Skip to main content

Cara Memperpanjang STNK


Sore itu saya dan suami membahas banyak hal serta membicarakan rencana dan alokasi pengeluaran bulanan, tiba-tiba suami mengingatkan saya tentang pajak STNK yang habis tanggal 4 Juni. Besoknya saya langsung berangkat menuju SAMSAT untuk perpanjangan STNK. Ini kali ke dua saya melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dulu saya sama sekali tidak tahu dan jauh dari mengerti hal-hal "ke-bapak-bapak-an" seperti ini, hanya suami bilang bahwa saya perlu mengetahui dan punya pengalaman seputar ini. Bahkan untuk urusan service motor saja suami menyarankan saya turun tangan langsung agar bisa memahami dan bertanya kepada mekanik seputar mesin dan pengecekan dasar.

Oke, kembali lagi ke masalah perpanjangan STNK. Saya pun menuju SAMSAT terdekat dari lokasi saya tinggal, yaitu di SAMSAT Cicadas yang ada di lantai dasar mall Lucky Square. Tidak sulit menemukan lokasinya, masuk basement (area parkir motor), setelah pintu utama masuk, SAMSAT berada tepat di sebelah kanan. 

Cara memperpanjang STNK ini terbilang cepat dan mudah;

Saya datang sekitar pukul 08. 50,
mendapat nomor antrian 103.
  • Mengambil nomor antrian dengan menekan tombol di mesin antrian yang letaknya ada di pintu masuk SAMSAT. Akan ada dua lembar copy nomor antrian yang keluar dari mesin. 
  • Menuju ke loket pendaftaran memberikan satu lembar nomor antrian, STNK, dan KTP asli.
  • Menunggu di bangku depan loket yang sudah disediakan. Jangan menunggu terlalu jauh, karena antrian bisa terlewat.
  • Setelah nomor antrian dipanggil langsung menuju loket pembayaran, memberikan nomor antrian, kemudian membayar pajak STNK yang sudah ditentukan. 
  • Menunggu sebentar, lalu dipanggil kembali dan STNK baru langsung diberikan.
Saya pikir dengan nomor antrian ratusan akan selesai lama. Ternyata saya menunggu antrian hanya sekitar 1,5 jam dan alhamdulillah semua selesai dengan cepat dan sistematis. 

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan:
  • Kalau boleh saya sarankan datangnya pagi agar mendapat nomor antrian cepat. 
  • Tidak perlu meng-copy KTP dan STNK, karena yang dibutuhkan adalah dokumen aslinya. 
  • Menyiapkan uang yang cukup untuk menghindari kekurangan pada saat membayar. Jika memperpanjang untuk yang ke dua kali atau yang seterusnya, acuan harga tertera pada lembar STNK.
  • Jangan melebihi batas berlaku STNK, karena bisa mendapatkan sanksi administratif atau denda sekitar 10%.
  • Apabila memperpanjang STNK milik bukan atas nama sendiri pastikan membawa nama yang tertera di STNK sama dengan KTP asli yang dibawa. 


Oya, pernahkah mendengar tentang E-Samsat Jabar? Tenrnyata ini merupakan salah satu inovasi dari Tim Pembina Samsat Jawa Barat dalam memberikan kemudahan pelayanan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK melalui ATM Bank yang telah bekerja sama di seluruh wilayah Indonesia. 

E-Samsat Jabar ini bisa memberikan banyak keuntungan serta kemudahan bagi kita. Perlu diperhatikan bahwa pembayaran yang dilakukan harus langsung oleh Wajib Pajak melalui ATM. Pihat SAMSAT menghimbau untuk menghindarkan percaloan, hal ini untuk menghilangkan korupsi penerimaan pajak, dan memberikan ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan, serta dengan adanya E-Samsat ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para Wajib Pajak.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui E-Samsat ini bisa dilakukan di lebih dari 64.000 jaringan ATM Bank yang telah bekerja sama dengan SAMSAT di seluruh wilayah Indonesia. Sebetulnya, untuk mekanisme cara pembayarannya terbilang cukup mudah dilakukan, Wajib Pajak hanya perlu mendatangi ATM terdekat / Internet banking untuk membayar pajak kendaraannya.

