06 August 2017

Karakteristik Pengendara Mobil yang Patut Diwaspadai di Jalan Raya



Hal apa yang sudah dilakukan untuk melindungi mobil kesayangan? Ternyata memiliki asuransi all risk saja rupanya belum cukup bagi mobil kita. Teman saya pernah memberikan pernawaran seputar pembelian proteksi mobil atau asuransi all risk di sini, di Futuready, menurutnya hal ini akan memberikan saya banyak kelebihan, selain itu proses mendapatkannya pun mudah bisa melalui prosedur online yang praktis dan hemat waktu.

Namun, menurut saya bukan hanya kepemilikan asuransi mobil saja yang penting bagi kita, yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuan beradaptasi dengan berbagai tipe pengendara mobil di jalan raya. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik pengendara yang harus kita waspadai:

Pengendara yang Kecepatannya Tidak Teratur
Pengendara yang satu ini memacu mobilnya dengan kecepatan yang berbeda dibandingkan pengendara lain. Bisa lebih pelan atau bisa lebih cepat sehingga menyulitkan pengendara yang ada di sekitarnya. Meskipun tampak sepele, gaya mengemudi seperti ini ternyata sangat membahayakan bagi pengendara lain.

Sering Mengerem Mendadak
Tak dapat dipungkiri kalau kebiasaan mengerem mendadak juga turut membahayakan keselamatan lalu lintas. Kita harus menjaga jarak aman dari pengendara yang sering mengerem mendadak. Bila memungkinkan, tak ada salahnya mencoba menyalip dan mendahului pengendara tersebut. Agar posisi kita tidak berada di belakangnya.

Mengalami Mati Mesin Saat Berkendara
Kendala mati mesin biasanya dialami oleh pengendara pemula yang mengemudikan mobil manual. Hampir sama seperti pengendara yang sering mengerem mendadak, kondisi mesin mobil yang mati tiba-tiba juga tak kalah berbahaya. Hal ini juga kerap terjadi saat melewati tanjakan atau persimpangan yang padat dan macet.

Melakukan Manuver Secara Sembarangan
Jagalah jarak aman dengan pengendara yang kerap melakukan manuver di jalan raya. Mobil pengendara tersebut bisa mengambil jalur kiri dan kanan tanpa arah yang jelas. Pengendara yang sedang gugup juga bisa melakukan manuver tak tentu arah yang membahayakan pengendara lain.

Sibuk dengan Gadget Saat Mengendarai Mobil
Pengendara mobil yang satu ini juga mesti diwaspadai dengan cermat. Biasanya karena terlalu sibuk dengan gadget, pengendara ini sering lalai menjaga jarak aman atau terlambat mengendarai mobil di lampu merah. Sehingga kita yang mesti lebih telaten menjauhkan mobil dari pengendara yang satu ini. 

Pengalaman mengemudi kita setiap hari pasti membuat kita makin memahami kondisi jalan raya dengan baik. Risiko kecelakaan pun bisa dihindari sedini mungkin karena kita senantiasa fokus saat berkendara. Mari kenali karakteristik pengendara lain dan jangan lupa merawat serta menjaga kendaraan kita dengan baik agar pengalaman berkendara selalu aman dan lancar.

9 comments:

  1. Paling emosi kalau liat pengendara yang sibuk sama gadgetnya ketika berkendara, iiish pengen nakol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya banget nyetir sambil pegang gadget. Aku juga suka gemes deh, teh. Huhuhu

      Delete
  2. Boleh nambah lagi nggak teh, kalo aku mah paling sebel liat pengendara yang selama dijalan hobi menggerutu alias kukulutus wae.. Negatif energinya sumpah hahaha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh betul, Nes. Ada juga memang tipe kukulutus. Suka lelah jadinya kalau disupirin sama tipe pengendara yang kasih aura negatif. Huhuhuhu

      Delete
  3. dan pada malam pertama di jogja saya & nabil ketabrak motor :D yg nabraknya nongol & nyalip di belakang mobil & motor yang udah melanin lajunya, dgn kecepatan tinggi. Uhuhuhuhu. alhamdulillah lecet & luka doang. yg bikin kesel adalah orang-orang kayak gitu bikin celaka orang lain, mereka mikir itu gak sih pas lg bawa kendaraannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, tuh kan pengendara yang careless itu selain mencelakakan diri sendiri yang pasti bikin celaka orang. Duh, Nabil pasti kaget banget. Moga Ulu sama Nabil ga ketemu lagi sama tipe pengendara yang begitu main salip aja.

      Delete
  4. paling sebel kalauliat pengendara main gadget, duuuh membahayakan banget

    ReplyDelete