese mau mompa teh ada jg bikin sakit... beruntunglah ibu2 sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga dulu pertama kali mompa asi manual repot banget. Sekarang udah canggih pake elektrik pastinya membantu banget.

      Delete
  6. Wah bisa pompa dua-duanya? Keren, Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa sekaligus. Jadi efektif dan efisien ya.

      Delete
  7. Praktis ya. Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup praktid banget, terima kasih kembali mba. :)

      Delete
  8. peralatan kayak begini bikin kepingin hamil lagi XD jadi ibu bisa nye-tock asip saat harus kembali ngantor ato persediaan ibu rumah tangga klo lagi sakit dan gak bisa menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaaa. Nanti kalo melahirkan lagi ga perlu bingung untuk persediaan ASI bisa dibantu sama pompa ASI duble pump, pasti stok aman.

      Delete
  9. Aku pernah pakai medela ini mayan ga sakit <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih asyik pernah pake. Iya ya mba nyaman dan pas.

      Delete
  10. Dulu pas Rani saya pompanya pakai tangan aja. Terus simpannya di botol susu biasa. Pokoknya blass gak ada pengetahuan seputar simpan menyimpan ASI deh.

    Tahunya ASI banyak, jadinya dipompa dan disimpan gitu aja :D

    Maunya sih pas adeknya nanti ini udah punya pengetahuan banyak tentang ASI. Jadi bisa nyetok kayak orang-orang eaaa~

    Dan pompa asi Medela ini ngegemesin banget. Beneran mupeng! Hiks. Ada yang mau ngadoin gak yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga dulu begitu minim ilmu. Aahhh sekarang bahagianya lebih tau banyak hal tentang pengetahuan ASI.

      Mba Andy persiapan lahiran yaaa. Moga nanti ada yang kadoin Medela ya. Hehehe aamiin

      Delete
  11. Ku suka pake medela ini, dari jaman raya pake medela swing maxi & yang manual juga. Cocok diaku, jadi buat lahiran nanti pasti aku pakenya yg ini juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke ya, mba. Aku juga nanti kalau lahiran lagi pakainya Medela untuk pompa ASI. :)

      Delete
  12. Dulu saya juga suka pakai pompa ASI. Biasanya kalau udah kepenuhan tapi bayinya masih kenyang. Daripada sakit sayanya, jadi diperah aja pakai pompa

    ReplyDelete
  13. Pompa ASI pertamaku dulu juga mendela tapi yang base yang paling murah, jadi pompa idaman. Sukanya mendela karena ada sparepartnya yang dijual kalo ada yg rusak.

    ReplyDelete