E-Samsat Jabar
Syarat dan Ketentuan E-Samsat Jabar:
  • Harus ada kesesuaian antara Wajib Pajak dengan data kepemilikan kendaraan yang ada dalam server SAMSAT Dispenda Jabar.
  • Kendaraan tidak dalam status blokir data kepemilikan / blokir Ranmor.
  • Wajib Pajak memiliki telpon dan nomor seluler yang aktif.
  • Wajib Pajak memiliki nomor rekening tabungan dan kartu ATM Bank BJB / Bank BNI / Bank BCA / Bank BRI dengan identitas yang sama dengan data kendaraan yang dimiliki. 
  • Kendaraan yang bisa melakukan daftar ulang adalah yang NIK/No. KTP-nya sesuai dengan yang terdaftar di server SAMSAT dan di rekening bank.
  • Berlaku hanya untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahun.
  • Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.
  • Masa berlaku pajak yang bisa dibayarkan kurang dari 6 bulan dari masa berlaku atau jatuh tempo.
  • Wajib pajak adalah perseorangan, bukan badan usaha / yayasan / badan sosial.
  • Untuk penukaran struk pembayaran STNK dapat dilakukan di layanan SAMSAT di mana saja di seluruh wilayah Jawa Barat. Untuk penukaran di wilayah Polda Metro Jaya hanya dibatasi maksimal 1 minggu setelah pembayaran.
Sekian informasi perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan bermotor yang saya dapat dari pengalaman saya. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung mendatangi SAMSAT terdekat di lokasi Anda. Terima kasih. 😊

Comments

  1. Wew..samsatnya di mall,..jadi semakin nyaman dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan.. jadi inget dirumah itu kendaraan udah bayar pajaknya belum ya... (buru2 ngecek stnk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo bayar di sini bisa sekalian cuci mata. hehehe trus adem lagi.

      Cepet dicek mas, takut kelewat. Saya juga hampir lupa soalnya. hehehe

      Delete
  2. Terima kasih bunda infonya. Sebentar lagi stnk saya mau habis juga. Tetapi saya perpnjang stnk yang 5 tahun. Saya pikir bisa di E samsat ttpi trnyata ga bisa ya. Untung saya dapt info dari tulisan bunda. Terima kasih ya. Oh ya ternyta bunda tinggal di bandung timur juga ya. Sama kita 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, bunda. Untuk pembayaran pajak kendaraan dan yang 5 tahun ini harus langsung ke SAMSAT. Teknisnya hampir sama. Hanya kita membawa serta plat asli kita.

      Wah, kita satu daerah berarti ya. :)

      Delete
  3. Jadi nyaman dan praktis ya. Nanti coba deeh di tanah air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Asalnya lumayan repot, dokumen harus difotokopi dan teknisnya aga memakan waktu. Alhamdulillah sekarang lebih praktis dan nyaman.

      Delete
  4. Waduh, motor saya udah lewat nih tanggal berlaku STNK-nya. Siap-siap kena denda deh. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cepet-cepet teh diperpanjang dan dibayar pajaknya. Sayang soalnya kena charge denda administratif. :)

      Delete
  5. Aku pernah anter papi juga perpanjang stnk di lucky square, udahnya lumayan bisa makan dlu di Aw di atas teh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga kalau ngajak Vito ke sini bisa sekalian main di playground dan makan di food court atau banyak banget pilihan tempat makan yang enak banget. Hehehe

      Delete
  6. Aku baru denger nih tentang e-samsat. Kebeneran belom ada urusan perpanjang surat- surat kendaraan juga.. Mungkin next time bakal coba e-samsat ini.. Keren nih terobosan samsat.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini yang E-Samsat Jabar. Enak dan nyaman ya, bisa memudahkan dan membayar pajak kendaraan kapan saja dan dimana saja. :)

      Delete
  7. Wah saya baru tau ahahah karena selama ini perpanjang stnk sama pak suami hehe, makasih sharingnya teh Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teh asalnya aku juga ga tau, tapi sama suami diminta belajar buat perpanjang sendiri jadi alhamdulillah akhirnya tahu. :*

      Delete
  8. Sekarang mihil ya :") btw :")

    Kemaren mau perpanjang stnk tapi g jadi langsunh jual jadi dipotng stnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sekarang pajaknya naik, mba. Hehehe. Wah, udah dijual, jadi ga repot ngurusin perpanjangan langsung dipotong harganya ya, mba.

      Delete
  9. uih udah bisa via atm teh? Syukurlaah.. semakin termudahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa pake e-samsat sekarang jadi lebih praktis dan mudah, teh.

      Delete
  10. Wah saya kenal dunia naru nih. Nuhun infonya teh zia

    ReplyDelete
  11. Bookmark artikelnya, Teh.
    Suka penting soal beginian mah 😀

    ReplyDelete
  12. Duh saya jadi ingeg deh kan nulis tentang perpanjang stnk, terus ada orang yang plat no.kendaraannya R nanya2 cara perpanjang di samsat jabar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, teh Amy juga pernah ngulas yah. Aku belum tau, kalo plat luar kota bisa juga perpanjangan di Samsat Jabar. :)

      Delete
  13. Jadi inget SIM yang belum diambil pas perpanjangan. Nuhun infonya Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, untuk perpanjangan SIM harus nunggu, ya? Sami-sami, teh Evi. :)

      Delete
  14. nggak bisa pake KTP fotokopian ya?
    huhu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa, teh. Nanti ngga diterima atau disuruh cari dulu KTP aslinya. Hihihi. Kemarin aku juga ketemu orang yang cuma bawa fotokopi KTP aja. Masuknya nanti ke loket pengaduan. :)

      Delete
  15. Ternyata praktis ya, saya belum pernah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Lia. Saya pikir bakalan ribet, ternyata gampang. hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OTW Sushi: Kedai/Resto Kuliner Jepang dengan Harga Terjangkau dan Bahan Berkualitas

Kuliner Jepang saat ini semakin digandrungi di Indonesia. Kepopulerannya sejalan dengan bertumbuhnya minat terhadap musik (J-pop/ J-rock), anime, dorama, manga, budaya, dan bahasanya. Semua hal yang berbau Jepang di Tanah Air meningkat cukup signifikan. Bahkan restoran dan cafe saat ini banyak mengusung tema Jepang, menawarkan banyak pilihan makanan dan menghadirkan nuansa Negeri Sakura. Kalau mau buka bisnis, marketnya juga ternyata cukup luas di berbagai kalangan.  Kembali lagi bahas seputar kuliner Jepang, saya mau kasih rekomendasi salah satu kedai/ resto Jepang favorit saya sejak 2015-an, namanya OTW Sushi. 

Sosialisasi Literasi Media Digital

Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai literasi media, mari kita simak apa definisinya secara umum, literasi media merupakan kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media (Livingstone, 2004). Saat kita perlu memahami lebih dalam mengenai literasi media khususnya yang berbasis digital. Terlebih generasi muda kita sudah sangat dekat dengan teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh ketinggalan atau kehilangan langkah kita dalam mengikuti perkembangan zaman. Anak harus tetap dalam pengawasan dan pendampingan kita dimana pun kita berada.

Buah sebagai Camilan Sehat

sumber gambar Membiasakan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Hal yang sederhana dan enak untuk memulai hidup sehat bisa dengan camilan buah segar. Buah-buahan memberikan banyak manfaat pada kesehatan tubuh. Kita bisa membuat berbagai camilan sehat yang berbahan buah-buahan. Tahukah bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur memiliki penurunan risiko penyakit kronis? Buah-buahan dapat memberikan nutrisi penting bagi pemeliharaan tubuh.